Sepaket Perjalanan di Surabaya yang Bikin Ketagihan

Tuesday, March 14, 2017


Perjalanan di Surabaya – berbicara perihal Surabaya, pasti banyak sekali yang kita pikirkan di kepala kita. Dari kuliner, tempat wisata, festival, hotel, transportasi, sampai halnya akomodasi. Saya sebagai warga Surabaya gak asli, yang sudah tinggal di sini selama 5 tahun, wajib sudah hafal tentang hal tersebut. Apalagi beberapa bulan lalu kedatangan kawan dari luar kota yang ingin berwisata di Kota Pahlawan ini. Pastinya yang pertama tidak jauh dari pertanyaan ini;
“Di Surabaya ada apa saja?”
“Surabaya terkenal Dolly, bukan?”
Jadi, aneh kalau yang dikenal hanya eks-lokalisasi saja. Ehehe. Akhirnya saya mengantarnya ke beberapa tempat, beberapa kuliner, tepat sekali ada festival waktu itu. Jadi pastinya dia terpuaskan dengan perjalanan kala itu. 

(dok pribadi; festival layang-layang 2015)

Pertama, Menyaksikan Agungnya Festival Layang-layang
Festival layang-layang ini tidak selalu ada setiap hari, minggu, bahkan bulan. Melainkan hadir dalam setahun sekali, kadang pada akhir tahun. Biasanya pada bulan September ke belakang. Pastinya digelar festival layang-layang juga menentukan cuaca di Surabaya. Menunggu musim kemarau, itu yang paling utama. Festival layang-layang ini sering digelar di hari libur. Jadi, gak usah khawatir bagi kalian penikmat weekend, yang bingung mau ke mana. Untuk tempatnya pun tidak menentu, sesuai yang diinginkan penyelenggara. Kadang di Pakuwon, kadang juga di Kenjeran. 

 ramainya fest layang-layang
 ikan terbang
Dalam festival tersebut banyak dihadiri peserta dari luar Surabaya, bahkan waktu itu saya menemui peserta dari warga negara lain. Wah hebat juga bukan? Para peserta berkesempatan menerbangkan layang-layang berjamaah. Ciyat, berjamaah. Untuk masuknya pun free, dan tidak ada biaya parkir. (Menyesuaikan keadaan). Dalam festival berlangsung bisa juga menikmati kuliner dari Surabaya. Hmmm, yuk agendakan liburanmu pergi ke Surabaya. Selain festival layang-layang setiap tahunnya selalu ada agenda menarik yang dirilis Pemerintah Kota Surabaya, seperti festival sepeda onthel, parade juang, parade bunga, dan masih banyak lagi!

Kedua, Menyaksikan Sunset di Surabaya North Quay
Surabaya North Quay merupakan destinasi terbaru pada tahun 2016. Surabaya North Quay terletak di Tanjung Perak, tepatnya di Pelindo III. Pelabuhan yang di mix dengan bandara ini ternyata banyak digandrungi oleh pemuda-pemudi. Jadi gak heran kalau weekend wisatawan membludak. Jadi, alangkah baiknya di weekday kalau ingin mendapatkan foto bagus, dan yang gak bocor, (BOCOR). Apalagi waktu musim kemarau yang lagi-lagi mendukung dalam mendapatkan foto bagus. Pasti kalian akan terkejut dengan panorama yang indah dengan latar kapal pesiar di hari Senin. Nah kan?? Gimana, minat? Untuk biaya masuk pun hanya dikenakan biaya parkir saja! Hebat!

 muda mudi menikmati Surabaya North Quay
 panorama di Surabaya North Quay
santai kayak di pantai
Dil lantai 3 selain bisa menyaksikan sunset juga bisa duduk-duduk di bawah payung berwarna-warni yang sudah disediakan di sana. Jadi, sembari menyaksikan sunset kalian bisa ngemil cantik khas Surabaya. Fasilitasnya pendukung pun sudah tersedia, seperti musholla, toilet, escalator. Jadi, wisatawan terpuaskan dengan apa yang ada di Surabaya North Quay ini.

******
Dalam sehari, tidak cukup untuk memuaskan diri hanya dengan 2 tempat wisata saja. Namun pastinya masih ada wisata lain yang lebih menarik, bisa dikenang, dan tak mudah dilupakan. Kemudian, nyanyi. Maka dari itu di Surabaya tidak cukup hanya sehari, karena masih banyak destinasi yang lain, yuk simak 👀👂
Ketiga, Menikmati Panorama di Jembatan Kenjeran Baru

Tempat wisata yang satu ini pun juga masih baru-barunya, sudah dibuka sejak satu tahun. Bagaikan bayi yang baru bisa jalan, masih lucu-lucunya. Dan selalu tetap lucu, eaaaa. Sebenarnya ada 3 hal yang tidak boleh terlewatkan ketika di Kenjeran, pertama Bulak, kedua Kenjeran Park, dan ketiga yang satu ini Jembatan Kenjeran baru.

 pagoda di kenjeran park
sunrise di Bulak (dok pribadi)

Di pagi hari jika ingin berburu sunrise bisa mengunjungi Bulak, yang mana tempatnya para nelayan berburu ikan di malam hari, dan pulang di pagi hari. Nah, ketika pulangnya para nelayan bisa dijadikan objek foto dalam sunrise.

