Powered by Blogger.

Bagaimana Sih, Sistem Nyantri di Gontor?

by - January 20, 2016

Bagaimana Sih, Sistem Nyantri di Gontor? – haii, apa kabar? Semoga selalu dilindungiNya ya. O, ya saya mau cerita nih sesuai pengalaman saya ketika nyantri. Sebenernya sih, malu nge-share pengalaman sendiri. Bahkan, saya dulu gak pernah ngaku kalau saya ini mantan santriwati di Gontor. Hihi, namun karena postingan saya tentang saya yang pernah nyantri di pondok tersebut ternyaat bermanfaat sekali. Banyak teman saya yang nanya tentang sistemnya, dan juga pengin mondokin anak-anaknya.

Baca juga : Nyantri, Why Not?

Oya, sebelumnya saya mau cerita dulu nih, banyak orang yang mengira dan bertanya-tanya bahwa;

“Hah? Nyantri? Ogah ah, airnya kotor, tuh tetangga saya kena sakit kulit,”

“Gak mau ah, makanannya gak enak,”

“Males ah, nanti anak saya dipukulin, bahkan ada yang dicambuk,”

“Apaan, nyantri sama aja tuh akhlaknya masih kayak dulu, tuh lihat katanya Nikita Mirzani mantan santri, buktinya kayak begitu,”

Dan lain sebagainya, pernyataan- pernyataan masyarakat tentang nyantri. Saya kadang geleng-geleng, mungkin mereka berbicara sesuai fakta, atau mungkin takut dengan pondok. Ya, pokoknya gak tau hihihi. Yang penting utamakan Niat. Nah, sebelum berbicara tentang system, kalian harus niatkan hati dulu. Saya dulu sesuai keinginan saya, tanpa paksaan orang tua, serius. Gak tau dapat hidayah dari mana, jadi saya mondok mulai keluar SD sampai SMA. Intinya 6 tahun saya menjadi santriwati.
sumber: fp gontor
Di gontor tidak ada perbedaan, semuanya sama. Yang kaya, miskin, jelek, cantik. Tuh yang mondok anaknya Pak Din Samsudin, Anaknya Bu Susi Menteri Kelautan dan Perikanan, innalilahi turut berduka beliau sudah wafat. Bahkan pihak pondok pun tidak tahu bahwa almarhum itu anaknya pejabat. Itu mengajarkan kita sebagai manusia agar tidak membeda-bedakan, semuanya sama.

Yaudah deh, langsung aja sistem di gontor itu bagaimana, sih?

1.      Jangan Lupa Update Pendaftaran Calon Santriwati Baru
Nah sebelum bahas system, ini yang wajib emak-emak, bapak-bapak, atau adik-adik yang pengin masuk gontor. Jangan lupa cari info kapan sih pendaftaran calon santri atau santriwati baru. Infonya dari mana? Bisa telepon ke pondok gontor pusat, jika putri telepon ke pondok gontor putri 1, jika laki-laki telepon ke gontor putra 1. Atau masih kurang jelas, datang langsung ke TKP untuk tahu jelsnya.
gontor putra 1, sumber fp gontor
2.      Tes Ujian Masuk Pondok Gontor
Apa aja sih tesnya? Kalau dari pengalaman saya sendiri tes untuk masuk gontor; awal mulanya kita harus menuju gontor putri 2 dulu yang ada di Mantingan, Jawa Timur. Tesnya imla’, matematika, Bahasa inggris, dan ngaji, kurang lebih seperti itu. Imla’ itu apa sih? Itulho, semisal saya ngomong “ummi” jadi si santriwati itu nulis “ummi” ya gitu pokoknya. Susah, gak? Kalau menurut saya gak susah, kenapa kalian harus susah. Mudah, kok, ya masih dasar kok tesnya. Nah, kalau udah tes, kemudian ada pengumuman lulus apa gak. Kalau lulus, lulusnya ditempatkan di mana? Kalau saya lulus di gontor putri 3. Maklum, gontor cabangnya banyak, jadi gak mungkin ditampung jadi satu. Katanya sih, paling enak lulus di gontor putri 1 karena pusat, tapi saya sendiri enggak, hihihi soalnya gontor putri itu di tengah tengah sawah. Gak percaya? Coba check sendiri. Ehehehe

