10 October 2015

‘Kete Kesu’ Salah Satu Wisata Megalitikum Terpopuler di Sulawesi Selatan


Mendarat di 'Kete Kesu'
‘Kete Kesu’ merupakan wisata megalitikum di Sulawesi bagian selatan – hah, kaget saya bisa berkunjung, menginjak, sekaligus mengetahui sejarah yang ada di ‘Kete Kesu’ Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Bayangin saja, saya srikandi dari Jawa nginjekin kaki di Sulawesi, kaget, dan mangap! Kagum sama sejarahnya, ya salah satunya di ‘Kete Kesu’ ini. Baru tahu, tempat ini adalah desa wisata yang ada di Tana Toraja. If you know, guys di dalam ‘Kete Kesu’ ini ada banyak peninggalan purbakala yang mana ada kuburan yang berupa batu, usianya udah ratusan tahun. Eh busett. Rata-rata kuburan di sini masih apik, dan unik. Di dalam ‘Kete Kesu’ sendiri ada padang rumput dan padi, eh ada sawahnya juga ding, hihihi yang mana mengelilingi Tongkonan, rumah adat di Toraja. Tongkonan ini bentuknya unik, gaes, kenapa? Iya bentuknya mirip seperti kapal. Orang Sulawesi mah keren-keren yaa, rumahnya dari kayu. *nikah sama orang Sulawesi saja ahh, unik* Lahhh. Lanjut ke Tongkonan, jadi rumah ini menyimpan banyak warisan leluhur, misalnya nih; koleksi benda kuno dari adat Toraja, senjata tajam, keramik, patung, ukiran, sampai tempat pembuangan tinja pun masih ada, ehehhe. Orang Toraja mah sama benda aja merawat, apalagi sama pasangannya, eaaa.
si cantik dari datsun
Menuju Erong
kalo lagi serius gemesin, ehe
Saya masih penasaran dengan ‘Kete Kesu’ ini, kemudian saya menelusurinya bersama tim Datsun Risers Expedition untuk menuju ke dalam. Wah, ternyata bukan luarnya sahaja yang keren. Ada yang lebih keren di dalam. Yap, saya sang bidadari dari surga mengetahui patung replika yang menyerupai orang yang sudah meninggal, akrab disebut ‘Tau tau’. Nah, wajib kalian tau manis, patung-patung ini biasanya mengenakan baju yang ia sukai semasa hidupnya.
Pusat oleh-oleh di Kete Kesu
Menuju Goa
Tau tau
Tau tau
Setelah memahami apa arti tau tau, kemudian kami masih menuju ujung ‘Kete Kesu’ ini. Wah, gaes di ujung ini ada juga goa yang di dalamnya masih terdapat kuburan-kuburan leluhur. Nah, kuburan yang biasanya ada di dinding-dinding goa ini disebut dengan ‘Erong’ Padahal seperti biasanya kuburan itu banyak yang terbuat dari batu, namun masyarakat Toraja membuatnya dengan kayu. Dan, setiap daerah memiliki kepercayaan tersendiri, ya salah satunya di Toraja ini. Maka dari itu, keletakkan Erong ini sesuai kepercayaan masing-masing. Saya mengagumi adat dan budaya dari Masyarakat Toraja, mereka memperlakukan orang mati dengan baik sekali, karena mereka juga beranggapan akan menerima kebaikan pula dari orang lain. So, gaes itulah Indonesia, meskipun adat, budaya, kepercayaan, kulit, hingga warna rambut kita berbeda-beda, kita masih tetap satu. Yap, hidup Bhineka Tunggal Ika.

Iya, kayak aku sama kamu memiliki perbedaan, tapi pada akhirnya menyatu juga, ehee. Keep exploring, guys! ^ ^

Tabik, manis [Titik dua bintang} ^ ^ 

15 comments:

  1. Hiiiiy mak, agak mistis juga ya, tuh kalau di jawa dah heboh tuh

    makasih ya sharing nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, Makkk tapi bikin seneng eheheh

      Delete
  2. aduha syiknya, rumah toraja itu memang eksotis ya dan kearifan lokalnya luar biasa

    ReplyDelete
  3. Kete Kesu ini tempat yang keren buat mengenal peradaban. Gak nyangka ya Indonesia punya tempat seperti ini dimana penduduknya masih memegang erat budaya nenek moyang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uhuk* Iya Bu Junii, saya bangga bisa mengetahui peradaban di 'kete kesu'

      Delete
  4. sayangnya tempat ini kalau tidak salah sudah tidak difungsikan lagi,,ga sempet ke goa londa yah

    ReplyDelete
  5. ngeliat signboard KUBURAN seketika *pura2ngilanggkngeliat* hahaha sereeem, untung siang yah berkunjungnya coba pas deket2 jam 5-6 gt hihihi :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastii dehh, sensitip sama yang horor ehehehhe

      Delete
  6. foto bukit2 yg ada kuburannya kurang, Ayy.. aku kemaren minta si mas kesana gak mau, kejauhan soale.. kalo di sini cocok buat foto prewed kagak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak ada buanyak stok foto bukit2 yang ada kuburannya, tapi gak tau aku kok takut ngepost. Jangann mbak, jangan prawedd di sini hahahhaa

      Delete
  7. toraja .. salah satu destinasi impian saya ... kerennn
    nabung2 ... mesti kesana ...

    ReplyDelete