Carousell, Tempatnya Jual Beli Barang Preloved Cepat Laku

Wednesday, July 19, 2017

Akhir-akhir ini, bingung banget gimana agar saya sebagai perempuan stop berhenti bilang “Aku gak punya baju” ketika mau kerja, hangout atau mau pergi kondangan. Padahal, faktanya di lemari banyak banget baju yang belum kepake. Ya, kadang sedih banget sih, kalau lagi diem mikir, iya ya baju banyak banget, masih aja bilang gak punya baju. And than, sebenarnya saya bingung biar lemari saya bajunya gak itu-itu melulu wkwkkw. Nah terus, baju yang lama mau dikemanain? Setelah saya tanya ke teman-teman saya, ya solusinya menjual barang preloved tersebut.
jual yang mana dulu, ya?
Bukan hanya pengin ganti baju atau jual baju juga sih, soalnya ada beberapa barang dari mantan yang emang harus dikeluarin dari lemari, dan kenangannya dijauhin dari hati, ehe!  Karena pemberian dari mantan bagi saya membuat gagal moveon, atau keinget terus. 

Akhirnya, karena beberapa teman saya baik hati banget dan menyemangati saya agar barang-barang tersebut tidak dibuang, melainkan bisa berguna bagi yang lain, jadi saya berpikiran menjualnya. Eits, bukan berarti saya gak menghargai pemberiannya, namun ini adalah jalan saya satu-satunya biar bisa moveon dengan tenang, ahelah. 
 
menjual kenangan
Solusinya, biar barang preloved saya cepat laku, menjualnya di aplikasi jual beli barang bekas, yap Carousell! Awalnya saya sih mau lihat-lihat dulu bagaimana kerja sistemnya, eh ternyata belum apa-apa udah lapar mata, dan saya malah melakukan transaksi pembelian. Dasar perempuan! Yang masih belum paham, apa itu Carousell, sebagai berikut;

Apa itu Carousell?
Carousell merupakan aplikasi jual beli online yang tidak berbayar dan cukup mudah diunduh dari playstore. Foto barang yang ingin kita jual, kemudian unggah di Carousell, lakukan transaksi, dan nikmati hasilnya.
Nah dalam carousell tersebut, kira-kira terdapat ribuan online shops dan individual seller yang berjualan di 18 kategori berbeda di Carousell. Barang yang dijual di dalamnya ada yang baru maupun preloved. 

Mencari barang yang kita cari, caranya mudah; ketik barang apa yang kita inginkan di fitur ‘Search’ (pencarian), dan lebih akurat dengan pasang filter harga atau lokasi yang kita mau. Adapun barang terpopuler di sini antara lain; fashion, produk kecantikan, dan lifestyle gadgets
 
tanya dulu aja sist
Yang paling saya suka dari Carousell, di antaranya;
Pertama; mudah digunakan melalui aplikasi. Unduh di playstore atau iOS, free! Tenang, hari gini masih ada kok yang gratisan, eheheheh. *tim gratisan*

Kedua: Mempunyai 18 kategori yang berbeda, sehingga kita bisa memilih apa yang kita mau. Selain itu terdapat barang yang recommended di bagian home, dari online shops yang terpecaya.

Ketiga; Terdapat fitur chat antara buyer dan seller. Jadi, jika buyer berminat untuk membeli barang yang sudah diunggah oleh seller, mudah sekali, hanya klik fitur chat. Dan, bisa melakukan transaksi jual ataupun beli.

Keempat; Bukan hanya jual beli, kita pun bisa melakukan tawar menawar. Hmm, buruan emak-emak banget yaa kaan, saya pun begitu. Eehehehe. Tidak hanya itu, bisa lho kita sesama seller melakukan barter, jika sesama seller menyetujui. Enakk banget kan..

Kelima; Memiliki Fitur Status “Telah Dipesan”. Ketika  barang ditandai sebagai “Telah Dipesan”, barang akan dihapus dari pencarian marketplace dan kategori. Di waktu yang sama, buyer maupun seller tidak bisa membuat chat baru di bawah barang tersebut. 
Barang akan ditandai sebagai “Telah Dipesan” ketika penawaran diterima. 

Jika kalian ingin menonaktifkan pengaturan, berikut caranya:
Buka pengaturan kemudian, Geser tombol, kemudian tandai ‘dipesan’ otomatis menjadi off.
Barang juga dapat ditandai “Telah Dipesan” secara manual tanpa melalui sistem penawaran. Berikut caranya;

• Pilih barang

• Pilih Ubah
• Geser tombol Tandai Telah Dipesan
Nah, gak ribet kan? ^ ^
 

Jika kita mengingnkan barang kita cepat laku, mudah sekali. Jadilah Smart Seller, berikut tipsnya;

1. Foto barang yang ingin kita jual. Ketika pengambilan gambar, pastikan gambar barang yang ingin kita jual jelas, pencahayaannya bagus. Ini adalah mempengaruhi bagus tidaknya barang si penjual, ini pun mempengaruhi berminat tidaknya pembeli. Foto detail dalam 4 sisi, karena kita bisa mengunggah empat foto sekaligus di Carousell.

 
yeay, mudah bukan?

2. Berikan deskripsi pada barang yang kalian jual dengan jelas, mulai dari jenis barang, size atau ukuran, warna, merk, dan detail pemakaian. Begitu juga berikan info, jika barang tersebut bisa dinego atau tidak. 

3. Bersikap ramah pada pembeli, chat dengan bahasa yang sopan dan beretika. Balas tepat waktu solusi lebih baik.

4. Promosikan toko online kalian di social media pada prime time, tepatnya pada waktu yang tepat ketika jam-jam orang membuka social media, misal pada jam istirahat orang bekerja.

Gimana? Mudah bukan untuk menjual barang preloved atau yang masih baru. Yuk unduh carousell di playstore atau iOS kalian.

Saya pun menjual barang-barang preloved yang masih dalam kondisi bagus di caraousell.com/cewealpukat

Tabik,
Semoga bermanfaat ^ ^
 


You Might Also Like

9 comments

  1. Bagi cewek ini aplikasi pas banget hahahahha.
    Daripada barang menuh-menuhin lemari, mending dijual :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. BAGI COWOK jugaaa massss, jual hatimuuu sopo eroh payu eeeeh

      Delete
  2. Biar bisa move on, kenangan di jual di carousell ya. hehehe

    ReplyDelete
  3. Aku lg jual barang nih di carrousel..apet dari hadiah, akunya kebetulan ga pake barang yg dikasih. Tp blm kejual :D. Perdana jual di sana.. Moga2 bisa laku.

    ReplyDelete
  4. udah kubuktiin, cepet lakunya

    ReplyDelete
  5. iya ya daripaad menuhi tempat dijual saja, dapt uang deh, tpa ku belum pernah sih, kaalu anak-anaku sering banget

    ReplyDelete

cewealpukat friends

Komunitas

WARUNG BLOGGER
bLOGGER reporter

Member Of

kumpulan-emak-blogger