3.      Wajib Berbahasa Arab dan Inggris
Gontor pondok modern, iya, bener. Jadi setiap hari kalian dicekoki dengan Bahasa tersebut. Namun, untuk santriwati yang baru masuk, mereka dibebaskan berbahasa Indonesia sembari belajar dua Bahasa tersebut sekitar dua bulan. Belajar Bahasanya memang bagaimana? Jadi, setiap pagi, setelah salat subuh semua santriwati diharapkan berkumpul di setiap kamarnya untuk “muhadatsah”. Muhadatsah itu apa sih? Muhadatsah adalah memberi kosakata Bahasa asing, kurang lebuh seperti itu. Kalau gak bisa memakai dua Bahasa tersebut bagaimana? BELAJAR! Seperti membawa kamus Bahasa ke mana-mana, dan tanya jika tidak tahu.
sumber fp gontor
4.      Memakai Pakain Standar Gontor
Dulu, ketika saya datang dan menginjakkan kaki di GP3 (Gontor Putri3) Ada checking barang bawaan yang saya bawa. Koper saya dicheck, tenang sama putri, kok. Kalau di putra pun begitu sama putra. Nah, gak boleh bawa barang elektronik, harus bawa rok, training standar, pakaian yang panjangnya di bawah pantat, jilbab segi empat putih standar gontor, tidak boleh bawa boneka, dan lain sebagainya. Pokoknya nanti ada tulisan kok, apa saja yang tidak boleh dibawa dan apa saja yang boleh dibawa.

5.      Mengikuti Semua Kegiatan di Gontor
Nah, pasti banyak yang nanya kan ya? Di gontor tuh kegiatannya apa saja? Menurut saya sih, buanyak. Hihiihi, kudu pinter menej waktu. 

05:00 - 05:30 : Muhadatsah Pagi

05:30 – 06:30= Persiapan sekolah, bisa digunakan untuk sarapan juga

07:00 – 12:00= Sekolah, ada dua kali jam istirahat

12:00 – 13:00= Salat dzuhur, makan siang, persiapan sekolah sore

13:00 – 15:00= Sekolah sore

15:00 – 17:00= free, bisa digunakan untuk mencuci baju, olahraga, tidur, mandi, atau jajan. Karena di gontor menyediakan kafe dan koperasi untuk santriwati

17:30 – 18.30= mengaji, salat maghrib, mengaji lagi setelah maghrib

18:30 – 19:00= salat isya

19:30 – 10.00= belajar malam

10:00 – pagi lagi = jam 10 bisa langsung tidur, atau bisa juga meneruskan belajar, atau bisa juga pergi ke wartel menelepon keluarga, jam 11 semua kegiatan off digunakan istirahat.
Setiap hari seperti itu, namun selalu ada kegiatan di luar itu agar santriwati tidak bosan, semisal menjaga pondok ketika malam hari, bersih-bersih pondok, olahraga, pagelaran pentas seni, dan masih banyak lagi. Perpulangan hanya dua kali, dalam setahun ketika Ramadhan dan maulid nabi.
ini sekolahan saya hihi
O, ya saya ingin memperjelas tentang cambuk. Saya sih tahunya dipukuli. Iya, jujur betis saya sering dipukul menggunakan sajadah yang dililit menjadi keras, kemudian dipukul ke betis saya, karena saya sering terlambat salat. Ahahaha, ya berarti salah saya dong, tenang pukulannya itu hanya sakit sebentar, agar bisa menjadikan pelajaran bagi saya bahwa solat itu harus tepat waktu.

