19 October 2015

Meskipun Masih Muda, Mengelola Keuangan dengan Bijak, itu Penting!

investasi yuk, Mas ^ ^
Meskipun Masih Muda, Mengelola Keuangan dengan Bijak,  itu Penting – sempat mengikuti seminar  jumpa blogger Sun Life, mengenai  “Bijak Dalam Mengelola Keuangan” pada 12 September 2015 di Artotel Surabaya. Tatkala itu, saya dari dulu memang malas namanya mengelola keuangan dan segala tetek bengeknya. Sampai Ibu saya pun setiap hari bahas tentang uang, uang, uang. “Nak, jangan boros-boros, nabung, nabung,” Iya telinga saya sampai hafal, apa yang bakal diucap Ibu, kelak. Delalah, kok ada seminar seperti ini. Awalnya, sih gak yakin, karena saya ini orangnya paling anti sama seminar apalagi tentang mengelola uang. But, suatu hari sebelum mengikuti seminar saya niatkan dulu, semoga seminar tersebut bermanfaat.
Pak Alviko
Yap, saya pun memasuki Artotel, registrasi, dan kemudian duduk manis, menanti narasumber yang kinyis-kinyis. Dan, tampaklah pria dengan wajah berseri-seri tersebut yaitu; Alviko Ibnugroho. Haa, orang ini emang super ketika menyampaikan materi. Audience dicekoki berbagai macam pertanyaan, pengalaman, jawaban, dan segala macam tentang keuangan. Saya pun, mulai mangap. Dalam hati, bener juga emak gue ngomel-ngomel mulu kalau gue borosnya minta ampun. Mak, thanks, love you pokoke.
pesertanya membludak
Banyak sekali ilmu tentang mengelola keuangan yang diberikan oleh Alviko ini, nah salah satunya nih. Pada dasarnya sirkulasi kehidupan tuh yang kayak gimana sih? Nah, baca yak. Mulai usia 20 tahun, kayak saya yang saya dapat adalah, punya banyak waktu tapi sedikit uang. Wahahha, yak akuuu banget. Selanjutnya, buat kalian yang usianya 30-35 tahun punya cukup waktu tapi sedikit lebih banyak uang. Iya, apa iya? So, buat kalian lagi nih yang usia 40-50 tahun punya sedikit waktu, tapi banyak uang. Nah, bener tho??

Nah, maka dari itu gaes Pak Alviko menyampaikan “8 Dosa Sifat Manusia dalam Mengelola Keuangan”, untuk masa depan kalian, simak yuk ^ ^

1.   Dosa Pertama [Terperangkap Mitos Masyarakat]
Mitos masyarakat pada dahulu kala missal seperti menjadi karyawan akan lebih menyenangkan daripada nganggur. Lah, ya jelas dong. Apalagi manusia yang tidak peduli angka-angka termasuk uang. Nah, itu yang bahaya! Banyak yang lebih baik memikirkan karya dan keuntungan daripada memikirkan membangun kekayaan.
Duhh, jadi tenang ada solusinya, kita harus membuang jauh-jauh mitos tersebut. Kita harus membuat diri kita berbeda, dan juga bertindak berdasarkan financial. Yap, gimana?

2.   Dosa kedua [Memilih untuk Buta Financial]
Asal kalian tahu, mengapa masyarakat buta financial? Yap, itu karena mereka tidak mempunyai waktu untuk belajar tentang masalah keuangan dan juga tidak tertarik pada masalah financial. Yasalam, gue banget. -_-
Adapun solusinya, jadi kita harus meluangkan waktu untuk membaca sesuatu tentang “uang” jangan malah jajan mulu. Kayak aku, duh. Menggaji diri kita, yapp berwirausaha.

3.   Dosa Ketiga
Manusia cenderung berjuang demi bertahan hidup, bukan berjuang demi keinginan hidup. Hahh, dosaa gaes, dosaa! Jadi, solusinya bayangkan hidup kita sesuai dengan apa yan kita inginkan, bukan sebagaimana adanya sekarang. Berani ngambil risiko untuk mewujudkan impan. Yakk, bener bangett!

