21 October 2015

Golden Moment dan Angle Foto akan Mengalahkan Mahalnya Kameramu

Golden Moment danAngel Foto akan Mengalahkan Mahalnya Kameramu – Beberapa hari yang lalu sempat “nggerundel” ke diri sendiri, kebelet pengin kamera mirrorless. Pengin punya foto yang bening dan cakep kayak blogger lainnya. Duh, suka gak bersyukur, dengan apa yang ada di tangan, orang! Saya sendiri juga tidak mempunyai kamera secanggih yang lain, hengpon saya pun sekadarnya saja. Kemarin udah mau pergi ke toko kamera, mau jual kamera yang ada di tangan saya biar foto saya keren kayak yang lain. Namun, harapan ini pupus, buat apa sih bela-belain beli kamera demi pengin hasil yang hebat. Bener sih, namanya kebutuhan dan keinginan, kan beda tipis ya, book.
the bird's- eye view

Mata Pelajaran (MAPEL) Pertama; Angle Foto atau Sudut Pandang

Nah, dari itu saya belajar. Bagiamana menghasilkan foto yang pas, dengan kamera yang ada di tangan. Nah, salah satunya adalah pintar mencari angle pada foto. Kalian pasti paham bukan, dengan angle foto atau sudut pandang. Plis ya, kita orang keren. Jangan pakai bahasa “Tolong dong, fotoin gue dari atas,” Maksud ngana? Yuk, jadi orang keren yuk, dengan mengenal angle pada foto.
high angle
Sebenarnya ada beberapa angle pada foto yang harus kita pelajari, mulai dari; Low Angle, High Agle, Frog Eye Angle, banyakk lagi macamnya. Namun yang sering kita terapkan pada foto-foto saya, Cuma beberapa itu saja, ehehe emang pahamnya itu. Kalau kalian paham sama angle yang lainnya, boleh dong share ke saya. ^ ^

High Angle itu, adalah kita ngambil foto dari atas. Misal kayak kalian moto makanan, nah apalagi food blogger nih, ngambilnya pakai high angle, kan? Ingett, jangan pakai bahasa “ambil dari atas,” “KITA ORANG KEREN”.
high angle

Low Angle, adalah; kebalikan dari high angle, ambil potonya dari bawah. Ingat! Jangan ngomong pakai bahasa, “Ambil foto dari bawah,” Haloo! Hehehhe. Kita orang KEEE….. REN. Biasanya yang sering ambil sudut pandang ini buat ngambil gambar para model, kayak eike. Baih.
low angle
Angle Frog Eye; Nah, ini biasanya foto yang kameranya sejajar sama tanah. Kayak sekarang banyak foto sepatu dan diambil gambarnya sejajar dengan tanah.
Nahh, piye? Gimana? Paham, kan dengan angle-angle yang sering kita gunakan sehar-hari. Heheh. Yap, oke, masuk ke materi selanjutnya.
Angle frog eye

Mata Pelajaran (MAPEL) Kedua; MOMENT

Ini gak kalah penting, yaitu moment. Iya, namanya moment selalu penting kok, apalagi moment bareng mantan. Ahelah, basi. Pokoknya gengs, kalau ada golden moment di depan kalian, dan menurut kalian itu okey, jepret aja. Gak usah nunggu nyari kamera yang cakep, niscaya golden momentum akan hilang. Dikit aja ya materinya, meskipun dikit namun berarti dan semoga bermanfaat.
hape jadul, cuma pengin jepret si pelangi

maaf, fotonya gak sempurna :(
Nah, gimana pelajaran dari Mrs Aya Slavina? Tolong diterapkan ya, eheh. Terutama untuk pengambilan angle, jangan asal jepret. Secanggih dan semahal apapun kameramu jika tidak menggunakan angle yang benar, hancurlah kau kisanak. Begitu juga jangan pernah melupakan golden moment, oke thanks, babaiiihhh.

"Kamera terbaik adalah kamera yang Anda miliki, "- Arbain Rambey

Semoga bermanfaat, titik dua bintang

Tabik,



95 comments:

  1. "Kamera terbaik adalah kamera yang Anda miliki".. kece nihh quote nya,,, Mesti belajar banyak tentang angel dan mengambil moment yang tepat.. Baiklahhh :)

    ReplyDelete
  2. Iyaaa suka pengen punya kamera yang kece2 yaa.. pdhl kamera bagus tp klo yg make ga pinter ya hasilnya biasa aja ya..

    ReplyDelete
  3. wihhh keren mbakk foto2nya..
    gue pengen banget ...

    ReplyDelete
  4. Setuju. Yang penting cara ngambilnya.