Di luar zaman sudah agak aneh, semua tergantung gadget dan sosial media. Saya pun jika boleh meneruskan, saya teruskan di gontor, karena saya nakal wkwkwkw jadi harus menerima keadaan di luar. Oya, ingat yaa pondok itu tidak menjanjikan menjadikan anak bapak ibu menjadi anak yang baik dan soleh solehah. Semua dari anaknya sendiri. Okey, sekian

Tabik, Ukhtii

Semoga bermanfaat ^ ^



You May Also Like

99 komentar

  1. Tamatan gontor bhsa arab dan inggrisnya bgus2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak alhamdulillah tapi, b inggris saya hancur :(((

      Delete
  2. pengen anak bisa nyantri disana..dan berharap jadi anak sholeh dan baik..aamiin

    ReplyDelete
  3. bermanfaat banget Mbak Aya... trims ya infonya, :), *eh, bahasanya yang dipostingan ini berasa lebih halusan yak, apa karena temanya lagi bahas tentang pondok? hihi

    ReplyDelete
  4. hehe nyantri itu ada nyeninya, ya itu sempet kena gebrak2 karena telat ke masjid atau telat bangun :D

    ReplyDelete
  5. komplitttt, jadi tahuuu kehidupan di lingkup pondok kayak gimana

    ReplyDelete
  6. wowww.. hebat :) jago bahasa arab dan bahasa inggris dong yaaaa

    ReplyDelete
  7. Sippp...bermanfaat bu nyai... :)

    ReplyDelete
  8. Wah... hebat ya.Aya ternyata lulusan gontor ya. Ponakanku dulu mau masuk berkali2 gak lulus ujiannya. Setelah beberapa kali baru berhasil. Ha..ha

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. kalau saya dulu masih murah mbak, mungkin harganya standar seperti sekolah pada umumnya :))

      Delete
  10. akhirnya aya buka kartu As juga...hehehe...salut ama kamu Ay...

    ReplyDelete
  11. untuk biayanya ada yang tau gak ya?

    ReplyDelete
  12. aku tega gak ya nyantriin Alfi di sana, jauh dari rumah soalnya huuhuhuu kangen duluan

    ReplyDelete
    Replies
    1. MB mau tanya klu GK naik 2x apa di pecat dr pondok?

      Delete
    2. Ngak lah, justru jika tahun sebelumnya tidak naik, tu tiket untuk naik kekelas selanjutnya stuh..hahaha

      Delete
  13. Aku dulu paling takut kalo nyokap dah bilang " Klao nakal2 ntar di pondokin lho yaaa"
    Mondok waktuitu bagaikan momok yg menakutkan, karna beberapa temen rumah ada yg mondok dan setiap pulang, selalu kaki tanggan nya gatal2 mungkin karna kurang bersih hahaha

    ReplyDelete
  14. Dulu kalau ada pesantren kilat di sekolah, yang ngajar nya santri - santri gontor semua.. Keren banget bahasa arabnya fasih banget nmbaaak

    ReplyDelete
  15. G nyangka ya... lulusan gontor.... hhhhh

    ReplyDelete
  16. loh kakak alumni GP ya ? wah GP beraapa nihh ��

    ReplyDelete
  17. Saya pernah diajar sama anak2 Gontor dan kebanyakan mereka logikanya main

    ReplyDelete
  18. Kira-kira antara semua cabang gontor apakah ada perbedaan fasilitas ya?hehe saya msh pensaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada semuanya di gontor sama mungkin jika ingin lengkap ada di gontor pusat ponorogo

      Delete
  19. jadwalnya sama.. kaya waktu aku di pondok dulu... tapi bukan gontor :P

    ReplyDelete
  20. hai kak mau nanya,apa kalau masuk gontor masa belajarnya harus 6 tahun dan dimulai dari smp? kalau misalnya mau masuk untuk sma saja apa tidak bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Naj Halim, salam kenal.
      Di gontor ada dua macam lama pembelajaran di sana. Pertama 6 tahun, dari kamu lulus SD-SMA

      Kedua, dari kamu lulus SMP. namanya intensif, jadi seperti kejar paket gitu. Pelajaran yang sebenarnya 6 tahun, dicepetin jadi 4 tahunan. Yaitu tadi, pelajarannya dirangkap hehehe, semangat ya!

