14 March 2016

Sedapnya Aneka Penganan Ringan dari Aceh

Sudah pernah berkunjung ke Aceh?

Kota yang dijuluki Serambi Mekah ini memang istimewa. Tidak hanya memiliki kekayaan budaya yang unik, Aceh juga memiliki aneka jenis kuliner yang sedap dan istimewa. Siapa saja pasti merasa ketagihan jika sudah mencicipi kuliner khas Aceh.
Kuliner khas Aceh bukan hanya ayam tangkap atau mie Aceh saja. Ada juga beberapa penganan ringan yang siap disuguhkan untuk menemani waktu bersantai Anda :

Kue Adee
Kue yang satu ini terasa istimewa dengan tekstur yang lembut seakan lumer di mulut. Sepintas, kue adee mirip dengan kue bingka namun ternyata citarasanya berbeda. Rasa manis dari gula asli pada kue adee terasa pas sebagai teman menyeruput kopi atau teh. Kue adee sering disuguhkan untuk tamu maupun sebagai buah tangan untuk handai taulan.

Kue Timpan
Kue yang dibungkus daun pisang ini terasa istimewa karena hanya disajikan pada hari-hari tertentu, misalnya hari raya Idul Fitri atau Idul Adha. Meskipun terdiri dari bahan dasar berupa tepung ketan dan pisang raja, kue timpan juga bisa divariasikan dengan srikaya. Rasanya yang manis dan legit membuat anak-anak hingga orangtua selalu menyukainya.

Kue Karah
Dikenal dengan sebutan nama keukarah, tekstur kue yang satu ini mirip seperti adonan kremes ubi yang digulung sebesar kue semprong. Kue karah dibuat hanya menggunakan adonan tepung beras dan gula sehingga rasanya sangat khas dan sedap. Sangat menyenangkan bila bisa mencicipi renyahnya citarasa unik kue karah khas Aceh.

Mueseukat
Mueseukat tergolong sebagai salah satu penganan ringan yang langka. Meski tidak tersedia di toko kue, masih ada pebisnis makanan rumahan yang menerima pesanan mueseukat. Kue yang satu ini bisa dibilang mirip dengan dodol nanas. Bedanya, penyajian mueseukat dibuat secantik mungkin sebagai simbol untuk menghargai keberadaan tamu.
Jika sudah memiliki aneka penganan ringan dan Aceh, tentu tidak lengkap kalau belum menyajikan kopi Acehnya. Tidak perlu jauh-jauh ke Aceh untuk mendapatkan kopi otentik dari daerah tersebut. Segera lihat katalog produk di MatahariMall. Toko online terbesar ini juga menyediakan aneka jenis kopi, termasuk kopi Aceh.
Menyeruput secangkir kopi Aceh hangat ditemani aneka penganan ringannya pasti membuat Anda rindu untuk singgah kembali ke bumi serambi Mekkah.

5 comments:

  1. wew, banyak ya, kirain kopi gayo aja yg terkenal

    ReplyDelete
  2. Aku mie aceh aja dech, kalo kue kue an gini ngak doyan

    ReplyDelete
  3. Kopi Aceh, katanya orang yg pernah nyobain rasanya kenceeeng banget. Angiiin kalik kenceng :p

    ReplyDelete
  4. Ah, baca ini jadi kangen kopi gayo. Nyesel dulu cuman beli sebungkus doang, skrg dah abis (Lha kok malah curhat, piss :D)

    ReplyDelete
  5. tuh kan ajdi pengen habis baca ini *brb tutup tab

    ReplyDelete