Ini Alasan Kenapa Giliyang Wajib Dikunjungi

Saturday, December 17, 2016


Giliyang, Sumenep Madura – Siapa yang tak kenal dengan Pulau Madura? *ngacungg oi ngacung* mayoritas mengenalnya karena si Sinjay yang bohai, Suramadu yang unyu. Namun, salah bagi kalian jika ke Madura hanya mengenal dua hal tersebut saja.  Di dalamnya terdapat Giliyang terkenal memiliki kadar oksigen terbaik kedua di dunia, FYI terbaik pertama adalah Jordania. Dan FYI juga saya udah dua kali ke Giliyang *subhanallah Aya selalu membanggakan *dirinya sendiri* BHAHAHAHAK. Kalau kalian tanya perutku gendut setelah dari Giliyang, soalnya ku isi dengan oksigen *krik krik krik*

Setelah dua kali saya ke pulau tersebut dalam kurun waktu yang berurutan ternyata banyak sekali yang berubah, maka dari itu tidak ada alasan bagi wisatawan tidak mau berkunjung ke Gili Iyang.

Inilah Alasan Kenapa Gili Iyang Wajib Dikunjungi

Terdapat Kadar Oksigen yang Baik
Gili Iyang memiliki kadar oksigen terbaik kedua di dunia, seperti yang saya jelaskan di awal. Jika berada di pulau ini dan bermalam kalian akan merasakan kadar oksigennya. Ingat, tidak usah bawa tabung oksigen yaaa, apalagi pulang-pulang oksigennya diperjual belikan, heheh. Ada salah satu spot yang kadar oksigennya terasa ketika bermalam di sana. 

 titik spot oksigen trbaik
Warganya Ramah
Tidak salah, jika Giliyang kalian kunjungi kelak. Di sini, warganya ramah sekali, kalian bisa bertanya-tanya warga sekitar tentang keunikan Gili Iyang. Tidak hanya itu, warga di sini banyak yang memproduksi gelang yang dikirim ke Bali untuk dijual, nah jadi enak beli di Giliyang kan ehehhe.




Bisa Jalan-jalan Menggunakan odong-odong
Mungkin sebagian orang belum tau, odong-odong yang saya naiki ketika di Gili Iyang. Oodng-odong yang kami naiki adalah dorkas yang biasa kita lihat kalau di kota sebagai angkut gallon, elpiji, dan barang semacamnya. Nah, kalau di sini sebagai ngangkut orang ehehhe. Tenang, naik dokar aman kok. Menggunakan dokar sekitar 125 ribu untuk keliling giliyang. 


 dok 2015
Memiliki Pantai Ropet yang Memesona
Pulau yang memililiki luas sekitar 10KM ini ternyata mempunyai pantai yang indah, ya Pantai Ropet. Pantai Ropet terkenal dengan batu karangnya yang tajam dan jalannya yang sempit, tapi tenang pantai tersebut mudah dijangkau. Tapi sebaiknya kalian menggunakan sepatu sebagai alas, yaitu tadi jalanan banyak karang. Di pantai ropet lebih enak untuk digunakan mengambil sunrise, dan kalian juga bisa makan di pinggir pantai. Untuk menuju Pantai Ropet bisa menggunakan dorkas atau Giliyang menyebutnya odong-odong merk TO*SHA.




 CLBK

 geng gadis desa
Fosil Ikan Paus
Di tahun 2015 saya belum sempat menilik fosil ikan paus ini, ternyata 2016 kesampaian melihatnya. Fosil yang ditemukan 2010 inihanya tinggal tulang tulangnya saja *MASASIH*. Sempat menarik perhatian, bahwa di Pantai Ropet pernah terdapat ikan paus.



Adanya Gua Mahakarya
Siapa sangka, pulau yang kecil ini memiliki gua yang memesona. Ya, Gua Mahakarya. Gua yang terkenal dulunya dihuni babi babi di sekitar, maka dari itu kadang disebut Gua Celeng (babi). Untuk masuk di sini free, namun setidaknya kalian menyisihkan uang untuk guide yang ada di dalam gua. Sediakan senter sebelum masuk, di dalam gua panas sekali, sebaiknya jika yang memiliki gangguan pernapasan tidak masuk. Tapi, rugi lho kalau gak masuk, eheheheh.

 jamaah blogger

Eits, Ada Batu Cangga
Di Batu Cangga tersebut memiliki tiang yang besar, akses menuju pantainya bisa menggunakan odong-odong, namu untuk turun menuju Batu Cangga tersebut dibutuhkan nyali yang kuat, tekad yang kuat juga, yak arena licin book. Oya tangganya pun lumayan mengerikan. Untuk big size sebaiknya jangan, ya 90kg ke atas jangan coba-coba, iya jangan coba-coba menghancurkan tangga yang dibuat oleh warga, wkwkkwkw. Himbauan, di Batu Cangga tidak dapat digunakan berenang, snorkeling, dan lainnya bagi yang tidak mahir banget berenang. Yaiya, jauhnya tebing dan air saja 20m, kalau mau loncat silakan. Tapi ingat, tidak ada BP*JS untuk kalian yang melompat ehehehhe. Masuk Batu Cangga free, jangan menggunakan alas kaki yang sekiranya licin, lebih baik copot sandal atau sepatu. 

 dok 2015



Terdapat Home Stay
Untuk menginap di sini, jika pengin berburu sunrise dan butuh penginapan tenang di Giliyang ada homestay. Home Stay tersebut terletak didi titik oksigen pertama, untuk menginap kalian butuh kocek 125 ribu serumah. Gila, enak banget! Murah, home staynya tergolong asri gitu. Ada dua homestay, jadi mending sewa berjamaah. Kalau kalian pengin nginap, hubungi  Mas Fadel yang akrab dengan pemegang kunci, hihihi. Boleh kok japri saya kalau mau tahu Mas Fadel, ehee 👀
Gimana? Seru bukan?




wajah-wajah penggemar ketemu idola berjilbab

Yuk ke Giliyang


Tabik,

Semoga bermanfaat ^ ^








You Might Also Like

23 comments

  1. tinggal lebih lama di gili iyang bakal lebih sehat nie
    tiap hari menghirup udara yang kaya akan oksigen..hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk kebanyakan oksigen juga takk baikk, FYI

      Delete
  2. Amboiii, cantik kali. Memadurakan dunia. Nyesel deh, dulu ke Madura cuma di depan doang, terus bingung mau kemana. Padahal waktu masih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, Mbak. KUUUUYYYLAH *kata anak sekarang

      Delete
  3. Keren banget... baru tahu kalau ada tempat istimewa di Madura

    ReplyDelete
  4. Tetep makan nasi jagung kalau di sana yang tak terlupakan hahahahha

    ReplyDelete
  5. Alasan berikutnya : Giliyang instagramable juga yaa hihihi ^^

    ReplyDelete
  6. Adeeem rasanya lihat-lihat lautan biru kayak gini.

    ReplyDelete
  7. woww indahnay ya, artinay di madura sudah banyak potensi wisata yang dimunculkan ya, jaman saya ke madura belum ada banyak wisata

    ReplyDelete
  8. Aku yang orang madura asli belum pernah ke gili ilyang 😁

    ReplyDelete
  9. Penasaaran jd pengen segera explore gili iyang nih 😁

    ReplyDelete
  10. Asyik, ada potoku juga hehehe....

    ReplyDelete
  11. Wah... keren-keren tempatnya.
    Unik-unik lagi.

    ReplyDelete
  12. ya ampun, sungguh indah panoramanya ditambah dengan aktifitas penduduk yang sepertinya akrab dengan pengunjung. seru pasti nih

    ReplyDelete
  13. kalau aku mau kesitu, temenin yaahh ehhee

    ReplyDelete

cewealpukat friends

Komunitas

WARUNG BLOGGER
bLOGGER reporter

Member Of

kumpulan-emak-blogger