20 March 2015

Sheraton Hotel and Thowers Surabaya [Hotel Peduli Lingkungan]

HOTEL SHERATON SURABAYA
          Sabtu,14 Maret 2015, tepat pada tanggal tersebut saya berkesempatan hadir untuk Earth Hour event di Hotel Sheraton Surabaya yang bertempatkan di Jl. Embong Malang 23-31 Surabaya. Perasaan campur aduk, antara senang dan bangga. Ya, jelas karena Sheraton adalah hotel berbintang lima yang didirikan pada tahun 1995 yang sekarang memiliki 348 kamar, berlantai 28, serta memiliki 10 meeting room, dan sudah termasuk 5 tempat (Kafe Bromo, Lung Yuan, Kawi Lounge, Link@Sheraton, dan tempat makan). O, ya, dan ada juga ruang tamu yang bisa menghadap ke panorama Jembatan Suramadu, dan ada kolam renangnya juga, lho. Wahhh!

LOBBY HOTEL SHERATON
CLUB LOUNGE
KAFE BROMO
KOLAM RENANG
 Dan wajib kalian ketahui sejak tahun 2009 Sheraton resmi bergabung dengan kampanye Earth Hour. Earth Hour itu apa, sih? Earth Hour adalah jam bumi, yang sebagaimana banyak sebagian dari kita sudah mengerti, sebuah kegiatan global yang diadakan oleh World Wide Funt for Nature (WWF) pada Sabtu terakhir di bulan Maret setiap tahunnya. Sebagaimana kegiatan ini berupa memadamkan lampu selama satu jam untuk kesadaran kita, perlunya tindakan serius menghadapi perubahan iklim. Dan, perlu kalian ketahui pada tahun ini Earth Hour akan digelar serentak di dunia pada hari Sabtu, 28 Maret 2015. Wahh, keren! Jika kalian ingin meningkatkan kesadaran diri kalian untuk menghadapi perubahan iklim, mari berpartisipasi untuk memadamkan listrik selama satu jam!

            Nah, yang ikut berkampanye dan berpartisipasi salah satunya adalah Hotel Sheraton Surabaya. Ya, jelas, Sheraton, kan hotel yang benar-benar ramah lingkungan. Hihihi. Sheraton juga memiliki pendekatan yang perlanjutan ke lingkungan. Tidak dipungkiri, jika hotel ini memang peduli lingkungan. Mengapa demikian? Karena, semua itu bertujuan untuk melestarikan sumber daya alam yang ada, meminimalkan limbah dan polusi, meningkatkan kualitas lingkungan ruangan, menetapkan dan melaporkan indikator-indikator utama kinerja lingkungan, serta meningkatkan kesadaran lingkungan hidup bagi karyawan, tamu, dan komunitas. 

            Nah, wajib kalian tahu (lagi) dalam penerapannya Sheraton Hotel and Towers ini melakukan pendekatan lingkungan melalui 3 kebijakan, di antaranya:

Pengurangan dampak lingkungan
“30/20 By 20” Maksudnya adalah; mulai tahun 2009 Sheraton memiliki tujuan dan sasaran jangka panjang; 30% pengurangan energi, dan 20% pengurangan air perjumlah kamar di tahun 2020. Sedangkan tujuan dan sasaran di tahun 2015 adalah 3% pengurangan energi per jumlah kamar dan 3% pengurangan air per jumlah kamar. Untuk mengurangi dampak lingkungan selain itu, juga melakukan kampanye konservasi energi, melakukan pengukuran terhadap emisi CO2, dimana emisi CO2 diisi berdasarkan kalkulasi pemakaian energi. 

Dan ada juga kebijakan yang kedua Manajemen Material dan Limbah; Apa sih yang dimaksud Manajemen Material dan Limbah? Penggunaan bahan non CFC. Sheraton menjalankan kebijakan F & B yang ramah lingkungkan. Dimana memprioritaskan pembelian produk dan supplier lokal, tidak menggunakan bahan makanan dari hewan-hewan yang dilindungi ikan paus dan sirip ikan hiu. Dan, di samping itu dalam manajemen material dan limbah ini mempunyai 3 implementasi 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle). Masih ada lagi, manajemen limbah B3; yang mana Sheraton telah memiliki TPS limbah B3 Yang berizin dari BLH (Badan Lingkungan Hidup) Surabaya. 

