Menabung di Bank, Tips Aman dan Bermanfaat bagi Traveler

Thursday, May 18, 2017


Menabung di Bank adalah salah satu tips aman bagi kita yang disibukkan dengan aktivitas sehari-hari. Misal saya pribadi yang suka jalan-jalan atau makan-makan, tabungan di bank sangat efektif sekali bagi hidup saya. Gak pernah kebayang kalau saya masih mengemban celengan ayam yang isinya recehan dan saya bawa ke mana-mana, misal ke resto, mall, dan lain sebagainya. Malunya di mana ketika celengan ayam yang berbentuk tanah liat tersebut pecah, dan PYARRR!! Recehan pun keluar. Wahahahaak. 

 lucu yaa, akunya eh kartunya
 
Oleh sebab itu saya yang masih jadi anak kos, dan suka jalan-jalan pada tahun 2014-an baru membuka rekening di bank. Karena pada waktu itu saya baru keterima kerja, dan kantor mewajibkan memiliki rekening pribadi yang gak nebeng ke temen. Eheheh. Mulailah saya menabung di bank, dan untuk tahap membuka rekeningnya pun mudah. Tidak dipersulit, apalagi sekarang bisa dengan cara video call dengan tellernya, ya pastinya tempatnya di bank yaa, bukan di rumah.

Dan, hebatnya lagi menabung di bank sudah terjamin aman karena LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) Republik Indonesia. Jadi gak khawatir lagi, bukan? Hebat yaa LPS ini uang kita aja dijamin aman, jadi pengin nyari yang bisa ngejamin hati ini aman. Halah.
Sebelumnya kita perlu ketahui dulu nih gengs, LPS berfungsi menjamin Menjamin simpanan nasabah penyimpan begitu juga turut aktif dalam memelihara stabilitas sistem perbankan sesuai dengan kewenangannnya.

 ngajakin temen buat buka rekening dan nabung 😆

Maka dari itu, LPS juga bertugas untuk;

1.      Merumuskan dan menetapkan kebijakan pelaksanaan penjaminan simpanan. 
2.      Melaksanakan penjaminan simpanan.
3.      Merumuskan dan menetapkan kebijakan dalam rangka turut aktif memelihara stabilitas sistem perbankan. 
4.      Merumuskan, menetapkan, dan melaksanakan kebijakan penyelesaian Bank Gagal yang tidak berdampak sistemik. Melaksanakan penanganan Bank Gagal yang berdampak sistemik 

Kalian pernah bayangin tidak kalau masih menyimpan tabungan dengan celengan ayam-ayaman, atau dari kaleng, atau dari botol bekas? Berikut kerugian menurut saya, jika masih menabung di tempat yang kurang aman 

1.      Rawan perampokan, tabungan yang disimpan di rumah bisa dicuri atau dibobol maling 
2.  Uang mudah rusak, tidak seperti rupa semula. Takutnya udah nabung banyak, eh kemakan rayap. Kan sedih, hiks. 
3.      Ribet, jika kita mempunyai kepentingan mendadak sudah yakin tabungan tersebut yang niatnya diambil sedikit ehh malah semuanya ngikut, ehehe.


Maka dari itu saya beruntung sekali bisa menabung di bank. Praktis banget buat tabungan traveling dan makan-makan saya, wahahaha. Sekarang zaman semakin canggih, dikit-dikit gesek. Jadi gak perlu repot, yippi! Dan gak perlu lagi nenteng si celengan ayam. Dan membeli apapun tinggal gesek dari tabungan pun lebih praktis, apalagi sekarang banyak bank yang menawarkan promo seperti pada pelayanan akomodasi, transportasi, misal pesawat, kereta api, sampai ke online shop. Surga!


Perlu kita ketahui, jika tabungan kita sudah ada penjaminan kita sudah tidak perlu khawatir. Banyak lho dari kita yang suka khawatir kalau bank tempat untuk kita menabung mengalami kebangkrutan atau gulung tikar. Jangan khawatir gengs, uang kita masih dijamin aman. Setiap nasabah nantinya bisa jadi mendapat jaminan hingga 2 milyar/ rekening. Hebat!
Dan simpanan yang dibayar tentu saja adalah simpanan yang memiliki syarat layak bayar penjaminan, biasa juga disebut “3T”, yaitu;

1.      Tercatat dalam pembukuan bank 
2.      Tingkat bunga simpanan tidak melebihi bunga pinjaman LPS 
3.      Tidak melakukan tidakan yang merugikan bank
 
Nah, kan sudah jelas. Jadi lebih aman nabung di bank. Yess!
Jadi setelah pengalaman saya menabung di bank, saya tidak kerepotan lagi sekarang. Selain untuk menerima fee dari hasil kerja, untuk membayar keperluan sehari-hari pun bermanfaat.

Mari menabung di bank, dan tanamkan menabung pada anak sejak dini ^ ^

Tabik, semoga bermanfaat ^ ^



You Might Also Like

1 comments

  1. Aku punya banyak rekening, tapi sedikit saldo. :(

    ReplyDelete

cewealpukat friends

Komunitas

WARUNG BLOGGER
bLOGGER reporter

Member Of

kumpulan-emak-blogger