01 December 2014

REMAJA LAMONGAN PEDULI AIDS





            Selamat Hari Aids Sedunia! Senin, 1 Desember 2014. Apa itu AIDS? Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome (disingkat AIDS) adalah sekumpulan gejala dan infeksi (atau: sindrom) yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV; atau infeksi virus-virus lain yang mirip yang menyerang spesies lainnya (SIV, FIV, dan lain-lain). HIV sendiri adalah Human immunodeficiency virus.Wikipedia. Dan virus-virus tersebut terjadi karena penularan dari jarum suntik,  hubungan seks, transfusi darah, alat facial, tusuk gigi, dan lain sebagainya.

            Penderita AIDS pun sangat mengerikan, kekebalan tubuhnya bisa lemah, bahkan bisa terjadi kematian. Nah, maka dari itu, ‘Lebih baik mencegah daripada mengobati’. Kalau bukan dari diri kita sendiri, lantas dari siapa?
            Minggu 30 November 2014, pada pagi hari remaja Lamongan menggerakkan aksi peduli AIDS dengan membagi-bagikan bunga mawar merah dan mawar putih di area alun-alun Lamongan. Seharusnya kita memperingatinya besok, tapi karena besok kami sudah masuk sekolah, jadi kami adakan acara ini sekarang,” kata ketua koordinator. Khusunya dari PMR (Palang Merah Remaja) Lamongan turut antusias dengan kegiatan ini. “Kami mempersiapkan kegiatan sosial ini dari sebulan sebelumnya. Dananya pun dari hasil uang kas kami,” kata Yanti Hesti sebagai ketua koordinator kegiatan ini.

            Yang ikut berpatisipasi dalam kegiatan ini pun banyak, mulai dari SMA 3, SMA 2, SMA 2, SMK 2, SMK Kesehatan, dan SMK Kembangbahu- Lamongan. Dari setiap sekolah tidak membatasi berapa pelajar yang harus berpartisipasi. Karena kegiatan ini untuk bersama. Yang turut terjun membagikan bunga kurang lebih dari 150 anak.
            Beberapa dari warga Lamongan pun turut bangga karena antusias remaja untuk peduli HIV ini. Belum semua masyarakat paham dengan penyebaran virus HIV tersebut ditularkan melalui apa.   

2 comments: