Bumbu Ikan Bakar & Cara Pengolahan yang Benar Kunci Kelezatan Ikan Bakar

Wednesday, December 14, 2016


Ikan bakar merupakan makanan favorit semua kalangan saat pesta maupun saat acara makan-makan. Tidak sulit memang menemukan menu ini di restoran besar, warung makan hingga warung-warung tenda pinggir jalan. Ikan memang memiliki cita rasa yang khas dan gurih pada dagingnya, terutama untuk ikan laut. Selain itu, daging ikan lebih mudah matang, sehingga memasak atau mengolah ikan lebih mudah daripada mengolah daging-daging lainnya. Oleh sebab itu, menu ikan bakar wajib disajikan saat pesta di rumah, karena sangat lezat cita rasanya. Di bawah ini adalah tips mengolah daging ikan saat dibakar agar bumbu ikan bakar dapat meresap sempurna:

  1. Jenis ikan.
Banyak jenis ikan yang dapat diolah menjadi ikan bakar, mulai dari ikan air tawar hingga ikan air laut. Beragam jenis ikan yang dapat diolah dengan cara dibakar atau dipanggang. Misalkan ikan gurami, ikan nila atau kakap, ikan bandeng, ikan bawal, ikan patin, ikan kembung dan lain-lain. Agar daging ikan tidak mudah hancur saat dibakar, pilihlah ikan yang berdaging tebal seperti gurameh atau kakap saja. Karena kedua jenis ikan ini memang cita rasanya lebih lezat dan dagingnya tidak mudah hancur.

  1. Ikan yang segar.
Saat membeli ikan, pilih ikan yang masih segar atau ikan yang masih hidup. Hal ini juga sangat mempengaruhi rasa dan tekstur daging ikan. Ikan yang sudah tidak segar, tekstur dagingnya kurang bagus dan mudah hancur serta cita rasanya berbeda. Sedangkan ikan yang benar-benar segar rasanya sedikit manis dan gurih sehingga bumbu ikan bakar pun akan mudah meresap. Jika membeli ikan pada pagi hari, maka pastikan Anda menyimpannya di bawah freezer lemari es.

  1. Marinasi ikan.
Sebelum ikan diolah dengan cara dibakar, ada baiknya adalah lakukan proses marinasi ikan. Setelah ikan dicuci bersih dan dibuang kotorannya, lumuri ikan dengan perasan jeruk nipis atau air lemon dengan garam. Jika tidak ada, Anda bisa gunakan air jahe dan kecap asin. Hal ini berguna agar bau amis pada ikan bisa berkurang atau hilang. Simpan kembali dalam lemari es selama kurang lebih 20 menit.

  1. Rendam dalam bumbu.
Agar ikan bakar terasa lezat, ikan harus direndam dalam bumbu bakar selama 30 hingga 45 menit terlebih dahulu. Bumbu-bumbu sederhana untuk ikan bakar antara lain bawang merah, bawang putih, ketumbar, jahe, cabai merah dan cabai rawit, kecap manis, merica, dan garam secukupnya. Meski dengan bumbu yang sederhana seperti ini namun proses perendamannya lama, maka ikan bakar pasti akan terasa sangat lezat.

  1. Olesi dengan minyak.
Olesi ikan dan alat panggangan dengan minyak agar ikan tidak lengket saat dibakar. Hal ini juga bertujuan agar tampilan hasil akhir ikan bakar terlihat bagus dan daging tidak mudah hancur karena kulitnya masih tetap menempel sempurna, tidak koyak karena lengket pada panggangan.

 sedapp

  1. Proses pembakaran.
Pastikan tempat panggangan atau bakarannya sudah panas dan arangnya menyala dengan merata, hal ini mempercepat proses pematangan daging ikan. Saat dibakar, gunakan penjepit panggangan. Lumuri kembali ikan dengan bumbu ikan bakar yang tadi setiap 2 menit sekali. Setiap sisi ikan akan matang sekitar 5 hingga 10 menit, jangan lupa perhatikan agar nyala bara api tetap stabil. Dengan cara-cara ini, dijamin ikan bakar buatan Anda akan tetap bagus tampilannya dan rasanya sangat enak.


Tabik, 

Semoga bermanfaat ^ ^



You Might Also Like

10 comments

  1. doooh sambelnya sambel bawang ala ala penyetan suroboyo gitu ya uuuww

    ReplyDelete
  2. Sesekali coba makan ikan Baronang yang dibakar. Benar-benar menggoda ditambah dengan sambal jeruk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baronang, apa itu, Mas? Next yaaa kucobaa, bentar tak searching dulu wkwkkw

      Delete
    2. Hahahah, besok-besok kalau ke pantai cari ikan Baronang buat dibakar :-D

      Delete
    3. otw pantai, mas. Golek iwak baronang wkwkwkwk

      Delete
  3. wah nice info, bikin ngiler aja... hehehe

    ReplyDelete

cewealpukat friends

Komunitas

WARUNG BLOGGER
bLOGGER reporter

Member Of

kumpulan-emak-blogger