    ReplyDelete
  5. Setuju deh kalau ini :) Lagipula sekarang itu banyak banget hasil-hasil jepretan dari kamera ponsel "biasa" yang hasilnya luar biasa. Coba cek di grup Kofipon. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas, wahh saya check ahh, makasih infonya, Mas :D

      Delete
  6. Wahhh tulisannya sedikit menohok saya. Lagi kepengen beli kamera baru juga. Tapi jadi sadar setelah baca tulisan ini. Makasi yaaa Makkk :D

    Oh iya, menurutku, selain angle cahaya juga penting. #duitmasukindompetlagi :D

    ReplyDelete
  7. Duh lagi galau pengen punya kamera tapi takut hasilnya ga maksimal hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saamaaa, apalagi kalo ada barang baru duh ngiler lagi hahahha

      Delete
  8. Alhamdulilah dapat ilmu baru di bidang fotografi. Sama mbak sya juga gak punya kamera mumpuni untuk mengambil gambar yg bagus.

    Thanks Mbak Aya :)

    ReplyDelete
  9. Aku cekikikan ikut mapel nya

    Hahahaa
    Eh, itu mah ngakak yak.
    Ah, ga keren nih aku.

    Makasih infonya, Mak. Aku ga gape nih soal poto-poto

    ReplyDelete
  10. Ihhhh suka-suka aku dong mau pake istilah apa ^^ kan keren kalo aku jadi trendsetter dengan istilah-istilah baruku :p

    Aku juga mau kamera mirolesss >.< semoga uangnya kekumpul aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihh wkwkkw

      semogaa bumiil semogaa uwuwu

      Delete
  11. cakeeep deh, kereeenn... dapat pelajaran niih..
    thanks for share yaaaa ;)

    ReplyDelete
  12. Asikkk dapat ilmu baru... jadi besok lagi ga bilang ambil foto dari atas atau bawah.. biar ikut jadi orang keren hehehe.. Thanks for sharing!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama22 Mbakkkk :D

      WAKAKKAKA salam orang kerennn

      Delete
  13. Betul Mak, biarpun punya kamera yang canggih tapi gak bisa ngambil angle yang bagus, ya...hasilnya kurang maksimal.
    Coba praktekin angle frog eye, ah... makasih sharingnya ya..
    Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiyaahh iyaa, praketikinn yaa mbak, salam sayang :D

      Delete
  14. Nice share nihh
    Meski blum.punya dslr tapi, tetep smangat pkai kamera apapun
    Yg pnting hasilnya bagus

    ReplyDelete
  15. Setuju itu.katanya om Arbain Rambey dan angle emang bisa bikin doto biasa jd luar biasa. Kerwn euy poto2nya :)

    ReplyDelete
  16. moment kadang melatih kesabaran. seharian cuma dapat satu atau dua poto aja yang moment nya oke. biasanya sih gitu. tapi aku suka poto high angle nya, keren mbak

    ReplyDelete
  17. waaa makasi ilmunyaaaa..
    jadi tau dasar3 fotografi even ga bisa motret. yg penting angle yaa dalam fotografiii

    ReplyDelete
  18. Baiklah, akan kuurungkan juga niat membeli kamera. Maksimalin yg ada. Tq mapel nya Mak ;)

    ReplyDelete
  19. Sukaaa tulisan dan fotonya :D. Bener banget, karena kl fotografernya bagus poto pake hape pun hasilnya beda yaak. Hihihi. Aku suka nonton Arbain Rambey di yutub, enak bgt ya bahasa tuturnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh iya kah suka lihat om Arbain, hihihi

      Delete
  20. Foto2nya keceee, mbak.. Emang semuanya bergantung sama user, klo user pinter nyari angle n memaksimalkan apa yg ada hasilnya jg gak kalah bagus :)

    ReplyDelete
  21. betuuull bangeeet.. pokoknya man behind the gun-nya yaa yang penting

    ReplyDelete
  22. Asyiiik, nggak punya kamera mahal tapi tetep bisa ya moto bagus asal pinter milih angle. Belajar ah.

    ReplyDelete
  23. Makasih Aya.sharing ilmu futu-futuna.. jadi bersyukur walau hanya punya kamera saku dan camera hengpon ala kadarnya :)

    ReplyDelete
  24. saya juga belum punya kamera yang bagus mbak, foto-foto masih menggunakan kamera hp, tapi meskipun begitu tetap semangat foto-foto, hehe.. :D

    salam kenal mba aya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iyaa mbakk kembali ke quotes-nya si om ya hehehe

      salam sayang jugaaa :D

      Delete
  25. Mbok aku di fotoin kayak model2 gtu tpi ngak boleh keliatan gendut yaa hahahahaha...

