08 April 2016

Peresmian Tempat Wisata Baru di Surabaya, dalam Ajang Bulak Festival 2016


Peresmian Tempat Wisata Baru di Surabaya dalam Ajang Bulak Festival 2016 – Surabaya, konon Kota Pahlawan. Namun, sebutan kota Pahlawan tersebut semakin berkembang, yakni Surabaya tak kalah dengan kota lainnya. Surabaya selalu mempunyai sesuatu yang baru, semisal destinasi wisata. Pada beberapa bulan yang lalu, baru diresmikan Kampung Wisata Seni Murral, Dolly. Sekarang, tak kalah heboh! Tepat pada tanggal 3-9 April 2016, destinasi wisata terbaru telah diresmikan oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini di Sentra Ikan Bulak (SIB) dan juga di pesisir  Bulak, Kecamatan Bulak, atau lebih mudanya lagi di Utara Pantai Kenjeran.
Tatkala itu, saya berkesempatan untuk melihat diresmikannya destinasi Bulak ini. Banyak orang yang turut berpartisipasi untuk meramaikan, dari kalangan komunitas, mahasiswa kampus, awak media, satpol PP, warga Bulak dan sekitarnya. Di hari pertama seluruh yang hadir di acara tersebut melakukan operasi semut, bergotong royong membersihkan pesisir pantai yang banyak ditimbun sampah.

Tidak hanya itu, agenda beruntun pun banyak yang digelar ketika peresmian Bulak ini. Seperti, pengobatan gratis dan simulasi kesehatan, pengecetan warna-warni rumah warga, blogger blusukan, Sunrise of Bulak Photo Competition, balapan perahu mini, lomba perahu nelayan, lomba memasak ikan dan demo masak ikan asap dari FKHM Jatim, dan masih banyak lagi acara yang digelar sampai puncak acara tanggal 10 April 2016.
walikota Surabaya ikut serta membersihkan pesisir pantai
warga turun tangan untuk membersihkan sampah
Saya memang bukan asli Surabaya, namun terkagum-kagum dengan banyaknya wisata baru di Surabaya. Bukan hanya itu, melihat walikota yang turun tangan untuk terjun membersihkan pesisir pantai pun, membuat hati adem. Bu Risma menjelaskan ketika itu, Surabaya sudah terkenal di kota lain dengan pesona Pantai Kenjerannya. Namun, tidak lucu jika wisatawan berdatangan ke Kenjeran, namun tempatnya biasa-biasa saja, maka dari itu dibukanya destinasi wisata ini, agar para wisatawan berbondong-bondong menuju Bulak, dan dengan diresmikannya wisata ini pastinya perekonomian warga Bulak akan meningkat.

Seperti halnya Uhin (50) menjelaskan, tidak salah jika walikota meresmikan destinasi ini. Pasti nantinya banyak wisatawan yang berdatangan, dan banyak hasil melaut kita yang dibeli oleh mereka. Uhin yang bekerja sebagai nelayan, turun menurun dari nenek moyangnya, mengais rizki tidak pandang waktu untuk mencari terung  yang diolah sebagai keripik. Ia juga akan berlomba untuk mengikuti perlombaan menghias perahu nelayan dengan teman-temannya, “Bukan hanya hadiah yang kami cari, namun solidaritas yang baik antar nelayan pun yang kami harapkan, “ujar Bapak sebelas orang anak ini.
Pak Uhin si pencari terung

Tidak lain dengan penjelasan Suprayitno Camat Bulak, kebanggaan baginya juga, karena Bulak sebagai kampung wisata Surabaya. Yang mana dulunya banyak sekali pedagang yang menjajakan dagangannya di pinggiran jalan Bulak, dan sekarang sudah tersedia Sentra Ikan Bulak. Harapan Suprayitno, agar event ini tidak ramai dalam sekejap saja, namun terus-menerus supaya wilayah Bulak ramai dinikmati pengunjung sekaligus wisatawan.

Dengan diresmikannya destinasi wisata terbaru ini, kita sebagai warga Surabaya harus lebih menjaga dan mengeksplor dengan baik, agar wisatawan betah di Surabaya. Dan mengenalkan pada wisatawan, bahwa di Bulak banyak yang menarik.

Tabik, Ayo ke Bulak
                                                                                             
Semoga bermanfaat ^ ^


5 comments:

  1. setiap tempt pasti punya wisata indah, termasuk bulak.

    Postingannya niat banget ya mbak tengah malem begini... hihihi..

    ReplyDelete
  2. Surabaya selalu punya cerita

    ReplyDelete
  3. surabaya selalu ada yang abru. penasaran dengan wisata ini. jadi ingin berkunjung ke bulak untuk menikmati panorama dan indahnya pantai bulak.

    ReplyDelete