Powered by Blogger.

Setiap Senja Punya Cerita (Part 1)

by - August 01, 2017

Saya sering gitu ya, sumpek sama urusan pekerjaan, masalah keluarga, temen yang ngeselin, dan pacar yang nganganin.  Dengan semua masalah yang saya miliki, saya merasa masih punya Tuhan. So?? Kenapa mesti ngeluh bla bla bla. Dan, setiap masalah yang hadir, toh gara-gara saya sendiri. Okesip, geleng gleng.

Ada orang yang sering berpesan ke saya, "Kalau bete, hunting foto gih, lihat sunset gih," Yes akhirnya, well done! Saya pun melakukan itu. Saya memilih pergi dari kosan dan menikmati tempat di mana matahari mau pergi.

Untuk menyaksikan sunset terindah bagi setiap orang berbeda-beda, ada yang memilih diam di depan balkon rumah, ada yang suka mengejar sunset di pantai, ada juga yang lebih memilih berdiri di atas flyover di tengah riuhnya perkotaan. Namun, berbeda dengan saya, saya lebih memilih di mana saja, bisa menyaksikannya sedikit lama, lebih menyenangkan, pun menenangkan. 
 
Setelah beberapa perjalanan, ada beberapa lembayung senja yang saya abadikan, dan saya benar-benar menolak lupa atas warnanya;
keberuntungan di Liukang Loe
Pertama, Sunset di Pulau Liukang Loe, Tanjung Bira. – ya, kala itu kali pertamanya saya explore Sulawesi. Destinasi yang tak sabar untuk saya singgahi adalah Pulau Liukang, selain terkenal dengan airnya yang bening, pulau tersebut pun memberi saya kejutan dengan senja yang menarik. 

Suatu golden moment sekali, burung-burung pulang ke rumahnya, senja tampak terburu luruh. Bergegas saya mengabadikannya, ya cukup beruntung sekali. Golden hour untuk mengabadikan sunset dengan latar burung-burung yang pulang, pastinya tanpa editan. Ya, pada akhirnya saya memang sedang beruntung pada hari itu.

Cerita senja di tanah Sumatera

Kedua, Senja di Tanah Sumatera, – Lampung tepatnya. Ya, lagi-lagi Pahawang adalah destinasi yang pertama kali saya singgahi. Selalu berbeda jika sudah keluar dari tanah Jawa, tanah mereka memiliki bahasa yang berbeda, adat, budaya, namun kerukunan antar suku tetap sama. 

Maka dari itu, saya betah sekali tinggal di Lampung, meskipun hanya sekejap. Tidur di homestay tepat di bibir pantai, dan bisa menyaksikan senja secara langsung.  Waktu itu, sunset di Pahawang berwarna merah kekuning-kuningan, dan terburu hilang. Hftt, rasanya emang gak mau pulang, gak mau cepet-cepet berlalu senja untuk hari itu. Dan, saya pun ingat, besok senja datang lagi, namun di tempat, waktu, dan bersama orang yang berbeda.
yang syahdu di Tuban
Ketiga, yang tidak kalah menarik Sunset di Tuban, Jawa Timur. Menunggu adzan di Pantai Boom Tuban, syahdu sekali. Lagi-lagi senja waktu itu berwarna oranye. Saya masih bingung, kenapa Tuhan selalu memberi warna yang cantik di setiap senja. Di manapun senja yang saya temui pasti membuat hati tenang.

Di bibir pantai, bersama kawan saya menyaksikannya hingga tenggelam, dan hilang.  Waktu itu saya merasakan damai, damai sekali dalam diri saya. Coba deh, kalian kalau memang lagi benar-benar suntuk, pengin refreshing, tapi entah mau ke mana, atau pengen ke tempat yang bagus, tapi gak punya uang. Mudah banget, gak usah jauh-jauh. Kalian datangi ke mana arah matahari tenggelam. Di manapun matahari itu tenggelam, selalu cantik, ya di manapun.

Jingga di Goa Seplawan

Selanjutnya, yang tak kalah menarik menyaksikan Senja di Gardu Pandang Goa Seplawan, Jawa Tengah — takjub, sekaligus mata saya berbinar-binar. Tidak mau pulang dari sini, meskipun beberapa teman teriak “Ayok Aya, turun, udah mau gelap”. Ya, saya merasa sedih. Senja di gardu pandang Goa Seplawan memang saya akui berbeda yang lain, beda karena gradasi warnanya yang indah. 

Dampak dari bergesernya matahari, sehingga bisa membuat warna oranye, jingga, yang berbeda-beda. Hal tersebut memang waktu kedamaian setiap manusia yang menyaksikannya, termasuk saya. Semakin tinggi melihat matahari terbenam, semakin bagus, seperti halnya melihat dari gardu pandang.


Tenang, dia datang setiap hari, di sore hari. Jadi, senja terbaik yang kalian lihat di mana? ^ ^


Tabik,
Semoga bermanfaat👄

You May Also Like

5 komentar

  1. Aku sendiri sedang mengumpulkan foto-foto senja di pantai. Kalau nanti sudah terkumpul semua bakal jadi cerita seperti ini buahahahahah

    ReplyDelete
  2. Subahanallah cantik-cantik warnanya

    ReplyDelete
  3. Senja selalu sukses bikin jatuh cinta

    ReplyDelete
  4. Wah keren, keren Mbak terutama yang terakhir yang di Gardu Pandang Goa Seplawan itu
    Senja di Pantai Sembilan Gili Genting juga bagus Mbak
    Di sanalah senja terindah yang pernah kutemui ��

    ReplyDelete
  5. Ah senja begitu menggoda untuk di nikmati lebih intim, bersama gurat mentari kejinggaan meninggalkan segudang rahasia kegelapan. Begitu misterius dan selalu membuat candu.

    ReplyDelete