18 February 2015

[LOMBA BLOG PEGIPEGI] – BAWA ADIK KE BUNAKEN, BANG!


            Tabik, Kawan-kawan....

            Hobi traveling? Iya. Hobi jalan-jalan? Iya. Pengin yang gratis? Iya. Mau pergi bareng Blogger Ambassador Pegipegi Alexander Thian? Mauuu! Setelah ngubek-ngubek blog, dan ngepoin akun twitter @pegi_pegi, saya jadi ingat banyak impian untuk jalan-jalan yang belum tercapai. Salah satunya ke Pantai Bunaken. Bunaken itu di mana, sih? Serius, gak tau? Nah, maka dari itu kita wajib kunjungi!

            Pulau Bunaken sendiri merupakan pulau seluas 8,08 km² di Teluk Manado, yang terletak di utara pulau Sulawesi, Indonesia. Dan, asal kalian tahu Bunaken itu ditetapkan UNESCO sebagai Situs warisan dunia pada tahun 2005, gimana? Kece, kan, Bang? Nah, jika saya pribadi asal dari Surabaya menuju Pulau Bunaken, yang jelas saya harus naik pesawat dan pesan tiket pesawat menuju Manado. Terus, di sana mau nginep di mana? Mau ngemper, tinggal di hotel, atau gak pakai tempat tinggal pun, asal sama @amrazing, Adik siap, Bang! Setelah sampai di Manado, saya harus menuju ke Pelabuhan kota Manado. Dan kemudian menuju Kepulauan Bunaken menggunakan kapal cepat (speed boat) atau kapal sewaan dengan perjalanan sekitar 30 menit.        

Di sekitar pulau Bunaken terdapat taman laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken. Pantai ini memiliki keanekaragaman hayati. Yang mana kita sebagai pengunjung bisa menikmati tingkat variasi bentuk kehidupan dalam, dan juga mengingat ekosistem hewan maupun tumbuhan. Di taman laut tersebut banyak orang yang tertarik dengan selam scuba yang mana melakukan alat pernapasan bebas, untuk menyelam di air dalam waktu yang cukup lama. 

            Apa menariknya sih, menyelam di Taman Laut Bunaken?

SUMBER FOTO
            Adanya daya tarik terumbu karang, flora, dan fauna di dalamnya. Kurang lebih ada 390 spesies tumbuh di area Taman Laut Bunaken ini. Yang mana, terumbu karang yang diyakini dalam membantu menghambat laju pemanasan global harus dijaga. Dijaga untuk menjaga keindahan, dan keutuhan ekosistem di dalamnya. Maka dari itu Taman Laut Bunaken ini terkenal sebagai perwakilan ekosistem tropis Indonesia.
            Keindahan terumbu karang sangat eksotis, dengan kehadiran kurang lebih 91 jenis ikan yang beranekaragam bentuk dan warna menghiasi laut tersebut. Gak salah, kalau saya memang benar-benar pengin snorkeling atau diving di dalamnya. Pengin tahu banget yang namanya underwater great wall atau dinding terumbu karang. Cihuy!

SUMBER FOTO
            Oh ya, jika saya benar-benar liburan ke Bunaken, saya tidak mau hanya sekadar snorkeling atau diving, apalagi hanya check in di Path. Saya ingin benar-benar liburan saya berarti. Karena, traveling ini memang benar-benar #BukanSekedarTraveling. Maka dari itu, tujuan saya yang pertama; Saya ingin mengeksplorasikan Bunaken, dan berbagi cerita ke public, kalau Bunaken memang tempat yang layak untuk dikunjungi. Itupun ketika kepulangan saya dari liburan. Kedua; Cara saya untuk berbagi cerita ke public dengan menulis di blog. Dengan menarik pembaca karena cerita saya, pasti pembaca juga punya impian pergi ke Bunaken dan mengunjunginya. Namanya juga ecotourism, jadi tujuan saya yang Ketiga; pasti saya ingin melestarikan kehidupan dan kesejahteraan penduduk setempat. Dan juga, saya ingin kelestarian Bunaken tetap utuh, maka dari itu dengan cara saya berkunjung ke Bunaken, Bang. 

            Sesuatu yang besar itu akan terwujud, jika kita mulainya dari sesuatu yang kecil dan dari dalam kita sendiri. Misalnya; mungut sampah di Bunaken, nah kan! Negur wisatawan yang datang, dan buang sampah sana sini, miris hati Adik, Kak. Jadi gimana, Bang? Kita jadi ke Bunaken? Semoga terwujud. Aamiin. :D

Tulisan ini diikut sertakan dalam Lomba Blog Pegipegi #BukanSekedarTraveling bersama @pegi_pegi dan @amrazing

Salam Traveling!

 



8 comments:

  1. kayaknya asik kalo berenang bareng Nemo.. hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan, asyik juga kalau ikutan lomba ini sampai bisa menang. :D

      Delete
  2. iya nih, lomba ini aku dah tahu kapan hari. tapi mentok banget, nggak ada ide :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan, yuk, Kak. Ikutannn, pasti kok, pasti ada ide, hueheh :D

      Delete
  3. dulu saya pernah tinggal di Sulawesi Utara tp belum pernah ke Bunaken huaaaaaaaaaaaaaaaaa :(
    moga lombanya sukses ya, sama2 ikut lomba :)

    ReplyDelete