04 August 2016

Philips AVENT Selenggerakan Parents Class di Surabaya


Philips AVENT di Surabaya - Memperingati Pekan Menyusui Dunia, Philips Avent mengedukasi sejumlah orang tua, mengenai pentingnya ASI. Saya pun juga hadir di acara Philip AVENT New Parents Class yang digelar di Hotel Java Paragon, 30 Juli lalu. World Breastfeeding Week ini jatuh pada 1-7 Agustus.

Dr. Diah Pratamastuti menjelaskan, pentingnya menyusui bagi seorang Ibu. Bahwa keberhasilan pemberian ASI bergantung pada faktor internal dan eksternal. Mengetahui dan memahami bagaimana mengelola ASI, dengan teknik, tips dan trik, akan membantu orang tua untuk merasa lebih nyaman dan siap. Dengan pengetahuan yang cukup dan dukungan tidak hanya dari suami tetapi juga dari lingkungan sekitar. Ibu akan memiliki kenyamanan yang dia butuhkan dalam membangun kepercayaan diri untuk menghasilkan ASI yang cukup bagi bayinya.



Komposisi ASI:

1.      Kolostrum merupakan ASI yang keluar pertama kali sampai hari ke 4 yang kaya akan zat anti body dan anti infeksi yang berprotein tinggi, biasanya warna kuning.

2.      ASI Peralihan adalah ASI yang kadang keluar antara hari 4-10 setelah melahirkan, kadar protein merendah, tapi karbohidrat dan lemak makin tinggi.

3.      ASI mature atau ASI yang matang yang keluar sekitar hari ke 14 dan seterusnya. Komposisinya relative konstan.

ASI sangat penting dalam awal masa pertumbuhan bayi karena ASI memberikan bayi semua nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang yang sehat. Bayi yang mendapat ASI lebih lama memiliki masalah kesehatan kronis yang lebih sedikit, infeksi yang lebih jarang, dan kecerdasan yang lebih tinggi dibanding mereka yang mendapat ASI dalam jangka pendek, atau tidak disusui. Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO merekomendasikan pemberian ASI ekslusif selama 6 bulan.


Menyusui adalah proses alami, namun tetap butuh waktu untuk mendapatkan teknik yang pas bagi bayi dan Ibu. Lebih dari 50% ibu mengalami masalah menyusui pada beberapa minggu awal. Jangan segan untuk meminta bantuan tetangga, kesehatan profesional, atau konselor laktasi.

TIPS SUKSES MENYUSUI, RILEKS ADALAH KUNCINYA

Hampir 50% ibu yang berhenti menyusui pada 8 bulan pertama karena ASI sudah tidak keluar lagi. Padahal volume dan aliran ASI berkaitan erat dengan keadaan psikologis dan tingkat stress ibu. Untuk para ibu, ciptakan ketenangan, suasana rileks, dan nyaman. Sekali-kali lakukan latihan pernapasan atau mendengarkan musik selama 10-15 menit.

Adapun materi yang disampaikan oleh Dr. Stefanie mengenai “Pijat Bayi”. Pijat bayi adalah momen yang sangat intim, sebab melibatkan skin to skin contact dan dapat dilakukan pada balita usia 0-5 tahun. Manfaat pijat bayi sangat banyak, di antaranya; Mengusir rasa tidak nyaman saat tumbuh gigi, gangguan pencernaan dan stress, melatih respon saraf bayi, Meningkatkan kualitas tidur, bayi tidur lebih lama dan lebih nyenyak setelah dipijat, Memperkuat sistem kekebalan tubuh, Meningkatkan indera-indera sensorik, Meningkatkan berat badan bayi , dan lain sebagainya.


Meskipun saya belum bersuami, dan belum tahu rasanya bagaimana hamil, melhairkan, hingga menyusui, namun acara ini adalah salah satu pelajaran bagi saya ketika menjadi Ibu kelak.


Tabik, Semoga bermanfaat ^ ^

3 comments:

  1. Semoga kamu segera hamil, eh dapat suami dulu yaaaa hahaha

    ReplyDelete
  2. Ikut mengamini jugaaaa, aamiin :)

    ReplyDelete