Memperingati Hari AIDS Sedunia bersama Kemenkes

Tuesday, December 06, 2016



Kemenkes Kampanyekan Germas untuk Peringati Hari AIDS Sedunia – Berbicara tentang AIDS sudah memasuki penyakit yang sangat berbahaya dan memang harus diobati. Dulu pernah liputan di tempat ekslokalisasi terbesar di Surabaya. Saya pun mewawancarai kepala puskesmas di Sememi. Kagum sekali dengan pernyataan dan kinerja di puskesmas tersebut yang selalu siap siaga menangani para penderita AIDS, dan merangkul mereka, bukan menjauhinya.

Pada 1 Desember yang lalu, saya beruntung sekali bisa hadir dalam salah satu acara yang diadakan oleh Kemenkes RI guna mensosialisasikan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) dalam memperingati hari AIDS sedunia. Temu blogger pada acara tersebut bermanfaat sekali bagi saya, yang masih awam tentang HIV AIDS, padahal penyakit tersebut memang sudah benar-benar tenar. Kadang, orang sekadar tahu, penderita AIDS harus dijauhi.

Dalam acara temu blogger untuk menuju Indonesia sehat juga hadir Pak Oscar Primadi dari Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes. Ia menjelaskan, HIV AIDS merupakan penyakit yang dapat dicegah jika kita dapat hidup sehat dengan GERMAS. Semua orang bisa menerapkan GERMAS guna pencegahan penyakit menular maupun tidak menular. Untuk hidup sehat dimulai dari diri sendiri, dan berawal dari hal yang kecil, seperti; tidak mengkonsumsi alkohol, mengkonsumsi makanan atau minuman yang bervitamin, banyak makan sayur dan buah, membersihkan lingkungan, tidak merokok, dan masih banyak lagi.

Siapa sangka di daerah Jawa Timur ditemukan pasien HIV/AIDS sampai september 2016 mencapai 36.881 atau 64% dari perkiraan yang ada. Bukan hanya itu, Jawa Timur merupakan risiko penularan HIV/AIDS paling tinggi mencapai 79,62% dikarenakan heteroseksual (Banyaaak bangett). Namun, jangan khawatir Akses pelayanan sudah tersedia 38 Kabupaten atau kota di Provinsi Jawa Timur. Akses tersebut guna meningkatkan mutu pelayanan. Mari kita hilangkan stigma pada ODHA. Jika ingin melihat ODHA seperti apa, silakan bercermin. ODHA itu seperti kita, sama-sama manusia, jangan dijauhi apalagi dimusuhi. 


Padahal, jika kita ketahui cara penularan HIV AIDS tersebut ada beberapa sebab, di antaranya; hubungan seks (apalagi berganti-ganti pasangan) mending halal dulu deh ya, transfuse darah dari jarum yang sembarangan bergantian, Ibu yang memiliki virus HIV AIDS mudah sekali tertular ketika menyusui. Nah kan sudah tahu apa penyebab tertularnya HIV AIDS. 

Yuk, jangan mudah menjauhi orang yang terkena HIV AIDS, saatnya merangkul mereka agar tetap sehat dan hidup. 

Tabik,

Semoga bermanfaat ^ ^


You Might Also Like

7 comments

  1. Silahkan bercermin.. dan sungguh sedih, smg kita sentiasa terhindar dari perbuatan yg membawa mudharat..

    Aamiin YRA.... 😇

    ReplyDelete
  2. Semoga masyarakat kita ini sadar akan gaya hidup yang bersih dan sehat, perlu banyak di sosialisasikan

    ReplyDelete
  3. Wow, Jatim angkanya mengkhawatirkan. Semoga perlahan bisa ditekan dan kesadaran masyarakat makin tinggi.

    Ay, kok aku nampak punggung tok i, gak difoto dari depan, hhaha

    ReplyDelete
  4. Aku sering lihat orang yang terkena HIV, tiap tahun ada acara di kerjaan yang mengundang ODHA untuk bercerita kehidupannya.

    ReplyDelete
  5. Ngak nyangka ya, Jawa Timur masuk populasi tinggi pengidap HIV.

    ReplyDelete
  6. Singkat padat jelas...mantap tulisannya. Semoga menjadi amal yang tak putus. Makasi sharenya

    ReplyDelete

cewealpukat friends

Komunitas

WARUNG BLOGGER
bLOGGER reporter

Member Of

kumpulan-emak-blogger