4.   Dosa Keempat [Tidak Menetapkan Target Financial]
Lah ini, target financial itu penting banget. Gaji berapa, pengeluaran berapa. Malahan sekarang banyak pengeluarannya. Banyak yang ribet dengan jumlah tabungan saat ini dan jumlah yang dibutuhkan untuk mencapai visi. Nah, tuh seharusnya menerapkan MBE (Manajemen by Amplop). Yap, maka dari itu solusinya buat target financial.

5.   Dosa Kelima [Tidak Memprioritaskan Kemakmuran Financial Anda]
Ya Tuhan, ini aku banget. Hahahha, suka banget jalan ke sini ke situ, Cuma memprioritaskan keinginan daripada kebutuhan. Dan solusinya kita harus menjadwalkan waktu untuk mengejar kekayaan. Jangan ngejar jodoh mulu. Eh. Gunakan waktu sebaik mungkin, jadilah egois untuk diri kita demi kekayaan.

6.   Dosa Keenam [Tidak Menggunakan Uang dengan Bijaksana]
Bang, eneng khilaf :'( [sumber]
Nah lho, siapa yang sering terperosok dalam hutang susah bayarnya. Hahaha. Membuang uang hanya untuk sia-sia, beli baju ini baju itu, liburan yang kayak orang kekinian, dan terperangkap tulisan yang berlabel warna merah di mall, yaitu DISCOUNT.
Solusinya, gunakan uang tunai jangan nggesek mulu. Kembali lagi ke MBA. Mending jangan belanja ketika emosi tidak stabil. Berdoa sebelum masuk mall, makan dulu sebelum masuk restaurant mewah, dan buat daftar belanjaan. Hihihi.

7.   Dosa Ketujuh [Tidak Membuat Anggaran]
Maka dari itu harus paham dengan rahasia membuat anggaran, mendapatkan ketenangan. Atur cash flow, hemat bukan berarti pelit, dan hemat saja tidak cukup lho. Begitu juga membentuk kemapanan, yaitu; anggaran= hidup tenang= mapan financial.
Nah, solusinya, buat anggaran gaes! Pos pengeluaran, missal tabungan investasi, cicilan, kebutuhan rumah tangga, makan, transportasi, kesehatan, utang, dll. Nah itu kita harus paham dengan berapa persen anggaran dan pengeluarannya. Wahhh!

8.   Dosa Kedelapan [Tidak Melakukan Investasi]

investasi, sekecil apapun itu [sumber]
Wahh, ini bahaya banget. Pantes Ibuku kalau dapat uang secuil langsung keluar masuk toko emas. Makk, kau hebat Makkk. Penting banget kita investasi, demi kelangsungan hidup kita juga. Jangan cuma ngemall dan ngemil. Investasi sejak dini! Mari jadi pribadi yang baik, dan investor yang baik.

Jadi gimana, mau mengelola uang dengan bijak, kan gaes? Apalagi yang masih kinyis-kinyis kayak saya, meskipun dapat gaji pas-pasan, kudu nabung buat nikah dan sewa dangdut. Lahhh. Yes, utamakan berinvestasi! Gak usah khawatir, sekarang berinvestasi itu mudah, apalagi dalam Sun life Financial sekarang hadir Sun Life Financial Syariah. Nah, piye? Enak jamane kita, tho?

Kesuksesan Anda adalah kesuksesan keluarga. Keputusan Anda adalah keputusan keluarga. Masa depan Anda adalah masa depan keluarga. Anda adalah harapan keluarga.
“Buatlah perubahan yang sangat besar”-

Semoga bermanfaat, tabik ^ ^



9 comments:

  1. Bukan bertahan hidup tapi mewujudkan keinginan hidup.

    Btw, makasih udah share dosa dosa ini ya. Bikin sadar sama kelakuanku. Hmm saatnya investasi.

    ReplyDelete
  2. dari sekarang saya mau rajin menabung buat bekal nanti masa depan he

    ReplyDelete
  3. uhuy..cewek cantik nggak boleh memble ama diskon... :)

    ReplyDelete
  4. Nyesss banget nih,, masih belum tertata nih keuangan,, thanks infonya mbak,, ntar dicoba ditargetkan,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiyaahh, harus ditata mas, kayak nata hati, lahhhh
      Iya, sama2, Mas :D

      Delete
  5. aaak sharenya menohok sekaliiii...terima kasih yaa, penampilannya keren deeh...

    ReplyDelete