27 October 2015

Blogger Camp 2015 Surabaya, Menggali Potensi Blogger untuk Meningkatkan Kreadibilitas Blog


Blogger Camp 2015Surabaya Menggali Potensi Blogger untuk Meningkatkan Kreadibilitas Blog – Blog Camp Indonesia 2015 serentak pada tanggal 26-27 Oktober 2015. Blogger Camp sendiri adalah acara kumpul blogger dan gebetan untuk memperingati dan merayakan Hari Blogger Nasional. Konsep acara ini menginap selama 2 Hari 1 Malam dengan acara unggulan sharing session antar blogger &talkshow dengan topik yang sedang tren yang akan dibahas oleh narasumber ternama. Blog camp tersebut serentak untuk 4 kota yaitu; Jakarta, Purwokerto, Surabaya dan Makassar. Nah, saya Aya Slavina berkesempatan hadir untuk Blog Camp di Surabaya yang bertempatkan di The Pines, Taman Dayu. Kami yang dari Surabaya titik kumpul di Hotel Yello, Surabaya.Ini Yello hotel terbaru di Jemursari, konsepnya unik, penuh mural, lucu, kayak kamu.  Di Yello ini banyak spot unik, dan dengan desain yang bagus. Apalagi sama Wok ‘n’ Tok restaurant. Yasalam, ini restaurant bikin ngajak nge-date. Ehe kemudian kami berangkat pada pukul 17.00 WIB. Dari Surabaya sendiri, peserta berkisar 50 orang.
kumpul di Yelo Hotel [foto by @bloggercampid
srikandi eaa
wok n tok Yello Hotel
#Tauziabloggertour salah satu kamar di Yello Hotel
Setelah sampai di Taman Dayu, banyak yang sudah kita dapat di sini. Koneksi lancar apalagi ada Indosat Love, jadi gak bingung buat update social media. Dannn Break sejenak usai, kemudian beberapa sharing disampaikan. Ada dari Mbak Avy, Mbak Yuni, dari pihak sponsor dari indosat, tauzia hotel’s, blue bird, qwords, dan apalagi buat Net Media yang meliput dalam acara ini. Banyak ilmu yang didapat dari pengalaman awal ngeblog yang hanya suka curhat, kemudian dapat kenalan (lewat komunitas), hingga dapat menulis di blog sampai dapat rezeki. Semua memang butuh proses, tidak hanya sekadar menulis, dan itu untuk menunjukkan kualitas blog kita.
mendarat di Taman Dayu

Ibadah selfie setelah senam pagi, akk serunyaa
Dan, untuk Surabaya ada pemateri yang muda dan setrongg, dan yang tak asing di kalangan blogger yaitu;  Mas Frenavit Putra, Yayat Sudrajat yang akrab dipanggil Kang Yayat, dan ada juga Mbak Swastika Nohara. Eh, ada MC-nya juga lho, yaitu Mbak Febri dari Juara Agency. Oke, gaes seperti paragraph di awal, tema kali ini serempak dengan “Membangun Kreadibilitas Blog”. Yap, maksudnya apa, sih? Saya juga baru memahami sekarang. Dulu, meskipun denger gak pernah dicerna. Wkwkwk namanya juga Aya.

Membangun kreadibilitas tidaklah mudah, membutuhkan proses. Dari yang membangun rumah ‘baru’ di blog, mempelajari SEO dan menerapkannya, sampai ke etika dalam blogging. Semua itu juga diawali menulis secara informative, tidak mengada-ngada, actual, dan tidak ‘copy paste’.
pemateri Blogger Camp Surabaya
Begitu juga dalam kehidupan berkomunitas, itu sangat membantu sekali apalagi dalam komunitas blogger. Selain mendapatkan, teman, pengalaman, bisa jadi ada peluang usaha yang akan kita dapatkan. Bisa jadi dalam sebuah acara blogger sangat berperan penting untuk memberi informasi ke khalayak. Namun, dalam sebuah acara jika blogger dating, jangan berperan sebagai ‘KOMUNITAS’ Teko Muni Gowo Tas. Nah, kan harus yang bermanfaat. Ilmu apa yang sudah didapat dalam dunia perbloggeran, harus kita manfaatkan. Karena etika dalam blogger sangat penting juga untuk kreadibilitas blog kita.
yey pada seriuss
Mbak Swastika Nohara
Menyinkronkan blogging dengan pekerjaan utama itu sedikit sulit, seperti Mbak Swastika Nohara menjelaskan pada Blogger Camp daerah Surabaya yang menjadi script writer, ia selalu membagi waktunya dengan pekerjaannya. Karena membagi waktu dalam menulis untuk blog juga harus seimbang dengan sehari-hari, papar penulis film 3 Srikandi. Packaging dalam blog juga penting untuk meningkatkan kreadibilitas blog kita, misal seperti di postingan kita alangkah lebih menariknya diberi foto yang menarik pembaca. Intinya antimainstream.
Tukang Kabel
Ada juga istilah blogger zaman sekarang, yaitu “Blogger Amplop” yaitu blog untuk mencari uang. Bukan dari hasil job review namun ketika dating untuk reportase. Yes, silakan menjadi blogger amplop. Tapi, kembali lagi ke etika dalam per-bloggeran. Dan kembali lagi ke konten blog kalian. Blogger harus love konten, bukan? Yeay, hidup blogger. Hihihi.
Membangun Kreadibilitas blog sangat penting untuk kehidupan kita, yaitu; Blog sekarang ini bisa menjadi portofolio ketika kerja, konsisten dan juga aktif posting, aktif di komunitas banyak banyak kenalan, pengalaman, dan gebetan. Lahhh.
Kang Yayat
Nah, dari Kang Yayat untuk semua peserta juga menjelaskan mengenai Etika dalam dunia blogger. Apalagi tentang copas me-ngopas. Jika ada blogger newbie, mari kita rangkul, jangan dijauhi atau dibully terus. Dibimbing juga agar meningkatkn kreadibilitas blog mereka.