      Delete
  21. Hai kak! Luar biasa, jadi lebih tau ttg gontor.
    Maaf kak mau nanya, kan aku ini mau lulus smp trus pgn ke pondok. Kan katanya lulusan smp itu klo mondok di gontor masuk ke kelas intensif selama 4thn terus klo udah lulus itu mengabdi slma 1thn ya? Trus mengabdi itu apa wajib?
    Oh ya, aku pernah denger ceritanya anak yg pernah mondok di gontor, di gontor itu ketat trus disiplin bgt ya? Pgn nyoba mondok di gontor tp aku ragu, takutnya gakuat/ga betah. Mohon jawabannya. Terimakasih kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai salam kenal,saya Aya
      Iya dek mengabdi itu wajib, karena itu syarat dari pengambilan ijazah.

      Di gontor itu ketat, disiplin, tapi tenang itu bisa bikin kamu terbiasa kok, aku aja 6 tahun

      Oya dimantepin aja hatinya, jangan ragu, yg penting niat untuk mencari ilmu jangan lupa yaa


      Tabik, semoga sukses dek ^^

      Delete
  22. Maem nya 2 kali yah dari pondok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3 kali, maaf saya salah tulis di jadwal, ba'da maghrib makan lalu dilanjutkan salat isya' :)

      Delete
  23. Assalamualaikum kakak! Salam kenal:3 aku Riri, kls 8. Aku mau nanya banyak bgt, smga kakak berkenan menjawab semua 😂 Rencana aku maunya stlh lulus SMP ini mau mondok ke Gontor. Tp adkls SD aku dftr disitu, katanya, dia diseleksi stlh lebaran. Berarti udh masuk tahun ajaran baru kan? Seandainya nya kt ga lulus, berarti harus cari sekolahlain dong? *pesimis:"

    Diwajibkan kah harus menghapal surah2 pendek dan apa baca Qur'an nya harus lancar tnpa kagok?

    1lagi kak, knpa ada murid yg sampai di D.O/ tdk naik kelas??

    Makasih ya kak... Wassalamu'alaikum:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam, Kak. Maaf atas keterlamabatan membalas, semoga jawaban saya bermanfaat untuk pembaca lainnya.

      Saya jawab pertanyaannya satu per satu, kalau tidak lulus iya cari sekolah lain, atau kalau tidak mendaftar lagi ke gontor. Karena teman-teman saya banyak yang seperti itu. "Kalau daftar lagi, saya keburu tua dong?" Mencari ilmu tidak melihat usia, yang penting niatnya. Ada beberapa santriwati usia 20 tahun ke atas dia baru masuk gontor, dan itupun ada orang luar negri yang masuk.

      Kenapa murid bisa sampai DO? Bisa jadi dia nakal ketika di pondok, banyak peraturan yang belum ia taati. Misal sering menggunakan bahasa Indonesia berkali-kali, padahal sudah ditegur dan diberi hukumuman. Jarang salat berjamah, adab dia kurang baik dengan guru, dan lain sebagainya.

      Kenapa ada anak yang tidak naik kelas? Naik kelas ada penilainnya dari adab dan etika dia selama sekolah, dan mungkin beberapa pelajaran yang menyebabkan nilainya kurang dari rata-rata.

      Terima kasih, semoga bermanfaat untuk yang lain :)

      Delete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. Assalamualaikum kak. Mau nanya. Pas ujian syafahi dan tahriri itu pengumuman seleksi nya kapan ya? Apa langsung diumumkan hari itu juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam, maaf atas keterlambatan membalas,


      Langsung diumumin kok, ada jeda beberapa hari saja, :)

      Delete
  26. Assalamualaikum
    Ukhti saya mau nanya digontor apa ada program untuk anak yg lulusan sma?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumslama, kak. Untuk program tersebut belum ada, jika SMA mau masuk gontor, nanti jatuhnya ngulang :))

      Delete
  27. sangat bermanfaat infonya. terima kasih..

    doakan adik saya tahun depan bisa masuk di gontor putra. amin.

