18 May 2016

Eksotiknya Taj Mahal Pekanbaru

sumber; google
Salah satu bukti cinta seorang suami kepada istrinya terlihat dalam bentuk nyata di keindahan Masjid Taj Mahal di India. Indonesia pun memiliki keindahan bangunan yang telah menjadi salah satu keajaiban dunia itu. Masjid Agung An Nur merupakan Taj Mahalnya Indonesia yang berada di Pekanbaru.
Pekanbaru adalah ibu kota dari provinsi Riau yang merupakan kota yang sangat pesat pertumbuhannya. Terkenal sebagai kota perdagangan yang multi etnik dengan urbanisasi dan migrasi yang tinggi.                                                                

Di Pekanbaru berdiri sebuah masjid yang sangat mempesona, Masjid Agung An Nur dengan gaya arsitektur Arab, India Dan Turki. Masjid dengan bangunan utamanya berukuran 50 x 50 meter dengan adanya sebuah air mancur dan kolam besar tepat berada di depan masjid tersebut sehingga sangat mirip seperti Taj Mahal.

Masjid Agung An Nur bukan hanya saja sebagai tempat peribadatan juga menjadi salah satu objek wisata yang harus Anda kunjungi jika singgah di Pekanbaru. Masjid Agung An Nur memiliki bangunan 3 lantai yang dominan berwarna hijau bisa menampung 4.500 orang. Dengan mempunyai 5 buah kubah serta 4 menara mampu menghipnotis Anda dimalam hari. Dengan keindahan cahaya lampu warna – warninya sangat indah dan cantik apalagi memantul dari kolam di depannya. Masjid Agung An Nur membutuhkan waktu selama 3 tahun dalam pendiriannya. Masjid ini termasuk masjid yang sangat termegah di Indonesia. Pada tanggal 19 Oktober 1968 Masjid Agung An Nur ini telah diresmikan oleh Bapak Arifin Ahmad yang menjabat sebagai Gubernur Riau pada waktu itu. Masjid Agung An Nur yang saat ini adalah masjid yang telah dirombak total pada masa Gubernur Saleh Djasit ditahun 2000.

Masjid Agung An Nur berada di Jalan Hang Tuah di dalam wilayah Kecamatan PekanBaru dengan batas wilayahnya disebelah Utara dengan Jalan Sisingamangaraja, disebelah Baratnya dengan Jalan Syekh Burhanuddin, disebelah Selatannya berbatasan dengan Jalan Hang Tuah dan disebelah Timurnya berbatasan dengan Jalan Sultan Syarif Kasim.
Dalam perombakkan saat ini luas bangunannya menjadi 12,6 hektar, lebih luas tiga kali dari pendirian Masjid Agung An Nur awalnya. Masjid Agung An Nur ini terdiri dari 3 lantai dengan lantai bawahnya digunakan sebagai ruang pertemuan dan kantor sedangkan lantai atasnya sebagai tempat sholat. Masjid Agung An Nur mempunyai tiga tangga, dua tangga berada di bagian samping kiri kanan dan yang satu tangganya berada di bagian depan masjid. Bagian atas masjidnya terdapat 13 pintu dan untuk bagian bawahnya terdapat 4 pintu dengan memiliki kamar-kamar yang cukup besar dengan aula. Di dalam masjid terdapat kaligrafi hasil dari karya Azhari Nur yang merupakan kaligrafer terkenal pada tahun 1970an.

Masjid Agung An Nur telah dilengkapi sebuah escalator yang menghubungkan antara lantai satu dengan lantai dua. Lantai yang bawah digunakan sebagai sekretariatan manajemen masjid, remaja masjid dan ruang untuk kelas pelaksanaan pendidikan Islam. Disini memiliki halaman yang sangat luas sekali dengan adanya fasilitas pendidikan dari Playgroup hingga SMU. Selain itu juga adanya perpustakaan yang sangat lengkap koleksi bukunya dengan fasilitas lainnya berupa ruang pertemuan atau aula.

