02 December 2015

Pesona Keindahan Gua Mahakarya di Pulau Gili Iyang Menarik Perhatian Wisatawan


Pesona Gua Mahakarya Pulau Gili Iyang – banyak yang bilang ketika liburan bingung untuk memilih destinasi yang cocok untuk disinggahi. Jangan khawatir, di Madura kalian akan terkejut melihat banyak tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi, salah satunya Gua Mahakarya yang terdapat di Pulau Gili Iyang, Sumenep, Madura.
 hati senang walau naik dorkas
Siapa yang tak kenal dengan Pulau Gili Iyang yang berada di Sumenep, Madura. Pulau yang terkenal dengan memiliki oksigen terbesar di dunia. Tidak hanya itu, di pulau tersebut juga memiliki destinasi wisata yang cocok untuk pecinta alam, salah satunya Gua Mahakarya. Gua ini ditemukan di pekarangan rumah warga, dan konon gua ini pada dulunya terkenal dengan tempat masuk keluarnya babi hutan. Namun, nama Mahakrya sendiri dari warga yang tinggal di tempat tersebut.

Untuk mencapai ke pulau ini tentu kalian harus mengarungi lautan kurang lebih satu jam. Setelah mendarat di Pulau Gili Iyang kalian akan disambut panas yang menyengat, namun masih terasa dingin karena oksigen di sini sangat mendukung. Kemudian kalian bisa menggunakan transportasi ‘dorkas’ atau yang biasa digunakan untuk mengangkut tabung LPG yang 3Kg, ehe. Akses jalan di Pulau Gili Iyang sudah mulus, tapi kembali ke transportasi yang sangat terbatas, jadi jangan banyak mengeluh! Tetaplah berjalan ^ ^
akses jalan menuju goa 
Hanya berjalan menggunakan dorkas dalam waktu tidak sampai satu jam, kalian akan disuguhkan dengan keindahan Gua Mahakarya yang masih terkenal alami, karena stalaktit dan stalakmitnya masih hidup. Jadi sangat disayangkan jika gua yang masih alami ini disia-siakan apalagi dicoret-coret dengan tangan jail si manusia yang tidak bertanggungjawab. Ketika kalian memasuki Gua Mahakarya, jangan khawatir karena ada pemandu jalan yang mengantarkan kalian ke tempat tersebut. Lebih baiknya siapkan lampu senter untuk memasuki gua mahakarya. Selain itu, guide di sini juga sangat ramah akan menjelaskan pada kalian sejarah gua tersebut. Maka dari itu, tak heran jika sudah ada beberapa wisatawan mancanegara yang bertandang ke Gua Mahakarya.
guide
 duh, serem -_-
Senang sekali, saya Zubaedah dan para blogger plat M berkesempatan mengeksplor Sumenep, slah satunya Gua Mahakarya dengan didampingi oleh dinas pariwisata Sumenep. Banyak sekali pelajaran yang didapat ketika menjamah Gua Mahakarya tersebut, karena ada beberapa pelajaran yang layak kita pelajari. Mulai dari kepercayaan, adat, bahasa, dan lain sebagainya.
tempat paling asyik untuk ngeksis
Jadi, gimana? Kalian kira Sumenep hanya daerah terpencil yang tak punya apa-apa, wah salah besar! Sumenep banyak sekali memiliki surga yang tersembunyi. Jadi, tunggu apalagi? Orang pintar, pasti tahu bagaimana mengeksplor yang baik, tanpa buang sampah sembarangan, tanpa berbicara kotor, apalagi corat-coret di dinding gua.


Semoga bermanfaat

Tabik, ^ ^
























17 comments:

  1. wah saya baru tau ada tempat wisata yang emng bagus di daerah Sumenep, btw itu kalo masuk bayar berapa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo masuk bayar seikhlasnya, kasih aja ke guide pak tuaa itu hihihiih

      Delete
  2. aku emoh baca....wong aku gak di kasih oleh2 :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku ra tumbas oleh oleh mamah mertuaa, wkwkwk

      Delete
  3. Goa ya??? Aduh aku dari dulu setiap dgt kata goa tu kek yang..... gelap pengap kemudian sesak napas. Ntahlah sm kek air terjun kali ya, mistis gt sptnya *kolenapacurcoooliki

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, gelap, sesak napas, tapi adem, aku yo anehhh ahahah

      Delete
  4. Aku mah ngga berani masuk gua kyk begitu. Penakut...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahha gpp, ada guide-nya hihihi jangan sendiriann, kalo sendirian mah saya juga takut wahahah

      Delete
  5. ahasik foto yang terakhirnya itu.. :D bikin ngeces mo selpih

    ReplyDelete
  6. Wihh kece banget yaa bisa ke tmpt itu bener2 butuh perjuangan yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. bangettt ceee, cobaaa ada kamuuu cobaaaa

      Delete
  7. Blogget Plat M maksudnya blogger mana mba? Btw ini mirip dengan goa batu Maria ya arah jogja gitu.. Ada salaktit dan salakmit.. (Salah tulis kayaknya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa, salah tulis keknya tengkyu mbak cantik sudah dimoderasi muah :*

      Delete
  8. Cieeee... kita bareng2 kesana, kolaborasi Blogger Madura alias Plat-M.com sama Blogger Jatim.. semoga ada kesempatan lagi untuk liburan gratis ke Madura yaa.. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. uhuk, pakai akun sendiri dong min kalo komen wahahahahhahahahahaa

      Delete
  9. eh coba cari goa angin2 di lamongan, aku dulu pernah kesana, tapi masuk goanya hrus merangkak, kalo uda sampai di dalam nanti ada jalan ke pantai yg masih perawan. dulu sih, ga tau sekarang uda femes apa masih perawan

    ReplyDelete