Nah, kebijakan yang ketiga ini bentuknya eksternal untuk pelanggan yang turut berpartisipasi untuk ramah lingkungan adalah Produk dan Pelayanan Ramah Lingkungan. Yang mana Sheraton mempunyai 3 produk dalam pelayanannya:

RECEPTIONIST


Yang pertama, ada program standar ABC yaitu; paket standard international  adalah Check-in, pembersihan, penggantian dan pelayanan dalam kamar). Yang kedua; Program Make a Green Choice, inovasi program layanan housekeeping ramah lingkungan (no water, no chemical water and less electricity) dengan mengajak partisipasi dari tamu tidak meminta pelayanan mengganti sprei, handuk, gelas, dan penggunaan penyedot debu di dalam kamar. Layanan ini berlaku untuk tamu yang menginap minimal 2 malam, dan maksimal 3 malam. Dan, SPG point diberikan kepada tamu sebagai reward keikutsertaan. Wahh, seribu tepuk tangan untuk Sheraton *plok plok plok...997x*

Eits, o ya, masih ada satu program lagi lho untuk produk dan pelayanan ramah lingkungan, program yang ketiga adalah; Suistainable Meeting Practice. Program inovasi ini bertujuan untuk mengurangi dampak dan penyelenggaraan pertemuan terhadap lingkungan. Maksudnya, gimana, sih? Pada program ini, tamu diajak untuk berpartisipasi untuk tidak menggunakan linen pada meja, dan kursi meeting. Selain itu, untuk keperluan meeting, hidangan, gelas, dan lainnya, diletakkan di belakang ruang rapat. Agar, para tamu bisa mengambilnya secukupnya. 


Maka dari itu, gak salah lagi kalau Hotel Sheraton Surabaya ini mempunyai banyak penghargaan dari manapun, salah satunya; dari Pemerintah Kota Surabaya, Sheraton Hotel and Thowers sebagai bangunan hijau kategori hotel. Hebat! Harapan kami, semoga Sheraton selalu berkomitmen untuk kinerjanya, salah satunya adalah sebagai hotel yang peduli lingkungan.



           

12 comments:

  1. Aayy, postinganmu lengkap bangeet. Iyaa konsep Hotel Sheraton sebagai eco hotel benar-benar diterapkan. Wah klo gak ada acara gini mana tau dalamnya gedung Sheraton yak haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Yun. Ayokk ajakin aku nginep situ ^ ^

      Delete
  2. wow "no water, no chemical water and less electricity" unt mengingap min 3malam kan yak, kalo lebih mgkn gatel2 kali yah hihihihi...scara kalo bubuk di hotel berantakan gk jelas bed'nya LOL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahahaha, Mbak Dwi, nanti ajakin babynya ke situ :D

      Delete
  3. Aiikkk acaranya keren bangets... aku kok ngga tahu ya ada undangan ini, ngga semua bloggers diundang ya... Artikelnya juga keren, komplit dan informatif. Jempol buat penulis dan Sheraton Surabaya :)

    Eh kalo hidangan di taruh belakang ruang, jangan2 peserta rapat/seminar malah ngambil banyak-banyak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Bu Titi, kalau sudah bintang lima pasti bagus, Bu.
      Hahahah, itu udah konsepnya Sheraton, Bu. Mau ambil banyak, dikit terserah tamu undangan. Hahaha :D

      Delete
  4. Sukaaaaa sukaaa sukaaaa ama postingan ini. Kerasa penghayatannya bingits #eaaaa #gaklebaygakasik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Berbi pasti lebainya gak asyik -_-

      Delete
  5. Replies
    1. Iya, keren banget, yuk nginep sini, yuk ^ ^

      Delete
  6. Belum pernah menginap di hotel semewah ini, pernahnya di hotel kelas melati :)
    Terimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga, suati hari dapat kesempatan ke Sheraton, aamiin. :D

      Delete