01 July 2015

Bedug Asyiiik Jombang 2015 Diramaikan Five Minutes

BEDUG ASYIIIK 2015
       Bedug Asyiiik Jombang 2015 Diramaikan Five Minutes – Dulu semasa kecil saya ingat sekali dengan  bedug yang biasa ditabuh anak-anak kecil di kampung. Mereka beramai-ramai menaiki truk sembari membawa bedug. Kemudian dibawa ke pusat kota untuk mengikuti festival bedug. (Saya mah cuma ngelihatin doang hihiihi) Sama dengan perayaan Festival Bedug Asyiiik di Jombang yang dilaksanakan di Lapangan Desa Blimbing Desa Gudo pada Sabtu 27 Juni 2015. Berbagai komunitas setempat berkumpul dan menunjukkan kekompakan serta kreativitas mereka dalam menciptakan harmonisasi alat musik tabuh yang menghibur warga. Nah, ramainya penampilam mereka bersama Komunitas Raja Bedug serta seniman lokal lainnya semakin menambah kental kualitas pertemanan yang terbangun. Bedug Asyiik tahun ini pun digelar dalam format rangkaian kompetisi seni tabuh yang merangkul 14 kota yang ada di Indonesia, termasuk Jombang ini. Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan talenta orang-orang yang memiliki bakat terhadap bedug ini.
PINTU MASUK BEDUG ASYIIIK
HANYA UNTUK SEUMURAN SAYA 18 TAHUN KE ATAS
JOKO GOMBLOH
       Di event ini pun didatangkan seorang pengamat seni dan budaya yaitu; Joko Gombloh, beliau pun mengatakan, “Dalam sejarahnya, salah satu fungsi bedug adalah sebagai penanda berkumpulnya sekelompok masyarakat untuk berbagai upacara atau perayaan. Hal itu pula yang dirayakan melalui Bedug Asyiiik 2015 kali ini, sesuai dengan karakter masyarakat Indonesia yang suka berkumpul atau guyub. Sesuai dengan semangat pertemanan yang diangkat Sampoerna Kretek pada tahun ini, seluruh peserta kompetisi di Bedug Asyiiik 2015 mendapat kesempatan untuk mengekspresikan semangat pertemanan mereka melalui tabuhan bedug yang mereka ciptakan bersama.” Begitu katanya yang juga menyaksikan Bedug Asyiiik ini.
ARENA ASYIIIK
TAP TAP BEDUG
POJOK KEDAI ASYIIIK
PESERTA MENIUP BOLA 
LABIRIN ASYIIIK
      Eits, di Bedug Asyiik ini tidak hanya bedug saja lho, banyak juga tenda-tenda yang didirikan untuk meramaikan pertunjukan ini, misalnya; Arena Asyiiik, Pojok Akik, dan lain sebagainya. Peserta pun sangat riuh untuk mengikuti beberapa kompetisi yang menyenangkan, dari Tap tap Bedug, Mobil Asyik, Bola Mudik, Labirin Asyiiik, dan lain sebagainya. Dan tak lupa juga Bedug Asyiiik ini ditutup oleh band yang saya kagum-kagumi. Cicicruitt, plok plok plok. Yaitu; Band Five Minutes. Astaga, personilnya kinyis kinyis. Mereka pun manggung sembari menyanyikan lagu yang saya sukai yaitu; Aisah.
Aisah telah pergi, pergi meninggalkanku

Mungkin suatu hari nanti kau kan datang untukku
Kapankah kau kembali, kemali tuk diriku lagi
Mungkin setahun lagi atau kau takkan kembali tuk diriku lagi
MANTAN AKU (YANG TENGAH)
PESERTA PENABUH BEDUG
MAS MANTAN
MAS CALON
PENGUNJUNG

       Ternyata Five Minutes ini juga pernah lho mengikuti lomba bedug di kampungnya dulu. Nah, kan? Duh, Bang, pukul hati Adek saja lah, Bang. Jangan mukulin bedug. Dan, para Fivers (Sebutan fans dari Band Five minutes) dari berbagai daerah pun datang, mulai dari Ngawi, Ponorogo, dan lain sebagainya. Eits, yang bisa mengikuti event ini hanya untuk 18 tahun ke atas. Ya, untung aja umur saya 18 tahun, jadi masih bisa masuk di Festival musik yang berasal dari Tiongkok dan India ini. Hihihi ^ ^
KLENTENG HONG SAN KONG (YANG TENGAH MODEL)
WAYANG POTEHI
YAYASAN PO TEE HIE
      Nah, bedug ini juga sebagai pengiring Barongsai, Guys! Yang mana sebagai perayaan Tahun Baru China. Nah, di Jombang ini ada lho tempat untuk melestarikan kebudayaan ini. Tempat untuk membuat Wayang Potehi, tempat untuk pertunjukan Wayang Potehi, dan juga tempat ibadah orang China. Hayo, apa? Yap! Klenteng, yang namanya Hong San Kiong. Di Yayasan Poo Tee Hie ini ada ketua yang sangat paham dengan Wayang Potehi ini yaitu; Pak Toni. Wayang Potehi yang dimilikinya lebih lengkap lho, dari koleksi Wayang Potehi yang dari Tiongkok dan Singapura. Warrrbyaasaakk! Nah, maka dari itu, peran bedug pun sangat penting untuk pertunjukan yang diadakan orang China.

     Warbiyasaakk, perjalanan saya di Jombang meskipun cuma sehari, tapi mengagumkan! Mengikuti rangkaian event ini jadi berasa masih sepuluh tahun lebih muda. Wekawekaweka.

Tabik, Kawan ^ ^




4 comments:

  1. Mas calonnya gak nguati *sikuuuuut :)))))))

    ReplyDelete
  2. Wooo ada mas mantan, ada juga Mas Calon.. awaas kena sikut komentar diatasku :))))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkwk sikut2an enak koyoke iki mbak yun :)))))

      Delete
  3. wah, keren juga ya kegiatan ini, mantap

    ReplyDelete