10 October 2015

Tugu Pahlawan, Wisata Sejarah Murah di Surabaya

Tugu Pahlawan Surabaya, Wisata Sejarah Termurah di Surabaya - Tugu Pahlawan merupakan salah satu iconic dari Kota Surabaya. Saya sendiri asli Lamongan yang merantau ke Surabaya, membuat saya penasaran apa sih, wisata yang terkenal di Surabaya. Yap, sudah tidak diragukan lagi Tugu Pahlawan salah satu wisata sejarah yang terkenal di Surabaya. Tugu pahlawan ini terletak di Jl. Pahlawan Kota Surabaya. Mudah sekali mencari alamat Tugu Pahlwan ini, jika sempat nyasar seperti saya tinggal nanya orang pasti mereka banyak yang tahu tentang Tugu Pahlawan ini. Tugu Pahlawan ini adalah salah satu monument yang dibangun untuk memperingati jasa pahlawan yang bertempur mempertahankan kemerdekaan Indonesia di Surabaya. Guys, asal kalian tahu sebelum Tugu Pahlawan dibangun , pada masa colonial di areal itu terdapat bangunan Raad Van Justitie atau gedung pengadilan milik Pemerintah india Belanda di Surabaya. Nah, saat Jepang menduduki Indonesia, gedung tersebut diubah namanya menjadi Kenpetai dan kemudian berubah fungsi menjadi markas tentara Jepang. Di lokasi tersebut pada tanggal 23 September 1945 arek-arek Surabaya berdatangan untuk menjalankan rencana merebut kekuasaan Surabaya dari pemerintah Militer Jepang.
Tugu Pahlawan
Patung Soekarno-Hatta

Batu peresmian Tugu Pahlawan
Dan, kemudian pada saat ini di areal Tugu Pahlawan dibangun taman yang hijau nan asri untuk kenyamanan pengunjung. Disamping itu juga dihiasi patung-patung pahlawan serta berbagai peralatan perang yang dipakai saat masa pengusiran penjajah. Dan selain itu juga terdapat bangunan bawah tanah yang dijadikan museum. Museum itu berbagai dokumentasi saat masa pertempuran sebelum dan sesudah 10 Nopember 1945.
Piramid Museum 10 Nopember
Pintu Masuk Museum 10 Nopember
Perpustakaan di Museum 10 Nopember
Beberapa patung pahlawan
exit
O, ya asal kalian tahu untuk masuk ke museum 10 November hanya membayar Rp5.000 saja dan jika kalian masih remaja, pelajar, atau mahasiswa yang kinyis-kinyis dengan menunjukkan kartu pelajar atau kartu mahasiswa maka harga tiket masuknya free. Wahh, gimana? Enak bukan jadi anak muda, eh. Dan jam buka museum adalah setiap hari. Di sana juga ada guide yang mentgantarkan kalian sekaligus menjelaskan tentang seluk beluk musem 10 Nopember. Ketika memasuki museum ini pasti kalian dikejutkan dengan tulisan “Merdeka atau mati” yang di bawahny ada patung pahlawan Indonesia sambil membawa senjata demi memperjuangkan Indonesia. O ya, museum 10 Nopember ini dibangun pada tahun 2000. Dan museum ini tergolong unik, Surabaya rasa Mesir. Ha? Kenapa? Karena museumnya berbentuk piramida. Dan jika kalian memasuki museum ini pasti akan mendapatkan banyak sejarah dari Surabaya. Karena di setiap sisi atau ruangannya banyak tulisan, patung, yang menjelaskan tentang sejarah pahlawan di Surabaya. Wah tidak hanya itu, di museum ini juga ada perpustakaan untuk pengunjung. Dan juga ada beberapa diorama statis yang berisikan patung-patung pahlawan Indonesia beserta rekaman suara ketika penjajahan. Dan juga kalian bakal tahu peralatan apa saja yang digunakan ketika masa penjajahan. Wahh, keren bukan kalau jalan-jalan ke sini, menambah wawasan sejarah plus plus. Iya, plus murah. ^ ^


Tabik, 

6 comments:

  1. Aq terakhir kesitu zaman SD pas study tour hahaha masih ingusan. Sayang wes tuek ya, jadi diriku harus bayar 5000 :(

    ReplyDelete
  2. Aku pernah ke sini ama sidqi. Iyah, keren :)

    ReplyDelete
  3. Budheku rumahnya dekat ama Tugu, di daerah Dupak Jaya. sayangnya aku belum ke sini :-(

    ReplyDelete