Powered by Blogger.

#WeekendTraveling Pesona Sunset dari Gardu Pandang Goa Seplawan Purworejo

by - February 18, 2017


Sunset dari Gardu Pandang Goa Seplawan – Kali pertama berkunjung ke Goa Seplawan sebenarnya sedikit kecewa, karena saya dan kawan-kawan tidak dapat masuk karena hari yang terburu-buru gelap, eh bukan, saya saja yang lelet datang ke sini. Jadi cukup menikmati di tangga yang tingginya Allahuakbar. Naik gemeteran, turun gemeteran. Udah tau phobia, masih aja naikin tangga. 😅


Jadi, kami hanya bertukar cerita dengan guide yang ada di sini. Tak apa, mungkin hari esok bisa datang kembali menikmati Goa Seplawan yang bikin orang penasaran ujungnya seperti apa. Jadi, Goa yang terletak di gugusan Bukit Menoreh perbatasan Kabupaten Purworejo dan Kulon Progo yang berada di Desa Donorejo. Yang mana Goa tersebut peninggalan sejarah yang mana ditemukannya arca emas 22 karat setinggi  9 cm beratnya 2,5kg. Arca kencana tersebut berupa patung sepasang pria dan wanita yang sedang bergandengan tangan. 

Nah kata guide di sana, jika selusur goa kalian harus kuat fisik, mental, banyak yang bilang goa tersebut seperti tidak ada jalan keluar. Tapi tenang, di sana sudah difasilitasi lampu untuk penerangan jalan. Bangunan yang di luar goa pun sudah banyak direvitalisasi oleh dinas pariwisata terkait, karena banyaknya bangunan yang tak layak seperti tangga yang melingkar. 

 akses jalan menuju masuk goa


 tangga yang ku ceritakan

Setelah tidak jadi selusur goa, saya tidak begitu kecewa sekali karena para pengunjung bisa menikmati sunset. Berhubung saya udah lama sekali tidak menikmati sunset yang romantis, jadi ini waktu yang tepat untuk bermanja dengannya. Inget, yang namanya romantis gak selalu berdua, sendiri pun bisa, asekk. Baru baru kemarin saya bisa bertemu senja. Apalagi lihatnya dari atas Gardu Pandang Goa Seplawan, pasti beda dong dengan senja di kota lain. Menikmati matahari tenggelam di sini benar-benar bak Mbak Dian Sastro yang nunggu-nunggu Rangga tak kunjung datang. Senjanya keburu hilang, hiyaaaa.


 sedikit penampakan goa

Menikmati keindahan Jogja di sore hari bisa dilihat dari atas Gardu Pandang Goa Seplawan, terasa asri dan sejuk sekali dengan kicauan burung-burung yang hendak pulang ke rumahnya. Maka dari itu bisa kalian siapkan kamera, dan foto sebanyak mungkin untuk mengambil gambar.

 nak anak travel blogger

menikmati senja


Fasilitas di wisata ini sudah cukup banyak, mulai dari toilet, musholla, warung, dan sniyal pun juga sudah oke. Untuk menuju Goa Seplawan lebih baik kalian rombongan, kenapa? Karena akses jalan di sini sungguh nanjak, kalau menggunakan motor matic lebih baik tidak. Akses jalan untuk mobil bisa, kalau rombongan menggunakan bis kalian akan transit kendaraan menggunakan angkot. Menggunakan angkot biaya tarifnya 200 sampai 250 ribu PP, cukup digunakan ber-enam jika badan kalian kurus. Ehehehe. Oya tarif masuk Goa Seplawan plus menikmati sunset dari gardu pandang membayar 3 ribu rupiah, dan parkir motor 2 ribu rupiah.

angkot yang kami tumpangi


Ini beberapa tips untuk kalian yang hendak bertandang ke Goa Seplawan;
  1. Kuatkan fisik bagi yang ingin memasuki Goa Seplawan
  2. Jam berkunjung wisatawan 08.00 – 16.30 WIB
  3. Jangan datang ketika weekend, bakal ramai
  4. Perhatikan cuaca terlebih dahulu, jika mendung kalian susah mendapati sunset

Jadi, gimana kapan mau berkunjung ke Goa Seplawan?

Tabik,

Semoga bermanfaat 😊



You May Also Like

11 komentar

  1. Barisan bukit menoret emang menggoda. walau terkenal dengan lingkaran merah Malaria, tapi pemandangannya menggoda.

    ReplyDelete
  2. di sini sunsetnya emang uaapiik asleee. apalagi kalo malem bisa ala ala bukit bintang juga

    ReplyDelete
  3. Yg kuingat dr perjalanan ini adl angkot yg bak roller coaster itu. Untung pas nyampe gak muntah. Wkwkwwk

    ReplyDelete
  4. Eh ada aku hahaha... Btw keren kak sunsetnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wag, ada aku juga. ahahaha
      photonya aku jadiin sidebar hihihi
      thanks kak ayaa :*

      Delete
  5. uadeeemmm...
    ahh seru ih, mana rame-rame pula ya

    ReplyDelete
  6. Aku malah penasaran buat nungguin matahari terbit di sini...

    ReplyDelete
  7. pdhl dari luar, gua seplawan ini keren lho. Sayang banget ya. wakytunya mepet. padahal pengen foto dalemnya

    ReplyDelete
  8. kalau udah masalah sunset aku udah pasti mau ini, sayangnya jauh ya. hehhe
    unik juga sih Goa yang gak ada ujungnya, emang belum ketemu ujungnya ya non ?

    ReplyDelete