01 June 2015

Festival Jajanan Bango Surabaya Dipenuhi Pecinta Kuliner


LESTARIKAN KULINER NUSANTARA- FESTIVAL JAJANAN BANGO SURABAYA 2015
       (31/05/15) Festival Jajanan Bango hadir di Kota Surabaya di Lapangan Grand City yang bertepatan dengan kelahiran Kota Pahlawan ini. Festival ini hadir di Surabaya untuk kesepuluh kalinya. Yeay, meskipun kali pertamanya saya datang ke sini, saya tidak kecewa, malah beruntung. Bisa menikmati makanan yang terdapat di FJB 2015. Semua kuliner dari Sabang sampai Merauke ada di sini. Maka dari itu, penggiat kuliner pun tidak takut dengan panasnya matahari maupun antrian yang panjang untuk membeli kuliner yang disukainya. Harga makanan yang tersedia di sini berkisar Rp20.000. Kuliner yang ada di sini beranekaragam, mulai dari jagoan kuliner terbaik dari Timur, di antaranya; Coto Makassar Depot Paraikatte, Nasa Bakar Like Tidar khas Manado, Nasi Ayam Betutu, dan lain sebagainya. Ada juga jagoan kuliner terbaik dari tengah, yaitu; Rawon Pak Pangat, Bakso Urat Kikil Pak Kumis, Rujak Cingur Sedati Bu Nur, dan lain-lain.
 ANTRE MASUK
RAME, TAPI PERUT KENYANG

Di sini terdapat stand yang mana bermacam-macam makananan Nusantara dihidangkan, namun hanya untuk difoto. Tidak boleh dipegang, inget ya, jangan dipegang apalagi dimakan. *Kalo mau pegang, sini pegang aku sahaja, kikiiikiikk*. Banyak sekali makanan yang dihidangkan, mulai dari pempek, rawon, soto, dan lan-lainnya. Pengunjung, seketika menjadi food photography. Hahaha, karena dengan makanan yang ada disini, yang sebelumnya kita tidak tahu, semoga menjadi tahu dan tidak lupa mengabadikan foto tersebut kemudian menghapal nama makanan itu. Bayangkan saja, Indonesia terbentuk dari beribu-ribu pulau, bagaimana menghapalkan makanan Nusantara sebanyak ini? OMG!

ACAR KUPANG - NUSA TENGGARA TIMUR
 KENUS MEBASE - BALI
STAND MAKANAN HANYA UNTUK DIFOTO
            Sedangkan legenda kuliner juga ada lho, di antaranya; Tahu Tek Telor Cak Kahar Surabaya, Mie Kocok Mas Edi Cirebon, Mie Aceh Sabang, Nasi Pindang Pak Ndut, Lontong Balap Pak Gendut Surabaya, dan lain sebagainya. Bukan hanya itu saja, di Festival Jajanan  Bango juga tersedia Jagoan Kuliner World Street Food Congress, yaitu; Ayam Taliwang, dan Kupat Tahu Gempol. Wah, pasti nikmat bukan, jika semua bisa dirasakan oleh lidah kita.
LELAKI BERKACAMATA HITAM MAS ARIE PARIKESIT
RUJAK CINGUR SEDATI BU NUR

 STAND BEBEK KALEYO

MI KOCLOK MAS EDI CIREBON

            Banyak sekali pengunjung yang rela mengantre lama, demi makanan kesukaannya. Misalkan di stand Bebek Kaleyo, Ayam Bakar Taliwang, Martabak Mesir, Mi Koclok, dan lain sebagainya. Meskipun stand terlalu sesak dengan pengunjung. Di Festival Jajanan Bango Surabaya ini juga menyediakan tempat bermain anak, tempat untuk Ibu menyusui, dan toilet pun juga disediakan. Maka dari itu, pengunjung rela berpanas-panasan di FJB 2015. Bukan hanya melebarkan diameter perut, melainkan juga untuk mengabadikan momen, Guys. Saya pun masih tak mau kalah dengan pengunjung lainnya. Rela berpanas-panasan foto bersama Mas Arie. Hehehe ^ ^

             Tidak hanya jajanan kuliner saja yang ada di sini lho, melainkan banyak sekali pertunjukan yang menarik untu dilihat, seperti Reog Ponorogo. Di Festival Jajanan Bango pun dihadiri oleh CEO Kelana Rasa yaitu, Mas Arie Parikesit. Begitu juga dengan pengunjung event inipun tidak hanya dari Kota Surabaya, dari luar kota pun ada; dari Sidoharjo, Lamongan (saya), Ponorogo, dan lain sebagainya. Untuk stand-stand yang ada di sini, dari stand untuk ibu menyusui, tempat bermain anak, stand foto, dan lain sebagainya sangat lengkap. Untuk kebersihannya pun sudah terjamin bersih, karena petugas kebersihan yang cekatan. Bukan hanya cekatan, meainkan ramah juga. Hihihihii. Ini yang membuat pengunjung senang dengan Festival Jajanan Bango Surabaya 2015.

 NARSIS BERSAMA MAS ARIE ^ ^

DIPERAGAKAN OLEH MODEL
 TERDAPAT TEMPAT BERMAIN ANAK DI FJB 2015
 TERSEDIA TOILET UMUM DI FJB 2015
TERSEDIA TEMPAT CUCI TANGAN

                 Harapan besar dari pecinta kuliner, agar Indonesia dapat melestarikan kuliner yang ada di Indonesia. Jangan hanya asal makan dan masuk perut saja, tapi lestarikan wisata kuliner di kotamu.


"Pilih makananmu seperti kamu memeilih pasanganmu -"

Semoga bermanfaat. ^ ^

Tabik, Kawan 









20 comments:

  1. Kemudian, model bangonya pakai penutup hidung gitu? *kemudian ditoyor aya*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayoolhoo, kakak gak boleh rese sama adeknya >,<

      Delete
  2. Wuduww quote terakhirnya gak nahaan... haha.. klo gitu pilih makananmu sesuai bibit bobot bebetnya :D

    ReplyDelete
  3. enak2 nih makanannya..tinggal dipilih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bumiiil, tinggal piliihh kalo lagi makan di sini wkwkkwk

      Delete
  4. Cepet bgt mbak udah nulis aja.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kibas-kibas rambut, rambut ketiak. HUH

      Delete
  5. Hiks hiks... Aku melewatkan acara sangaaaarrr iniiih
    Kok aku enggak dapet undangan buat blogger yak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Next time yaak :D

      Kujuga dari dedek rosy hahahah

      Delete
    2. Wah, dedek rosy eksis sekaliiih.. :D

      Delete
    3. Ada yang panggil2 namaku nih?

      Delete
  6. Au pernah dateng dua tahun lalu apa tiga tahun lalu ya, yang di Semarang. Ruame banget yaa, pilihan makanannya banyak.

    ReplyDelete
  7. Naaaah... mantep tuh nguleg di layah segede lapangan bola :))))

    ReplyDelete
  8. Itu seriusan cuma buat difoto? :D
    Pingin Coto Makassar euy!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adaa kok yang bisa dibeli hihiihihi

      Delete
  9. Hari minggu ini gantian di Jakarta, Aya.. :)
    Gak sabar cicipin makanannya..

    ReplyDelete