    ReplyDelete
  28. izin bertanya..
    apakah ada santri yang tidak lolos tes saat pendaftaran masuk gontor?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak, Kak ☺😊😊
      Karen tesnya memang benar2 murni

      Delete
  29. Alhamdulillah, anakku masuk gontor tahun ini. Dia dulunya sekolah di diniyyah kalau pulang SD, jadi terbiasa dengan imla dan surat pendek. wasalam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, semoga betah, dan lulus dengan baik ya, Kak ^ ^

      Delete
  30. Masa-masa mondok kalau dikenang sekarang, rindu sekali. Suara khas adzan masjid pondok, makanan dan sahabat2 di pondok, semuanya membuat rindu. Hehehe..

    ReplyDelete
  31. Masa kecilku juga di pondok dan 5 tahun lagi, saat anakku lulus SD mau aku pondokin di Gontor. Targetnya bsa masuk di Gontor Putra 1.

    Dari sekarang udah sering dikasih tau gambaran pondok ke anakku. Aku pengen dia tau bahwa pondok bukan tempat orangtua membuang anak terutama anak nakal atau anak yg ga bisa diatur. Pondok adalah tempat mencari ilmu, sama seperti di sekolah tapi ini lebih special :)

    ReplyDelete
  32. Kakak kalau di gontor ada jadwal piket bersih2 nggak? Atau jadwal masak? Mohon dijawab pertanyaannya ya ka🙏😁 Terima kasih sebelumnya😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Salsabila

      Di Gontor ada jadwal piket bersih-bersih untuk semua santri/santriwati, tapi untuk jadwal masak, karena di Gontor sendiri masaknya sudah ada yang handle Mbak2 dapur, jadi kita gak ada jadwal masak. Semoga membantu :)

      Delete
  33. Jadi itu sekolah maksunya klo habis lulus SMP kita disitu jg dapet pelajaran SMA gitu kah?

    ReplyDelete
  34. Makasih infonya Mba', lagi nyari info pondok bagus untuk keponakan. Kalau anaknya kemampuan akademisnya standar atau di bawah rata-rata, trus anaknya agak nakal (anaknya laki) kira-kira bisa ikutin ritme gontor nggak ya Mba'? Barangkali ada teman pondok Mba' yang gitu, Makasih.

    ReplyDelete
  35. Barokallah... Smg bermanfaat dunia wal akhirah...
    Smg anak kami 5 thn lg bisa masuk gontor...

    ReplyDelete
  36. Anak saya bru masuk, dan atas keinginan sendiri memilih gontor, yg jadi masalah setelah dijalani merasa nggak kuat (krn semua dikerjakan secara mandiri, trus sakit kulit dan yg membuat nggak betah krn ukhty mudabiroh marahin dia krn hasil cuciannya nggak bersih, dia nggak bisa nyuci maksimal krn tangannya sakit) dan sekarang tiap hr nelpon minta pulang, adakah pengalaman adik yg temannya seperti anak saya? Gimana cara mensuportnya?

    ReplyDelete
  37. Assalamu alaikum mba,, mhn maaf mau tanya... apakah semua lulusan gontor lancar dan fasih dalam menggunakan bahasa arab dan inggris?? terus apakah di sana ada laundry? mhn maaf mba, soalnya insyaAlloh anak saya tahun depan mau masuk gontor,, walaupun saya juga pernah mondok, tp kalo ke anak s3ndiri kynya lebih hawatir apalagi jarak nya sangat jauh nyebrang 3 provinsi kynya hehe

    ReplyDelete
  38. Kalo Lulusan smp Apa bisa ka?

