12 January 2016

Nyantri, Why Not?


Manfaat Nyantri di Gontor - Hai, fans ihihiih. Duh demi apa nulis beginian di blog. Gara-gara waktu itu kumpul sama teman-teman yang keponya minta ampun, perhatiaannya subhanallah, jadi saya bergerak untuk menceritakannya di sini. Why? Iya, karena lagi berhenti jalan-jalan untuk fokus skripsi, biar cepet nikah, jadi sementara cerita jadi anak pesantren dulu. Kenapa? Gak nyangka kalau Aya Slavina pernah nyantri. Iya, saya juga gak percaya. Bahahahhak.

Saya dulu waktu duduk di bangku sekolah dasar, ketika hendak perpisahan; ada salah satu guru agama saya, yang sekarang sudah wafat, semoga beliau ditempatkan di surga. Beliau berpesan pada saya sebelum wafatnya, “Nak, kalian harus merasakan hidup di pesantren agar bisa belajar ilmu agama, meskipun sebentar,” ujarnya. Dan saya merenungkan perkataannya, nyantri, why not? 


Gontor Putri 3 (sumber fp gp3)
Alhamdulillah, saya bisa lulus di Pondok Modern Gontor Putri, ehee, kece badai. Bahahhahak. Gak tahu kenapa nyasar di pondok ini? Banyak yang saya dapatkan di sini;

1.      Belajar Bahasa Arab dan Inggris
Kaget aja sih, saya yang biasanya ngomong pakai Bahasa Jawa setiap hari dan waktu itu diwajibkan berbahasa arab dan inggris. Kagok, iya! Baiklah, waktu itu saya belajar dikit demi sedikit, setiap hari menggunakan Bahasa tersebut. Dan, tidak diperbolehkan berbicara selain Bahasa itu. Aihhhh.
kampung damai Gontor Ponorogo
(moret ketika mau daftarin adek)
2.      Belajar Menjadi Wanita Solehah
Dulu sebelum masuk sini, waktu saya packing untuk berangkat ke pondok saya nanya ke mama;
“Ma, gak bawa rok nih,”
“Gak usah sayang, nanti kamu ribet jalannya,”
Wahahhahha dan saya putuskan bawa celana jeans sekoper, gak kebayang kan yeees. Ternyata setiba di sana semua pakaiannya pada syar’i bahahahhahk. Dan sayapun mewek minta dibeliin pakaian syar’i. But, alhamdulillah bisa ketrima di pondok tersebut.
eaa, pernah syar'i juga wkkw
3.      Belajar Kebersamaan
Hah? Kok bisa? Iya, secara saya jauh dengan orang tua, siapa lagi yang dekat kalau bukan teman. Makan pun kalau piring saya hilang, terpaksa gantian dengan teman. Baju kalau masih di jemuran, saya pinjam teman. Pokoknya, solidaritas kuattt.

4.      Belajar Kejujuran
Entah kenapa ketika saya di sini, kalau pengin bohong selalu terlihat. Mikir, apa gara-gara di sini tempatnya suci yaa, ahahahah. Waktu ujian pun, dikumpulin jadi satu di aula, duduknya sebangku satu orang, gak ada gandget, gak bisa nyontek, duh pokoknya bersih.
suasana ujian (sumber fp GP)
5.      Belajar Kesabaran
Iya, di sini kudu belajar banget. Bayangin enam tahun saya tanpa gadget, tanpa televisi, belajar menghapal pelajaran yang menggunakan Bahasa arab dan inggris siang malam, antri makan dan mandi, antri telepon di wartel, sabar gak ketemu orang tua berbulan-bulan, gak tahu apa itu dunia luar. Ya, maka dari itu saya masih rada cupu-cupu, polos, dan kalem gitu ahahahha.


Dan, setelah hatamnya saya di pondok, saya ditugaskan untuk mengajar Bahasa Arab di salah satu SMA di Jawa Timur hanya setahun. Buset, orang kayak saya jadi guru, semoga gak sesat yaa, Nak. Banyak teman saya yang meneruskan sekolahnya di Timur tengah, ada yang di Mesir, Sudan, bahkan ada juga yang di Jerman, Paris, Malaysia. Lah, saya masih di sini aje nyari berita, ahahah. Di manapun kita berada, jangan lupa sama asal kita, selalu ingat Maha Pencipta yaaa. ^ ^

Di manapun tempat kita mencari ilmu, semoga selalu bermanfaat. ^ ^


Tabik, manis

47 comments:

  1. Ayaaa wanita sholehah....doain anak sulung saya diterima di Gontor Putra ya...maklum emaknya mantan orang jalanan, baru tobatan, pengen anaknya lebih baik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aihhhh iyaaakahh? semogaa diterima di gontor pusaat yaaak, amiin aamiin hihihii

      Delete
  2. Pas dulu masih nyantri, saya dua kali ke pesantren ini. Saya salut dengan Manajemennya.

