15 October 2016

Tips Foto Produk untuk Instagram


Tips Foto Produk untuk Instagram – Instagram? Siapa yang tidak kenal? Sekarang dunia sosial media sedang berkembang pesat. Aplikasi satu ini banyak sekali peminatnya, dari anak kecil hingga orang dewasa. Bahkan, banyak orang membiayai hidupnya dengan instagram. Feed yang bagus pada instagram kerap dilirik orang lain, apalagi dengan pendukung folllowers yang banyak dan likers. Bukan hanya itu, foto yang bagus juga hal yang paling utama dicari orang.


Pengalaman saya dulu pernah bekerja di salah satu store online di Surabaya. Menurut saya itu store lumayan besar sekali pendapatannya. Itupun ketika saya bekerja pada tahun 2014-an. Saya yang menjabat sebagai admin media sosial (congkak). Tapi, maaf saya sudah terlatih jujur coy, bukan admin spammers ataupun admin yang membeli followers. Hohoho. Nah, ternyata setelah saya bekerja di sana, saya mendapatkan pengalaman banyak sekali untuk kehidupan yang baru saya (YAELAH MBAK KAYAK ORANG NIKAH AJA).

Banyak yang saya lakuin untuk foto-foto saya sekarang di instagram. Dan, yaa Alhamdulillah ada saja orang yang membutuhkan jasa saya untuk foto produk di instagramnya hehehe. Kalau kalian mau, silakan kontak di bio (halahh, hehehe) bisa email saya saja kok.
Eits, jadi saya mau ngasih tips nih, buat kalian yang punya usaha di bidang online, bukan bermaksud menggurui, tapi hanya share beberapa pengalaman saja. Okey, ini adalah tips agar foto produk kamu dilirik di instagram


1.      Konsep Foto
Konsep foto adalah suatu hal yang penting untuk foto produk di instagram, jadi buat Anda yang membuat bisnis online alangkah baiknya mengkonsep dulu foto seperti apa yang akan di-share di instagram. Misal, kalian menyamakan feed di instagram menjadi putih semua, atau berwarna itu lebih mudah dilirik orang lain.


2.      Kualitas Foto
Begini, coba bayangin jika olshop hanya sekadar share saja, tanpa tahu kualitasnya bagus apa  enggak. Kualitas foto itu bisa berdasarkan detail fotonya, warna, dan lain sebagainya. Jadikan diri kalian (pengusaha) adalah pembeli. Jadi kalian akan tahu, bagaimana kualitas foto kalian sesungguhnya. Eits ingat selera pembeli itu bermacam-macam, jangan hanya menuruti seleramu saja. Hihihi. Kalau mau foto bagus, kameranya gak harus bagus kok, tapi lebih baik kamera yang berkualitas agar mendapatkan hasil yang berkualitas. Sesuai pengalaman saya sekarang, saya sedang usaha foto produk yang bekerjasama dengan beberapa online shop, ya banyak yang kenal dengan online shop tersebut. 




Untuk mengahsilkan foto yang bagus, sesuai budget client saya emang memaksimalkan foto saya. Gini, kalau foto indoor saya utamakan dapat cahaya entah cahaya lampu atau cahaya sinar matahari. Yang jelas warnanya putih. Saya tidak seberapa dengan lampu kuning, hasilnya akan redup juga. 

  1. Tempat 
  2. Kamera (maaf saya tidak menggunakan kamera handphone karena saya tahu,  resolusi HP saya jelek wekawekaweka) 
  3. Kalau indoor saya butuh kertas, kadang sprei, bisa juga menggunakan karpet, yang penting latarnya bagus
  4. Ukuran foto square jangan landscape (yang kotak enak dipandang, percayalah) hhehehe

3.      Waktu untuk Update Instagram
Nah, biar makin dilirik ini yang wajib diperhatikan. Misi, mau tanyakalau ada orang yang update instagram secara beruntun dalam waktu yang hamper bersamaan, apa gak sepet yaaa followers-nya. Ehehehhe. Nah gini, dari pengalaman saya update instagram maksmial 3x sehari (khusus buat produk lhoo yaaaa) nah itupun waktunya tidak bersamaan, missal pagi pada pukul 8-10an. Siang pukul 12-3 an. Dan malam pukul 7-9 an. Itu yang saya inget waktu kerja di sana. Dan admin harus standby. Kadang kalian kesel kan kalau online shop balesnya lamanya allohuakbar. Ehehhehe.


Okaii, cukup sudah. Jika kalian minat untuk foto produk bisa kok contact saya *ciyelaaa promosi* namanya juga usaha wekawekaweka

Tabik, semoga bermanfaat ^ ^







32 comments:

  1. waah jadi pingin jadi clientnya ini mbak :D terima kasih ya tips nya :)

    ReplyDelete
  2. Kerep tipsnya. Bisa dicoba buat naikin follower

    ReplyDelete
  3. Mbak, bikin tips untuk food fotograp dong...:)

    ReplyDelete
  4. Konsep ya? Hmm kalau undangan pernikahan sama makanan seperti cokelat gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Undangan pernikahan, cokelat, bisa dibikin konsep seperti foodgram. Mementingkan detail saja Mbak :D

      Delete
  5. Thanks for sharing, ig feed sy emang jelek sih, pantes nggak ada yg lirik ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihiiii yuk diperbaiki, better late than never

      Delete
  6. Terima kasih sharingnya mbak. Belajar aaah.. biar ig makin hits

    ReplyDelete
  7. Aya... sepatunya ga ada yg bot gitu, ceper semua :D

    ReplyDelete
  8. Mikir konsep foto ini yang kadang ribet. Idenya ngilang entah kemana :D.

    ReplyDelete
  9. Wuih keren. Kudu banyak belajar dari Mbak Aya. Tfs...

    ReplyDelete
  10. Paling males kalo liat ig fotonya gelaaap ^_^

    ReplyDelete
  11. Thankyuuu mbak sharingnya, terutama yang bagian konsep foto, inspiring banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mbak, semoga bermanfaat ^ ^

      Delete
  12. sendalnya yang putih bagus tuhh...
    buat instgram emang harus punya konsep ya biar hasilnya top dilihat orang

    ReplyDelete
  13. wow terimakasih kak tipsnya sangat berguna bagi pemula seperti saya

    ReplyDelete
  14. sukses (((MENJABAT))) sebagai admin skrg melebarkan sayap,, mantap kakag,, rate nya berapa ya? *eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh, maaf yaa, dibayar kasih sayang aja kalo sama kamu :*

      Delete