Kemudian kalian juga bisa berkunjung ke Kenjeran Park, tempat wisata ini mendukung sekali jika untuk anak-anak. Karena tersedia kolam renang, selain itu tersedia pagoda yang besar, begitu juga terdapat Klenteng Sanggar Agung. Lengkap banget! 


Nah, yang dinantikan wisatawan adalah menunggu air mancur bergoyang yang hanya bisa goyang (BISA GOYANG) seminggu sekali tepatnya pada malam Minggu. Sedih kan, kalau udah jauh-jauh dan gak lihat air mancur warna-warni diiringi tembang khas Surabaya. 
 
siang di Jembatan Kenjeran Baru
menikmati sunset dari THP Kenjeran Baru


Keempat, Icip-icip Kuliner Khas Surabaya
Bicara soal kuliner, pasti sesuatu yang dinantikan si perut. Lelah dengan perjalanan mengunjungi beberapa destinasi wisata di Surabaya, saatnya kulineran. Di Surabaya banyak sekali kulinernya, dari sate Ondomohen, Soto Cak Har, Rujak Cingur, Semanggi Surabaya, sampai ke rawon. Hmm, enak semua. Tapi yang perlu diicipi terlebih dahulu adalah Soto Cak Har. Soto ini memang berasal dari Lamongan, tapi sudah mendunia sekali di Surabaya. Wisatawan lalu lalang ke soto yang dicampuri santan itu, rasanya gurih dan pastinya lezat. Pengalaman ngajak teman, dia sampai nambah, yes! Soto yang berada di Jl. Arif Rahman Hakim tersebut emang selalu ramai setiap hari, karena gak ada hari libur. Dan, harganya pun masih standar dari 15 ribu, tergantung pesan apa. Hmmzz. Nyam!

 soto Cak Har

 sate ondomohen
Selain soto juga masih ada Sate Ondomohen, sate yang diberi taburan kelapa atau srundeng ini juga banyak diminati wisatawan. Gak sia-sia juga ngajakin temen ke sini, dan dia gak kecewa. Dia kecewa gara-gara saya nyetir motor gak bener, jadi emang ya kalau banyak temen dari luar kota, jadi saya harus mempersiapkan mobil. Apalagi sewa mobil di Surabaya gak ribet. Noted!

Kelima, Hotel yang Unik sebagai Pelengkap
Hotel di Surabaya sudah banyak sekali, dan banyak yang unik, lucu, pastinya cozy bagi wisatawan. Dan, apalagi gak ribet ketika reservasi hotel karena sudah bisa booking online, yuhuu. Jadi ada beberapa hotel rekomendasi bagi wisatawan menurut saya, seperti ARTOTEL, Sheraton Hotel, kemudian Novotel, dan masih banyak lagi. Kebetulan pada waktu lalu teman saya pengin hotel yang lucu, dan memiliki unsur seni. Jadi, saya rekomendasikan ARTOTEL. 

                                                         bersama wisatawan di ARTOTEL

ARTOTEL                                                                                     
Dengan desain yang unik pastinya banyak wisatawan tidak kecewa. Apalagi hotel di Surabaya sudah ada di mana-mana, jadi lebih mudah untuk dijangkau. Hotel yang berada di Jl. Dr. Soetomo termasuk di jantung Kota Surabaya, mau ke mana aja bisa. Dan tidak ribet apalagi bisa sewa mobil untuk berwisata. Yippi!


Jadi, kapan mau berwisata ke Surabaya? Selamat berlibur ^ ^
Tabik, semoga bermanfaat 😉
 


You Might Also Like

7 comments

  1. Aya. Semangginya lupa dimasukkan ke bagian kuliner hits

    ReplyDelete
  2. Mbak lokasi sunsetnya asyik buat yang berpasangan. Bagi yang datang sendirian kasian, seperti terabaikan hahahahahah

    ReplyDelete
  3. waaaah! seru juga ya ternyata di sana, pan kapan mesti mampir nih.

    ReplyDelete
  4. Terus bagian kamu ngeyang mbok-mbok bakul Semanggi gak kamu masukin?

    ReplyDelete
  5. iyesss...pengen ke surabaya lagi tapi gmau anik kereta lah, lamaaa pisan kalau dari Jakarta

    ReplyDelete
  6. seru banget ya bisa melihat festival layang-layang..

    ReplyDelete

cewealpukat friends

Komunitas

WARUNG BLOGGER
bLOGGER reporter

Member Of

kumpulan-emak-blogger