Eco Driving, Tips Tidak Tekor dengan Kendaraan

Sunday, November 13, 2016


Pintar Berkendara dengan Eco Driving – Saya berkesempatan mengikuti gathering bersama mobil 123 dan juga para blogger. Jadi inget pengalaman mengikuti Datsun risers expedition, pantas saja saya digembleng biar berkendara dengan baik, weew. Gathering kemarin diselenggarakan di Buro Kafe di Jl. Sumatra no 40 Surabaya pada 10 November 2016.
 
Sudah tak heran lagi Populasi kendaraan bermotor di dunia menyentuh 1 milyar pd 2010. Dan Populasi kendraan bermotor di dunia akan mencapai 2 milyar unit pada 2035. Produksi kendaraan bermotor sejak 2010-2015 terus meningkat dr 77,6 juta unit atau>84,6jt unit/tahun. Kelangkaan sumber bahan bakar yang berasal dari bahan dasar fosil, pertumbuhan penjualan kendaraan bermotor yang menyebabkan bertambahnya permintaan dan harga bahan bakar (petrol dan solar) - menjadi pemicu meningkatnya keinginantahuan public terhadap Eco-driving. Maka dari yang bisa kita lakukan adalah rekayasa teknologi, misal mesin untuk meningkatkan efesiensi BBM dan mereduksi CO2, kendaraan otonom, Penggunaan bahan bakar alternative, memperbaiki infrastruktur, dan perilaku pengemudi.



Pak Sugihendi dari Nissan College menjelaskan, Sebagaimana kita ketahaui Eco Driving adalah cara mengemudi yang bertujuan untuk mengoptimalkan konsumsi bahan bakar dan sangat berperan dalam mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya. Eco Driving juga berkontribusi terhadap program pelestarian lingkungan. Salah satu penyumbang pemanasan global adalah penyerapan gas CO2 (efek rumah kaca). Sektor transportasi menempati posisi ke-2 penyumbang emisi karbon terbesar.


 sumber gambar lucu
Wajib kita ketahui 3 aspek driving skill adalah;
1.      Defensive Driving, Mengemudi untuk menyelamatkan nyawa, waktu & uang (dari bahaya yang timbul) akibat kondisi disekitar anda dan tindakan orang lain.

2.      Safety Driving, Mengemudi aman & selalu berpikir jauh kedepan serta waspada terhadap segala resiko yang terjadi.

3.      Eco Driving, Mengemudi untuk menghemat waktu, biaya & ramah lingkungan. 



Persiapan Sebelum Berkendara;
1. Gunakan bahan bakar sesuai nilai oktan yang di sarankan oleh Nissan Datsun (dapat dilihat di buku manual). Nilai oktan bahan bakar akan menentukan pembakaran yang sempurna, sehingga dapat berpengaruh terhadap tenaga yang dihasilkan oleh mesin dan akan menghasilkan gas buang yang lebih bersih.

2. Periksa tekanan angin ban secara visual sebelum berkendara, dan periksa tekanan dengan menggunakan alat ukur setidaknya sebulan sekali. Pastikan tekanan sesuai standar menggunakan Tire Presure Gauge (dapat dilihat di buku manual). Jika tekanan kurang maka bisa menyebabkan keausan ban yang tidak normal dan boros bahan bakar. Label petunjuk pengisan angin ban selalu tersedia pada frame pintu kanan depan.

3. Hindari muatan yang berlebihan. Membawa beban lebih berat dibutuhkan tenaga yang lebih besar pula yang artinya konsumsi bahan bakar lebih banyak. *siap ngurusin badan* WEW!

4. Service mobil secara berkala. Saringan udara dan oli kotor, busi yang sudah aus, oli mesin lama tidak diganti, knalpot bocor dan masalah pada system control emisi dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar. Lakukan service berkala agar kendaraan selalu dalam kondisi maksimal.

Eco Driving Skill

  • Lakukan akselerasi/penekanan pedal gas secara perlahan (bertahap).
  • Hindari membebani mesin atau putaran mesin berlebihan
  • Antisipasi terhadap kondisi lalu lintas untuk menghindari akselerasi dan deselerasi mendadak yang terus-menerus.
  • Jangan meletakkan kaki Anda pada pedal kopling (Transmisi manual) saat berkendara atau berkendara setengah kopling. 
  • Hindari pengereman tidak perlu. Sebisa mungkin gunakan engine brake untuk mengurangi kecepatan 
  •  Pertahankan pada kecepatan yang cukup wajar di jalan tol. 
  • Hindari mesin idling (menyala dalam kondisi netral) terlalu lama. 
  • Aktifkan penyejuk udara (AC) dengan temperature tidak terlalu dingin atau matikan bila perlu. 
  • Menutup jendela jika berkecepatan tinggi 
  •  Jangan agresif ketika mengemudi *cukup cewek aja yang agresif *LAH!  




Maka dari itu Eco Driving banyak sekali manfaatnya, antara lain: hemat biaya, ramah lingkungan, bersosialisasi dengan sekitar, dan juga mengurangi risiko kecelakaan.

Dengan mengurangi populasi kendaraan, oleh sebab itu kita bisa menjual kendaraan bekas kita di mobil123.com portal otomotif nomer 1 lebih mudah jika mengunduh langsusng di play store, cikidaw!

Tabik, semoga bermanfaat ^ ^
·

You Might Also Like

5 comments

  1. Siap.. ngurusin badan (juga)..,:)) siap teorinya.. prakteknya gak kurus2 aku.. Aya.., susah kl sdh emak2 nih tumbuhnya bukan ke atas lagi.. DHîí:phïi:DHïÏ

    ReplyDelete
  2. Aya, jangan-jangan diantara penumpang yang naik truk itu salah satunya kamu

    ReplyDelete
  3. Duh duh lihat muatan overload itu bikin gemes hihihi
    Mustinya tiap pengendara baca artikel ini.

    ReplyDelete
  4. wah seru ya dan ilmunya mantap nih

    ReplyDelete

cewealpukat friends

Komunitas

WARUNG BLOGGER
bLOGGER reporter

Member Of

kumpulan-emak-blogger