    ReplyDelete
  39. Kalau lulus sma apa bisa melanjutkan ke gontor,untuk belajar ilmu agama saja?

    ReplyDelete
  40. Kak, boleh bawa hp gak?, Semisal dititipkan kepada pihak gontor itu sendiri dan apakah boleh bawa perlengkapan perawatan kulit seperti skin care dan body lotion. bolehkah izin pulang jika ada keperluan penting?. Terimakasih

    ReplyDelete
  41. kl lulusan gontor biasanya kuliah sama kerja dimana y mba

    ReplyDelete
  42. Di gontor bisa bawa kamera tidaj uhkti ? Mohon di jawab uhkti

    ReplyDelete
  43. Kak teman saya itu ada yg di gontor
    . Terus sdah Lebih dari 6 tahun .. Saya nanya lanjut kmana... Dia jawabnya , ya pondoklah ... Katanya gtu ... Itu bisa kaya sistem kuliah gtu ya kak???

    ReplyDelete
  44. Kak,susah ngga sih testnya kalo mau masuk ke gontor?'-'

    ReplyDelete
  45. Kok pulangnya cuma 2 hari tok sih kak?kan aku jadi ngga bisa reunian bareng temen2 aku=<

    ReplyDelete
  46. Kok pulangnya cuma 2 hari sih kak?aku kan jadi ngga bisa reunian sama temen aku=<

    ReplyDelete
  47. Kakkak udah lulus dari gontor ya'-'?

    ReplyDelete
  48. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  49. tolong di jawab ya kak...=>(by:maysa hana.k=>)

    ReplyDelete
  50. maaf kak,yg ini ngga jadi[anu,aku ngga bisa ngapusnya^-^]

    ReplyDelete
  51. kak,kls disana itu campuran ya kak,ada yg lulus sd,lulus smp,sama lulus smk ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi iya benar

      tp ga dicaamput jadi satu,

      ada yang dari sd, ada yg dari smp :))

      Delete
  52. kak,katanya kalo testnya lulus,habis itu langsung mondok disana selama 6 thn kak,buat tes sikap tapi anaknya ngga sadar,emang gitu ya kak?habis tes langsung mondok?

    ReplyDelete
  53. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  54. Assalamualaikum ukhti.
    Mau tanya, di Gontor apa ada sistem akselerasi ya?
    Setelah lulus dari Gontor, bagi yang berprestasi ada beasiswa kah?
    Contoh ke Al Azhar Kairo

    -salam kenal ukhti

    ReplyDelete
  55. Assalamualaikum ukhti.
    Mau tanya, di Gontor apa ada sistem akselerasi ya?
    Setelah lulus dari Gontor, bagi yang berprestasi ada beasiswa kah?
    Contoh ke Al Azhar Kairo

    -salam kenal ukhti

    ReplyDelete
  56. Assalamualaikum wr wb
    Mau tanya kak, adek saya kan mau daftar di gontor, dia lulusan tahfidz namun masih hafal beberapa juz, apa di gontor bisa melanjutkan hafalannya, mohon di balas kak, karna saya cari di google tidak menemukan program studi apa saja yg ada di gontor putri, mohon infonya juga jika temen" yg lain tau tentang program study/jurusan apa aja yg ada di gontor, adek saya lulusan MTs tahun ini...

    Terimakasih atas pergatiannya..
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  57. Program khusus tahfidz tidak ada. Biasanya Untuk menjaga hafalan biasanya masuk eskul Jamiyyatul qurra

    ReplyDelete
  58. Assalamualaikum kak, apakah waktu free (15:00 – 17:00) di perbolehkan menonton sesuatu [seperti menonton youtube]di komputer milik pesantren ?

    ReplyDelete
  59. Bertanya boleh kan.. Kalau udah lulus SMA/MA apa bisa masuk ke gontor???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tes ujian masuk pondok buat lulusan SMA bagaimana ya

      Delete