Masjid Agung An Nur merupakan Taj Mahalnya Indonesia yang memiliki gaya arsitektur yang sangat mirip sekali dengan Taj Mahal. Adanya kubah yang besar dengan empat menara yang tinggi di empat penjurunya. Tetapi Masjid Agung An Nur adalah bangunan yang modern abad 21 an.
Masjid yang sangat mempesona ini bisa menjadi salah satu pilihan Anda untuk berwisata jika berkunjung ke Pekanbaru. Setelah puas menikmati keindahan dari masjid ini, Anda bisa beranjak menuju ke Desa Limbungan yang lokasinya berjarak sekitar 10 km dari pusat kota. Anda akan dimanjakan oleh pesona Dufannya Pekanbaru.

Jika Anda masyarakat yang berada di Pulau Sumatera tanpa harus ke Jakarta, Anda akan bisa menikmati Dufan di kota Pontianak. Anda bisa menjumpainya di Danau Buatan Lembah Sari. Dahulunya Danau Buatan Lembah Sari ini adalah bendungan yang dimanfaatkan sebagai irigasi mengalirkan air ke sawah-sawah untuk warga setempat. Hingga akhirnya pada saat sekarang bendungan ini berubah fungsi menjadi objek wisata di Pekanbaru.
Piknik adalah salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di Bendungan Buatan Lembah Sari ini, karena Anda akan menikmati kesejukkan udaranya dengan pepohonan yang sangat rindang akan memberikan ketenangan bagi Anda. Sebaiknya Anda membawa tikar jika menuju ke Bendungan Buatan Lembah Sari ini, Anda akan bisa berlama-lama berada disini. Selain itu Anda pun bisa menikmati mengelilingi Bendungan ini dengan menaiki sepeda air atau perahu dayung.
sumber; traveloka
Danau dengan suasana yang sangat alami dan berada di lokasi Kecamatan Rumbai merupakan danau yang menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan. Setelah mengagumi keindahan Masjid Agung An Nur, Anda akan dimanjakan dengan kegiatan atraksi berwisata air, dengan berenang, bersepeda air, memancing jika hobby atau kegiatan lainnya. Sejuknya udara disini akan membuat Anda melupakan sejenak rutinintas aktifitas yang melelahkan.
Hanya saja untuk menuju ke lokasi Bendungan Buatan Lembah Sari tidak mudah karena tidak adanya angkutan umum yang menuju kesana. Hal ini yang sedang akan dipertimbangkan oleh pemerintahan daerah setempat untuk mencari solusinya.
Setelah berwisata religi di Masjid Agung An Nur dan menikmati keindahan alam di Bendungan Buatan Lembah Sari Anda bisa menuju ke pusat perbelanjaan terbesar di Pekanbaru. Dan jika Anda telah lelah menikmati wisata bisa menghilangkan kelelahan di hotel Swiss Belinn SKA Pekanbaru yang terletak di SKA Mall.
sumber; traveloka
Hotel yang memiliki fasilitas kolam renang yang berada di puncak gedungnya, dengan setiap kamarnya telah disediakan TV layar datar dengan Wi-Fi gratis disetiap bagian di hotel. Fasilitas lainnya adalah adanya pusat kebugaran dan layanan spa yang bisa memanjakan diri Anda.  Hotel dengan pelayanan yang memuaskan akan Anda nikmati disini. Atau kamu juga bisa menginap di hotel-hotel lain di Pekanbaru dekat objek wisata ini. Kamu bisa cek di Traveloka.com. Selamat menghabiskan waktu liburan Anda.



Tabik, 

Semoga bermanfaat ^ ^

2 comments:

  1. Belum pernah ke Pekanbaru euy :(((

    ReplyDelete
  2. Salah satu bukti cinta seorang suami kepada istrinya terlihat dalam bentuk nyata di keindahan Masjid Taj Mahal di India........

    SEJAK KAPAN TAJ MAHAL ITU JADI MASJID >____<

    ReplyDelete