    Salam hangat dari Bondowoso..

    ReplyDelete
  3. pernah nyantri wkt liburan, tiap minggu pulang buat nyuci baju di rumah. soalnya gak yakin airnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah pernahh nyantri jugaa mbak entas :*

      Delete
  4. Wanita sholehah, smoga segera mendapat pria yang sholeh.
    #Uhuk

    ReplyDelete
  5. rapi banget foto ujiannya :)
    kita-kita yang lihat jadi adem.. :)

    ReplyDelete
  6. Kalo pesantren gitu bayarnya lebih mahal ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga terlalu mahal kayaknya mak, keponakanku itu di gontor putri 1, sebulannya 600 rb. Itu udah termasuk uang makan. Sedangkan pertama masuk sekitar 5 atau 6 juta gitu

      Delete
    2. waktu aku masuknya masih sejutaan mbak, uang makan sebulan masih 200 rebuu, belum uang jajan aku hihih, tapi murah kok mbak :D

      Delete
  7. wow ternyata Mbak Aya lulusan gontor ya? saya tau tentang sistem belajar disana dari buku negeri 5 menara :).



    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, tapi itu yang diceritain dari sudut pandang ponpes cowok ahahha

      Delete
  8. Assalamuallaikum yaa ukhti kemudian murid2 mu salim ay, ustadzahhhh....sekarang keren yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Guritaaaaaaa....
      Trims yaaa, kekepoan kita menginspirasimu membuat tulisan ini, sebaik2nya manusia ialah yg bermanfaat unt orang lain ^^

      Delete
  9. Assalamu 'Alaikum Ustadzah.. :)
    Iya, iya, kamu kalem, polos, dan manis, Ay. Tapi kenapa sekarang suka di fotoo? apa efek di Ponpes gak bisa selfie, gak boleh pegang kameran, megang HP pun di rampas, ya? haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. WAALAIKUMSALAM UKHTIIII, hehh jangan mayakkk ukhtiiiii, wkwkkwkw

      Delete
  10. wah...aya anak santri...ajari kitab kuning donk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkkw bolehh mbakk, tapi kitabku ndak ada yang kuningg hihihi

      Delete
  11. Itu dia pondok yang jadi favorit para orangtua. Luas bangeet ya tempatnya.

    ReplyDelete
  12. belum pernah kesini tapi yang gontor putra sering ^^
    salam kenal mbak

    ReplyDelete
  13. Pengeb jg nanti anak bisa mondok:)

    ReplyDelete
  14. Eaaa... Adekku emang oye deh *jempol besar*

    ReplyDelete
  15. Waktu smp pernah pengen nyantri ngajadi kayknya krn ngak dpt restu ibu saya kebetulan pondoknya di luar jakarta

    ReplyDelete
  16. Aku kok jd pgn ya mba ankku ntr yg msk k gontor.. Dulu jujur aja aku disuruh papa juga msk ksana.. Tp dasar bandel ya, yg ada dlm pikiran pesantren itu bkl bikin kita ketinggalan jaman krn terkurung di dalam -_-. Nyesel mikir gitu... Akhirnya aku skolah ttp d sekolah islam sih, al azhar, tp kan ga seperti gontor ngajarnya.. Moga2 anakku mau nih dimasukin ksana kalo udh sekolah ntr

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh di al azhar yaa, saudaraku ada yang di situ hihih, ngajar :)

      Delete
  17. Masyaa Allah. Mudah2an anakku bisa mondok

    ReplyDelete
  18. masyaallah anti mutakharrijah gontor. hehe dulu saya sempat mau ke gontor tapi ngak diizinin karena jauh .salam kenal :)

    ReplyDelete
  19. Dulu temen sekampung ku banyak yg mondok trus nyokap suka ngancem kalo kita nakal bakal di pondokin dan gw paling takut di pondokin karna trauma liat temen2 yg pulang mondok tuch kaki tangan nya pada gatel2 hahaha

    ReplyDelete
  20. foto ujiannya bagus, serasa kayak di film harry potter hehehe...

    ReplyDelete
  21. aku juga pengin sidqi mondok di gontor.
    Akunya yang ambisi, Ay.
    Sidqi durung teraliri hidayah.

    ReplyDelete