09 April 2016

4 Hal menarik yang Wajib Dikunjungi di Kampung Nelayan Bulak Surabaya

4 Hal menarik yang Wajib Dikunjungi di Kampung Nelayan Bulak Surabaya – Pada 3 April 2016 ajang Festival Bulak telah resmi dibuka oleh ibu walikota Surabaya. Banyak agenda yang diselenggarakan pada 3-10 April 2016. Agenda tersebut awal mula untuk menarik pengunjung. Di Kampung Nelayan Bulak ini, ada beberapa hal yang memikat pengunjung dan wajib kalian kunjungi, diantaranya;

sunrise of bulak
mimi tangkapan Pak Tarmi
1.      Sunrise of Bulak
Jika kalian berkunjung ke Surabaya, tidak afdhol jika belum merasakan nikmatnya Sunrise of Bulak. Hanya di Surabaya bagian ini kalian akan dimanjakan dengan sang fajar dan para nelayan yang berjuang di laut demi menyenangkan perut keluarga. Namun, jangan hanya sekadar menikmati sunrise, luangkan waktu berinteraksi dengan nelayan di tempat itu. Tidak semua nelayan tangkapannya sama, ada dari mereka yang menjaring ikan, udang, kerang, terung, dan masih banyak lagi. Seperti halnya dengan Pak Tarmi yang setiap harinya menjaring kerang. Ia mengungkapkan, lebih suka menjaring daripada harus menyelam, “Iya, Mbak, saya lebih mengutamakan menangkap kerang-kerang itu dengan jaring, daripada saya harus menyelam, saya takut mati,” ujar Pria asal Lamongan ini. Ketika itu saya menemuinya dengan keadaannya yang telah menangkap mimi, atau sejenis kepiting namun lebih besar. Mimi yang ditangkapnya, hanya bisa ditemuinya sekitar satu bulan sekali, telur dari mimi ia gunakan untuk obat. Jadi, jika kalian ingin menemukan sunrise di sini harus berani bangun pagi dan siap bertemu dengan orang-orang yang hebat.
Sentra Ikan Bulak (SIB)
Abah Sapari sedang Membersihkan Perahu
2.      Sentra Ikan Bulak (SIB)
Sentra Ikan Bulak di sini masih baru, dan belum banyak diketahui orang. Termasuk saya. Maka dari itu, tidak sia-sia berkunjung ke Bulak dan mampir ke tempat ini. SIB yang khas dengan desain seperti perahu layar, warna biru dan putih akan memikat hati pengunjung ataupun wisatawan untuk membeli oleh-oleh di sini. SIB terletak di Jalan Bulak, Cumpat No 1, Kecamatan Bulak, Surabaya, tidak jauh dengan pantai Cumpat. Namun, sayangnya tempat ini masih sepi. Padahal, tempat ini difasilitasi oleh pemerintah Kota Surabaya bagi nelayan yang ingin menjual ikannya. Padahal dulu sebelum adanya SIB, banyak yang berjualan di pinggir jalan Bulak, dan itu mengganggu kendaraan yang lalu lalang. Oleh sebab itu, untuk lahan parkir para wisatawan dipindahkan ke area SIB, agar para wisatawan bisa berburu oleh-oleh. Seperti yang diungkapkan lelaki yang bernama Hj. Sapari atau akrab dipanggil Abah (70) menjelaskan, memang sulit untuk pindah ke SIB, namun jika tidak berjualan di sana harus di mana lagi ia menjual hasil tangkapannya. Baginya, tidak ada yang instan, maka dari itu untuk pindah ke SIB pun butuh waktu perlahan. Oleh sebab itu, semua warga pun harus turut berpartisipasi dan meingkatkan potensi dari segi apapun demi mendukung Bulak sebagai kampung wisata Surabaya.
asyik bermain futsal
asyik bermain di taman shelter bulak
bermain di taman shelter bulak
3.      Taman Shelter Bulak
Jika bertandang ke Bulak, bukan hanya aktivitas nelayan saja yang kalian nikmati. Namun, di sini juga disediakan wahana permainan untuk anak-anak. Mereka bisa bermain air, ayunan, ataupun futsal. Siapa sangka, di Bulak bisa komplit seperti ini. Maka dari itu, di Bulak sudah cocok bukan untuk tujuan wisatawan yang berkunjung ke Kota Pahlawan ini.
penampakan jembatan kenjeran baru
senja di suramadu
surabaya rasa singapore
CETAR
4.      Jembatan Kenjeran Baru
Nah, ini dia yang ditunggu-tunggu oleh sejumlah warga Surabaya. Jembatan yang menghubungkan antara titik Sukolilo Lor dengan Kenjeran ini adalah icon baru dari Surabaya. Jembatan ini konon banyak yang bilang Singapura-nya Surabaya. Jika kalian berkunjung ke Jembatan THP Kenjeran baru ini, kalian akan merasakan suasana luar negeri, dan mata kalian disuguhi dengan panorama pantai yang elok, dan iringan lagu khas Surabaya. Tidak hanya itu, jembatan ini juga mempunyai air mancur bergoyang yang berwarna-warni. Jembatan yang dibangun sejak tahun 2015 lalu, dan siap untuk hipnotis wisatawan yang berkunjung. Konon, Jembatan Kenjeran Baru ini baru resmi dibuka pada Juni 2016. Jadi, siapkan diri kalian ^ ^

Nah, rek gimana? Mau di rumah saja, atau jalan-jalan ke Bulak? Keep exploring, jangan lupa makan, biar jalan-jalannya kuat. Aha!

Tabik, manis

Semoga bermanfaat ^ ^







14 comments:

  1. Transportasinya selain naik motor atau mobil pribadi ada nggak yang umum jurusan ke sini ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. naik ojek, atau pakai angkot insha Allah bisa, Mbak. Soalnya kemarin saya lihat ada angkot menjurus ke sini ^ ^

      Delete
    2. Ahh. Tadi pagi pengen kesini...gagal

      Delete
    3. Besok pagi ke sini lagi aja mas, lebih heboh. Saya besok ke situ hihihihi

      Delete
  2. waaa..kerennn.jadi penasaran pingin lihat langsung air mancurnya

    ReplyDelete
  3. wah penasaran nih, keren sunrisenya euy

    ReplyDelete
  4. Mbak? suwer nih ya jepretanmu aduhai banget ._. sukaaak :3

    Aaaakh Jembatan Kenjeran Baru itu fotoable banget :3

    ReplyDelete
  5. tempatnya oke gini ya? atau jepretannya yang oke ? hihihihi

    ReplyDelete
  6. Cantik cantiiiik fotonya, kecuali yg trakeeer *kabooooor*

    Selamat yaaaaa neng ;)

    ReplyDelete
  7. cewek alpukat apakah kamu terlahir dari alpukat?

    ok lupakan.

    Jadi Surabaya sekarang kayak gini, salah kalo tanggal segini udah visit kemari nih. huh

    ReplyDelete
  8. kapan-kapan temani aq hunting sunrise atau air mancur menarinya klo sudah resmi dibuka ya ay

    ReplyDelete
  9. wuuhh produk barunya sby... betewe si pak nelayan kena penyakin wahn hehe takut mati.... kece mbak mantap spot barunya...

    ReplyDelete
  10. jembatanya keren tuhh, jadi pengen kulinernya gmana?

    ReplyDelete
  11. Kok gw baru denger ttg nama BULAK ini

    ReplyDelete