25 October 2015

Kain Tradisional Cocok untuk Hari Pernikahanmu


Kain Tradisional Cocok untuk Hari Pernikahanmu – bermula saya yang memiliki Ibu yang multitalent. Duh, Tuhan, ciptaanmu mengagumkan, iya Ibu. Ibu seorang perias pengantin. Hampir setiap hari meriasi pelanggan yang hendak menikah, wisuda, prewedd, ataupun yang lainnya. Sabar ya, Bu, nanti bakal ngeriasi putrimu yang kinyis-kinyis ini. Kapan, Nak? Kapan?? *kamudian nyelem* Nah, Ibu juga jelas mempersiapkan semua pakaian si pengantin. Di beberapa baju pengantin pasti mengkombinasi dengan kain-kain tradisional, kadang songket, batik, dan lainnya. 

Berkunjung ke Toraja
semangat penenun di Toraja
Memakai kain tradisional tersebut, kadang dipakai menyesuaikan adat. Jika Jawa terkenal dengan memakai batik untuk ‘jarik’. Jarik ini terbuat dari batik yang memiliki banyak corak, motif, dan juga arti dari batik tersebut. Banyaknya orang Jawa memakai jarik untuk pernikahan mereka, karena mereka ingin melestarikan budaya mereka. Dari budaya yang dilahirkan dari leluhur kita, sampai tiada matinya. Karena banyak sekali mengandung nilai-nilai kebudayaan, terutama Jawa. Nah, dalam pernikahan jarik ini kadang digunakan untuk siraman, midodareni, ijab qobul, dan ada juga yang dipakai untuk resepsi pernikahan.
kain Toraja versus jarik ^ ^ [dok pribadi]
Nah, kalo aku jodohnya kamu, kalo jarik jodohnya kebaya. Ehe. Nah, keren kan kalau kebaya jodohnya batik. Itu yang Ibu lakukan ke setiap pelanggannya. Meriasi mereka dengan anggun, memakaikan pakaian dengan kain yang menyimpan sejarah. Saya kerap belajar dari Ibu untuk memakai jarik yang benar. Bermula membuat wiru atau lipatan di bagian pertama kain batiknya. Sampai melilitkan jarik dengan rapi dari kanan ke kiri di bagian pinggul hingga kaki. Kamu tahu gak, kenapa wanita anggun sekali ketika mereka memakai jarik? Iya, karena jalannya pelan, lenggak lenggok terlihat elok.
jarik untuk prosesi pernikahan [dok pribadi]
Ibuku tidak berhenti berkreasi, beliau juga menggunakan songket untuk rok dalam pernikahan, terutama untuk kembar mayang, penerima tamu. Meskipun songket harganya banyak yang mahal, namun adat tetap perlu dilestarikan. Kalau bukan kita yang memakai, lantas siapa lagi?

prewedd syariah menggunakan kain songket dan kebaya
Kebanyakan Ibu memakai songket Sulawesi. Wah, dari Sulawesi Selatan (Sulsel) hingga Jawa, untuk pernikahan. Keren! Ibu memilih kain songket Sulsel, karena Sulsel terkenal dengan hasil tenunnya. Wajar kalau hasil tenun Sulsel mahal, karena pembuatannya tidak main-main, penenun memakai alat yang masih tradisional, mulai dari alat dari kayu dan juga memakai warna yang alami. Nah, karena pewarnanya masih menggunakan pewarna yang alami. Yang saya tulis bukan hanya penglihatan buku sejarah,  namun saya menyaksikan pembuatannya ketika berkunjung ke Toraja. Saya melihat seorang Ibu yang masih semangat untuk menjalankan alat tenun, untuk menghasilkan kain yang bagus. Dan, akhirnya saya membeli, saya orang Indonesia, jadi saya wajib melestarikan budaya Indonesia. Merdeka! Nah, gimana? Masih mau nawar ketika beli kain tradisinoal? Inget book, pengerjaannya gak semudah kamu ngelupain mantan. Lahh. Wehehehhe.
Lihat itik masuk ke loket, eh ada cewek cantik pakai songket ^ ^
[Batik pekalongan VS Songket Sulsel]
Jadi, kalian mau nikah kapan? Mau pakai adat apa? Mau pakai baju apa? Pilih kain tradisional dari mana? Tentukan jodohmu dulu, ya… Ehehhe.


Tabik, manis ^ ^


16 comments:

  1. Wowowowo kece nian adek manise ini, tren baru ya prewed syariah hohoho tabik *eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakkakakak kapan sih aku gak kecee eaaaa

      Delete
  2. Itu foto prewed nya koq sendirian : P

    ReplyDelete
  3. Kaya berasa ada yang kurang di foto prewednya xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak kurang senyumnya wakakkakak

      Delete
  4. Sayang ya Hutan Bambunya kotor, banyak sampah! #salahfokus

    ReplyDelete
  5. Aq ga bisa nahan untuk ngga "mewek" lihat foto prewed sendirian hyahahaha

    ReplyDelete
  6. hyaaa ke Toraja gak sempet liat pengrajin tenunnya, buru2 cuma sehari doang.
    Btw itu keren deh lokasi photo prewedd-nyaa uniiik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yahhhh lain kali beliii tenunnya mbakkk, akk keren2 kainnya wehehehhe

      Delete
  7. ay..apik fotomu...keren backgroundnya....bambu2 pek...

    ReplyDelete
  8. tentukan jodohmu dulu ya <<-- nah itu point utamanya,jodohnya belum ada huhuhu...

    ReplyDelete