    Suwun nduk ilmu nya, bagi lagi sini ben selfie makin toopp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eaaakk, njaluk difoto model opoo wkwkwk
      makasiihh ceee :*

      Delete
  26. Dicatat.... Angle dan Moment. Terima kasih ilmunya. :)

    ReplyDelete
  27. Pake hengpon biasa aja udah bagus gini hasiln ya??
    Man behind the gun, udah keren kok hasil jepretannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah,, benerr, Makkk :D Lelaki di belakang senjata :D

      Delete
  28. It Depends on the man behind "the gun" ya Aya Slavina :)

    ReplyDelete
  29. kalau buat yang pakai kamera handphone gimana mbak ? krn ini semua tehnik kamera SLR.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saja, Mbak, itu beberapa angle juga menggunakan kamera hengpon
      :))

      Delete
  30. Tfs yaaa.. Sampai sekarang masih agak susah ngambil foto dari atas... Eh.. High angle *takut di semprit gak keren* :D

    Salah satu yg aku pelajarin waktu itu, untuk fotografi, apapun perangkatnya, yang penting kita harus mengerti cara operasiinnya. Makanya kalo punya kamera, hadus baca dulu tuh manualbooknya biar paham. Nanti dari situ baru deh di utak atik sendiri sesuai pengetahuan fotografi kita. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkkw, iya, Mbak ngambil angle dari atas yaitu salah satunya naekkk kursi wkwkkw

      Nahh, bener tuh, Mbak harus baca manualbooknya, kalau gak cari referens dulu hihihiih

      Delete
  31. Ok fix quote saya hari ini "kamera terbaik adalah kamera punya saya" hahaha
    Mksh sharingnya mba :)

    ReplyDelete
  32. Fotoin gue dr belakang doongggg.... > angle apa itu?? *mintadigaplokkamera

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh, ituu eike nyari istilahnya dulu yee hahaha

      Delete
  33. Saya banget deh itu yg punya kamera tpi tdak bisa menggunakannya dengan baik..makasih ilmunya ya mba

    ReplyDelete
  34. Mrs. Aya Slavina. Ente dah merit, Ay? :p

    ReplyDelete
  35. Bingung sm bird eye view dg high angel? Itu apa bedanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah gini mbak, bird eye view sama high angle itu hampir sama, namun kalo bird eye itu kayak lebih luas mbak, dan fotonya sama2 dari atas :D

      Delete
  36. Waah suka sekali dengan quote nya om Arbain, "Kamera terbaik adalah kamera yang Anda miliki"
    Betul banget deh, untuk menghasilkan foto yang bagus tidak harus menggunakan kamera mahal. Ibarat pelukis, semua orang bisa membeli alat lukis lengkap dan yang paling mahal sekalipun, namun belum tentu semua orang dapat menghasilkan lukisan yang bagus.
    hehe begitu pula dalam dunia fotografi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak saya juga banyak belajar dari beliau yang suka share ilmu juga hehehhe. Nahhh okeyy mantepp banget komennya, thanks yaa mbak :D

      Delete
  37. Alhamdulillah dapat ilmu baru lagi. Makasih mba...

    ReplyDelete
  38. Kalo fotografi macro micro termasuk ke dalam angle juga gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas -__-
      Kalau pengin micro macro-nya bagus harus bener-bener cari angle yang pas dong, CMIW :D

      Delete
  39. Mbak mbak,,besok kalo ketemu fotoin aku dari atas, dari bawah, dari belakang, dari depan sama dari sudut hati kamu yah, *eh

    ReplyDelete
  40. saya mungkin gak ahli moto, soalnya kalo moto pasti gak enak diliat hehe... tapi saya selalu suka ada org yg motonya bagus, walaupun pake kamera biasa aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahhhh, baguss nihh Mbak komennya hihi makasih :D

      Delete
  41. bermanfaat mbak.. untung mampir ke sini jadi kalimat "tolong potoin dari atas" atau "tolong potoin dari bawah" bisa saya ganti yang lebih keren dech :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh, wkwkkwk iyaa, Mbak semoga bermanfaat ya :D

      Delete
  42. Keren bangetttt setuuju banget kamera mahal kalau ga tau nyari moment dan merhatiin angel sama aja ..
    Salam kenal mbak, baru pertama berkunjung kesini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh bener, manis. Salam kenall juga yaa :D

      Delete
  43. Setuju banget, semahal apapun kameramu kalo cara ngambil nya salah yaaa pasti akan busuk hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akkkk masss toroooo, kancutnya akuhhhh :D

      Delete
  44. thanks pelajarannya ya Mrs. setidaknya bisa diterapkaan dengan camera hp

    ReplyDelete
  45. anjingnya loh ikutan nongki pek......wkwkwkkwk

    ReplyDelete
  46. Mirrorless...hmmm okeh *ngintiptabungan*
    Itu frog angle kebayang yg ndlosorrrrr :p

    ReplyDelete