Swastamita Balekambang, Permata di Pantai Malang Selatan

Sunday, November 12, 2017

Ada dua type manusia di dunia ini; si pemburu fajar, atau si penunggu senja. Ada yang rela bangun pagi dan melihat matahari terbit, pun ada yang menunggu sunset cukup lama, namun terlihat cuma sebentar. Tak jadi masalah untuk keduanya—karena yang menciptakan bahagia tidaknya adalah kita sendiri.

Sore itu kami tiba di Pantai Balekambang, berlokasi di Malang bagian selatan. Konon, sering dibanggakan sebagai Tanah Lot-nya Jawa Timur. Ya, hal tersebut dapat membuatku menganggukkan kepala. Karena memang benar-benar mirip, dan mengenang akan Pulau Dewata tersebut. Seketika turun dari mobil travel yang ku tumpangi, mata ini tidak berhenti kagum dengan jembatan di atas pantai yang menghubungkan daratan dengan pura. Sayang sekali, aku gagal mengabadikan kemolekan Balekambang ketika matahari belum luruh. Tak apa, mungkin hal tersebut suatu alasan untuk kembali lagi.
para pencari nafkah
Aku baru tahu, Pantai Balekambang terdapat 3 pulau kecil yang selalu menjadi sorotan wisatawan; Pulau Ismoyo, Pulau Anoman, dan Pulau Wisanggeni. Ketiganya terletak berjejer di tepi pantai, dan yang menjadi juara adalah Pulau Ismoyo, karenanya memiliki pura yang menjadi primadona di Pantai Balekambang.

Aku pun bergegas melipat sedikit ujung dari celanaku, dan berjalan di bibir pantai yang airnya semakin naik. Beruntung, ombak sangat bersahabat. Namun, aku memilih berjalan di bawah jembatan, dan mengabadikan ia yang ingin pulang. Padahal, jika sampai ketika matahari masih cerah-cerahnya, keberuntungan bisa ku dapatkan, karena dapat mengabadikan mereka yang sembahyang di Pura Luhur Amertha Jati. 
anggar in frame
Pura Luhur Amertha Jati
detik detik swastamita
Langkah kaki ini semakin cepat, menuju tengah, untuk mengabadikan foto dan menikmati, karena aku sadar, kamera yang ku pakai belum mumpuni untuk mengambil foto jarak yang lebih jauh. Tak apa, alat bukan suatu alasan untuk berekspresi, melainkan skill. 
Kawan-kawan sontak berteriak, "Buruan mendekat, lihat ia semakin kelihatan,". Dalam hati, ia benar-benar seksi, apalagi dilengkapi dengan siluet  si pemancing sebagai pemanis. Soreku cukup sempurna. 

Swastamita mulai terlihat, dimana matahari menghilang di bawah garis cakrawala di sebelah barat. Saat itu, semesta menunjukkan kesempurnaannya, langit kelabu yang perlahan menjadi jingga dengan perpaduan oranye.  Hati siapa yang tidak bahagia? Untuk mengabadikan, sesekali ku minta Jo membidikku, memang hasilnya bagus, sayang tubuhku yang berubah menjadi bantat, jadi tidak terlihat good looking. Dan akupun percaya, memang sejatinya kesempurnaan hanya milik Tuhan. Tidak masalah, setidaknya hasil foto si pria nomaden tersebut bisa memenuhi gallery foto di leptopku.
iklan pria bertopi
setelah iklan
Swastamita atau lebih akrab disebut senja pun datang perlahan, singgah sebentar, kemudian pergi sesuka hati, itu yang dilakukan setiap hari. Pantai yang patut kalian singgahi ketika ke Malang, tepatnya berlokasi  di Dusun Sumber Jambe, Bantur. Silakan singgah sebentar, temukan kebahagiaan kalian. 

LOKASI 
Terdapat di Dusun Sumber Jambe, Kecamatan Bantur, Malang. Akses dari Malang bisa ke arah Kepanjen. Pun bisa juga dari Gadang - Bululawang - Gondang Legi - Bantur - Srigonco - Pantai Balekambang. Lebih baik menggunakan kendaraan pribadi, karena angkutan umum sedikit sulit dan lumayan rumit. 

Shortips:
Tiket loket 5 ribu/ orang. Jangan datang ketika mendung tiba, apalagi hujan, niscaya kamu sulit menemukan keindahan, apalagi senja. Pakai pakaian yang kontras, cerah, jangan menggunakan baju hijau, silakan telusuri mitos menggunakan pakain berwarna hijau di pantai. Aku pun belum memahaminya.

Tabik,

Semoga bermanfaat

You Might Also Like

8 comments

  1. Ini sudah tahun ke empat di Malang,dan baru tahun ini juga main ke Balekambang. Dari dulu diajakin teman kesini rasanya ogah karena kayaknya udah mainstream banget.

    Eh tapi......masyaAllah deh yaaaa :)
    gak heran kenapa banyak bgt yg menjadikan pantai ini jujukan. Emang indaah!

    Saya sih datangnya jam 8 gitu, ombak sudha ganas2nya. Tapi waktu sore, baru deh kelihatan surutnya yang jaaauhhh sampai sana. Ombaknya jadi sopan banget >.<

    Memang indah, dna menawan :)
    anyway, salam kenal kak! ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa, Balekambang ternyata cantik juga eeeuyyyy
      jam 8, wadawww kayaknya lagi cakep2nya tuh

      Delete
  2. Akhirnyaaaaaa, untuk pertama kali aku lihat ada blogger lain memakai kata swastamita di blognya ahahahahaha. Eh atau jangan-jangan yg lainnya ada tapi aku kudet? Hihihihihi. Cakeeeeeeep.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkkwk sekali-kali yaa pake basa sansekerta, biar beda, menarik juga ternyata

      Delete

cewealpukat friends

Komunitas

WARUNG BLOGGER
bLOGGER reporter

Member Of

kumpulan-emak-blogger