Gaes, berhubung sekarang 27 Oktober tepat pada #HariBloggerNasional jadi saya ucapkan, semoga dunia per-bloggeran semakin dahsyat! Dan lebih informatif dan membaik

Tabik, manis ^ ^









39 comments:

  1. Kamu hebat beb, bisa nulis sambil ngecamp, klo aku nunggu pulang dulu dan cari inspirasi di jamban :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkkwkwk, aku lagi ngerasain aja apa sensasinya nulis di tempat yang sinyalnya maju mundur cantik. But, amazing bebb, tantangan wkwkkw. Dan gak asal nulis weheheh :D

      Delete
  2. "aktif di komunitas"

    Nah ini yg paling sulit buat saya
    :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yahh, jangan gitu dong :(
      Kita kan makhluk sosial, jadi wajib bersosialisasi. Hehehe :D

      Delete
  3. Aya paling cepet ya kalo posting, hehehe.. Duh ngiri diriku nggak bisa ikut!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yakk, gakpapa om gak bisa ikut, next time ikutt yaaaa semogaa bisa ikut bareng aku wehehehhe

      Delete
  4. Mana gebetannyaaaa? No pic hoax loh ya :p

    ReplyDelete
  5. Teko Muni Gowo Tas, ihik ihiiik biar terhindar dari label itu mari tingkatkan apdetan blog :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahhhh, betollll sekaliii mbakk gingsuuull hihiih

      Delete
  6. go aya go....liputannya keren dan acaranya bikin mupeng. blogger bali jadi pengennn

    ReplyDelete
  7. ooh.. yg di surabaya kebagian mba sabai yaa.. keren ah.. ketjeh maksimal!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa,, Mbakk sabai kerennya maksimall

      Delete
  8. pengin ikutan tapi sayang hari kerja, temenku ikutan, namanya Anis dari Kepanjen.
    Selamat Hari Blogger Nasional, maju Blogger Indonesia!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh iya aku tau Mbak Anis, hehhe
      SELAMAATTTTTT :D

      Delete
  9. Selamat hari blogger kakak!:) di Pekanbaru belum ada blogger camp ky gni. huhu. keren ilmunya, makasi udh sharing kk^^

    oh ya, salam kenal kk! baru pertama kali mampir sni nih. Aku jg suka jurnalistik dan jg lg berkecimpung didunia jurnalis.semoga bsa brteman hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamattt Kakkk :D
      Iyaa, sama2 Mbakk, mari berkawan :D

      Delete
  10. Hak hak baca ini senyum-senyum sendiri denger istilah yang baru.

    ReplyDelete
  11. Kita rukun damai sejahtera sehat selalu berkat selfi ahaii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiii tim kingkong dapat salam dari tim tengu wakakkakakkak

      Delete
  12. jadiii ngiriii...liputannya seru maaaak...pengen ikutvsih kmaren tapii kok jauh ya di surabaya :(

    ReplyDelete
  13. Liputannya keren, acaranya seruuu.... kemarin pingin nekat ikut, sudah dapat izin tapi nggak enak sendiri merasa jadi emak durhaka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yahhh, lain kalii yooo mbakkk ikut hihiihihih

      Delete
  14. kereeeeennnn...... semoga menang yaaaaa......#eh

    ReplyDelete
  15. seru banget acaranya..sayang nggak bisa ikut gegara perut nggak bisa disimpen dirumah dulu...hiks...

    ReplyDelete
  16. Serunya kumpul bareng seleb blog Jawa Timur di bloggercampid chapter Surabaya hehehe

    ReplyDelete
  17. Pingin kumpul lagggiiiii .... Biar bumil, semangat itu perlu!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihiihi lainn kali kumpul lagii yohh mbaaakkk waciyaaah

      Delete
  18. Seru banget, sampai ketemu di blogger camp tahun depan ya!

    ReplyDelete